Comscore Tracker

5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or yang Terlupakan, Ada Michael Owen!

Banyak faktor yang membuat mereka terlupakan

Ballon d’Or merupakan salah satu penghargaan individu terbaik dalam sepak bola. Semua pemain hebat tentu sangat menginginkan untuk meraih gelar bergengsi tersebut. Untuk memenanginya, pemain harus bekerja ekstrakeras dan tampil menjanjikan.

Pemain yang berhasil memenangi gelar tersebut tentu bakal selalu dikenang oleh para pencinta sepak bola. Akan tetapi, ada juga beberapa nama yang sukses memenangkan penghargaan tersebut, tapi justru jarang dibicarakan saat ini. Siapa saja pemainnya? Check this out!

1. Michael Owen – 2001

5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or yang Terlupakan, Ada Michael Owen!en.as.com

Michael Owen memulai karier sepak bolanya bersama akademi Liverpool. Pada tahun 1997, ia promosi ke skuad utama The Reds ketika usianya masih 17 tahun. Namun, siapa sangka sang pemain sudah tampil apik bersama Liverpool di usia mudanya tersebut. Banyak orang yang terkesima dengan kemampuannya.

Puncak karier Owen terjadi pada musim 2000/2001 saat ia sukses mengantarkan klub Merseyside itu meraih treble winner domestik. Karena performanya yang cemerlang tersebut, pemain asal Inggris itu dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or tahun 2001. Namun, setelah meraih gelar itu, penampilan sang pemain bisa dikatakan semakin menurun dan tidak banyak penggemar yang membicarakan dirinya.

2. Pavel Nedved – 2003

5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or yang Terlupakan, Ada Michael Owen!Twitter/footyroom

Pavel Nedved memulai karier sepak bolanya di liga top Eropa bersama Lazio. Penampilan yang menjanjikan sang pemain dengan Biancocelesti membuatnya direkrut oleh Juventus pada musim panas 2001. Ketika itu, ia menggantikan sosok Zinedine Zidane yang hengkang ke Real Madrid.

Meski mempunyai tugas yang superberat, Nedved berhasil menjalankannya dengan sangat baik. Bahkan, pemain asal Ceko ini sukses memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2003. Walau meraih gelar tersebut, tapi Nedved tidak banyak dibicarakan oleh penggemar sepak bola era modern.

Baca Juga: 5 Gelar Ballon d’Or Cristiano Ronaldo, Mana yang Paling Spektakuler?

3. Matthias Sammer – 1996 

5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or yang Terlupakan, Ada Michael Owen!transfermarkt.de

Penghargaan Ballon d’Or memang paling banyak dimenangkan oleh para pemain yang beroperasi di lini depan. Namun, ada juga beberapa bek yang berhasil memenangi penghargaan tersebut, salah satunya adalah Matthias Sammer. Pemain asal Jerman itu meraih Ballon d’Or pada tahun 1996 setelah tampil apik bersama Borussia Dortmund dan negaranya.

Sayangnya, tidak banyak penggemar sepak bola yang mengenalinya saat ini. Padahal, Sammer merupakan salah satu bek terbaik pada masanya. Ia juga mengantarkan Dortmund memenangi gelar Liga Champions pada musim 1996/1997.

4. Igor Belanov – 1986 

5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or yang Terlupakan, Ada Michael Owen!francefootball.fr

Nama Igor Belanov mungkin terdengar sangat asing bagi penggemar sepak bola saat ini. Maklum saja, pemain asal Ukraina itu berjaya pada tahun '80-an hingga 90-an. Terlebih lagi, sepanjang karier profesionalnya, ia tidak pernah bermain dengan klub-klub elite Eropa.

Meski demikian, Belanov pernah meraih penghargaan Ballon d’Or pada tahun 1986. Ketika itu, sang pemain tampil menjanjikan bersama Dynamo Kyiv. Belanov sendiri tercatat hanya bermain dengan Borussia Monchengladbach di liga top Eropa.

5. Oleg Blokhin – 1975 

5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or yang Terlupakan, Ada Michael Owen!championat.com

Jauh sebelum Igor Belanov, ada juga pemain pemain Ukraina lain yang pernah memenangi penghargaan Ballon d’Or, yakni Oleg Blokhin. Ia meraih penghargaan individu bergengsi tersebut pada tahun 1975 saat membela Dynamo Kyiv. Di tahun itu, Blokhin berhasil mengalahkan dua nama top, yakni Johan Cruyff dan Franz Beckenbauer.

Blokhin sendiri dikenal memiliki kecepatan yang luar biasa dan finishing yang mematikan. Ia sepanjang kariernya tak pernah mencoba peruntungannya di liga top Eropa. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa ia tidak sepopuler beberapa legenda lain yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1970-an.

 

Di era saat ini, sebagian besar pencinta sepak bola mungkin hanya mengenal Owen dan Nedved dalam daftar ini. Maklum saja, nama kedua pemain itu semakin besar ketika abad ke-21.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Or

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya