5 Penalti yang Berhasil Digagalkan Thibaut Courtois Sepanjang 2022

Termasuk tepis penalti Lionel Messi dan Alphonso Davies!

Thibaut Courtois belakangan jadi buah bibir. Hal itu tak terlepas dari performa ciamik sang kiper kala Timnas Belgia bersua Timnas Kanada pada laga Grup F Piala Dunia 2022 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Kamis (24/11/2022). Penjaga gawang berusia 30 tahun itu berhasil menggagalkan penalti dari Alphonso Davies sekaligus membuat The Red Devils menang dengan skor 1-0.

Ternyata ini bukan pertama kalinya Thibaut Courtois menepis penalti sepanjang tahun 2022. Ia tercatat sudah lima kali menggagalkan penalti dari sembilan kesempatan yang ia hadapi. 

1. Menggagalkan penalti Goncalo Guedes di LaLiga 

5 Penalti yang Berhasil Digagalkan Thibaut Courtois Sepanjang 2022Thibaut Courtois ketika menyelamatkan tendangan penalti Raul Garcia pada partai final Piala Super Spanyol 2022. (twitter.com/thibautcourtois)

Thibaut Courtois menunjukkan kualitasnya saat Real Madrid bersua Valencia pada pekan ke-20 LaLiga 2021/2022, Minggu (9/1/2022). Ketika Real Madrid unggul 3-0, ia membuat penyelamatan apik pada menit ke-76. Courtois berhasil menepis penalti Goncalo Guedes.

Courtois menjatuhkan diri ke kiri, sesuai dengan arah tendangan Guedes. Sayang, bola muntah mampu disambar Guedes untuk menjadi gol. Skor pun berubah jadi 3-1. Karim Benzema kemudian menambah keunggulan Los Blancos pada menit ke-88 sekaligus membuat laga berakhir dengan skor 4-1.

2. Tepis penalti di final Piala Super Spanyol 

Hanya berselang delapan hari, Senin (17/1/2022), Thibaut Courtois kembali jadi bahan pembicaraan. Kali ini penjaga gawang asal Belgia itu mampu menepis penalti dari pemain Athletic Bilbao, Raul Garcia, pada partai final Piala Super Spanyol 2022.  

Courtois sebenarnya sudah melompat ke arah kanan saat Raul Garcia menendang bola ke tengah. Namun, Courtois masih bisa menghentikan bola tersebut dengan kakinya. Berkat performa apiknya itu, Real Madrid berhasil menang dengan skor 2-0 sekaligus menjadi kampiun Piala Super Spanyol 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Belgia di Piala Dunia 2022 yang Berasal dari Klub Domestik

3. Menghentikan penalti Lionel Messi di Liga Champions 

https://www.youtube.com/embed/aB06_CzctzA

Thibaut Courtois tampil cemerlang ketika Real Madrid bertamu ke kandang Paris Saint-Germain pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa (UCL) 2021/2022, Rabu (16/2/2022). Salah satu penyelamatan penting Courtois adalah ketika ia menghentikan penalti Lionel Messi pada menit ke-62.

Courtois saat itu menjatuhkan diri ke kiri, sesuai dengan arah tendangan La Pulga. Real Madrid pun selamat dari kebobolan. Sayangnya, penampilan ciamik Courtois tidak sebanding dengan hasil yang diraih Los Blancos.

Real Madrid pulang dengan tangan kosong karena kalah 0-1 dari PSG. Gol tunggal PSG diciptakan Kylian Mbappe pada menit ke-90+4.

4. Tahan penalti Celtic di Liga Champions 

Thibaut Courtois memegang peran penting saat Real Madrid berjumpa Celtic di Santiago Bernabeu pada pertandingan terakhir fase grup Liga Champions 2022/2023, Kamis (3/11/2022). Di laga ini, Los Blancos menang dengan skor telak 5-1.

Lima gol Real Madrid masing-masing dihasilkan oleh Luka Modric (6), Rodrygo (21), Marco Asensio (51), Vinicius Jr (61), dan Federico Valverde (71). Sementara itu, gol hiburan Celtic diciptakan Jota pada menit ke-85.

Celtic sebenarnya mendapatkan peluang mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-35. Sayangnya, tendangan Josip Juranovic berhasil diblok Courtois. Courtois menjatuhkan diri ke kanan, sesuai dengan arah tendangan sang pemain.

5. Tepis penalti Kanada di Piala Dunia 2022 

https://www.youtube.com/embed/O5s5I340kzc

Thibaut Courtois memiliki peran sangat besar dalam kemenangan Timnas Belgia melawan Timnas Kanada di Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). Kiper Real Madrid ini mampu melakukan penyelamatan penting pada awal pertandingan dengan menepis penalti Alphonso Davies.

Tendangan penalti Davies yang mengarah ke sisi kiri gawang Belgia berhasil diselamatkan dengan baik oleh Courtois. Berkat performa impresifnya itu, Belgia berhasil keluar sebagai pemenang dalam laga ini dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal The Red Devils diciptakan Michy Batshuayi pada menit ke-44.

Thibaut Courtois melakukan total lima penyelamatan dari sembilan penalti sepanjang 2022. Itu artinya, ia memiliki persentase penyelamatan penalti sebesar 55 persen. Gokil!

Baca Juga: Alasan Timnas Belgia Sulit Jadi Juara Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya