Comscore Tracker

5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?

Termasuk Luka Modric

Ballon d’Or adalah penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola. Penghargaan itu menjadi impian bagi para pesepak bola. Dalam satu dekade terakhir, gelar tersebut hanya dimenangkan oleh dua pemain, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Untuk Ronaldo, ia meraih gelar Ballon d’Or pertama kali pada usia 23 tahun. Sementara itu, Messi meraihnya pertama kali pada umur 22 tahun.

Usia kedua pemain itu terbilang cukup muda untuk mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Di samping itu, ada juga para pemain yang meraih gelar Ballon d’Or dengan usia tertua. Berikut ini 5 pemenang Ballon d’Or tertua sepanjang sejarah.

5. Fabio Cannavaro (33 tahun 2 bulan 14 hari) 

5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?eurosport.com

Bek asal Italia ini memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2006. Ketika itu, ia sukses tampil menjanjikan bersama tim nasional Italia di ajang Piala Dunia. Gelar Ballon d’Or itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai satu-satunya bek yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut dalam satu dekade terakhir.

Meski berhasil meraih gelar Piala Dunia bersama Italia, Cannavaro sendiri sepanjang kariernya belum pernah memenangi trofi Liga Champions. Ia hanya memenangi gelar-gelar domestik bersama AC Parma, Juventus, dan Real Madrid.

4. Luka Modric (33 tahun 2 bulan 24 hari) 

5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?goal.com

Rekor Cannavaro untuk menjadi pemain tertua yang memenangi Ballon d’Or pada abad 21 berhasil dipecahkan oleh Luka Modric. Pemain asal Kroasia ini sukses meraih Ballon d’Or pada tahun 2018 lalu. Saat itu, ia mampu membantu Real Madrid memenangi gelar Liga Champions.

Tak berhenti sampai di situ, Modric juga berhasil mengantarkan negaranya menuju ke partai final Piala Dunia. Lebih hebatnya lagi, sang pemain sukses mematahkan dominasi dari Messi dan Ronaldo setelah mereka berdua saling bergantian memenanginya dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Pemenang Ballon d’Or yang Dianggap Paling Kontroversial, Ada Modric!

3. Alfredo Di Stefano (33 tahun 5 bulan 11 hari) 

5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?90min.com

Kehebatan Alfredo Di Stefano sebagai seorang penyerang tentu tidak diragukan lagi. Ia merupakan salah satu penyerang terbaik pada eranya. Bersama Real Madrid, sang pemain sukses mengantarkan klubnya itu memenangi 15 trofi, termasuk 5 gelar Piala Eropa (Liga Champions) secara berturut-turut.

Pemain asal Spanyol itu meraih penghargaan Ballon d’Or sebanyak 2 kali pada tahun 1957 dan 1959. Selama berseragam Los Blancos, Di Stefano tampil sangat menjanjikan dengan menorehkan 266 gol dalam 344 pertandingan.

2. Lev Yashin (34 tahun 1 bulan 25 hari)

5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?footyfair.com

Lev Yashin merupakan salah satu kiper terhebat pada abad ke-20. Ia kerap kali dijuluki sebagai The Black Spider karena kemampuannya yang sangat menjanjikan di bawah mistar gawang. Pemain asal Uni Soviet ini menjadi satu-satunya penjaga gawang yang pernah meraih gelar Ballon d’Or, yakni pada tahun 1963.

Yashin sendiri menghabiskan lebih dari 20 tahun berkarier dengan Dynamo Moscow. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke-60 pada tahun 1990.

1. Sir Stanley Matthews (41 tahun 10 bulan 17 hari) 

5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?transfermarkt.com

Peraih Ballon d’Or tertua sepanjang sejarah sepak bola adalah Sir Stanley Matthews. Ia merupakan pemenang Ballon d’Or pada edisi pertama. Ketika itu, sang pemain mengalahkan dua finalis lainnya, yakni Alfredo Di Stefano dan Raymond Kopa.

Sepanjang kariernya, Matthews sebenarnya tidak pernah membela tim-tim besar. Tercatat, ia hanya bermain untuk Stoke City dan Blackpool. Meski demikian, pemain asal Inggris ini mampu mempersembahkan 1 gelar juara bagi Blackpool di turnamen Piala FA. Matthews sendiri tidak pernah menerima kartu kuning atau kartu merah sepanjang kariernya.

 

Sebagai pesepak bola terbaik abad ini, apakah Ronaldo atau Messi mampu memecahkan catatan yang berhasil ditorehkan oleh para pemain di atas?

Baca Juga: 6 Pemain Non-Eropa yang Memenangkan Ballon d'Or, Bersejarah!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya