Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Termuda di Serie A Musim 2021/2022

Pemain muda AS Roma berada di daftar teratas 

Kompetisi Serie A musim 2021/2022 sudah memasuki pekan ke-22. Sejauh ini, belum ada kejutan berarti di kasta tertinggi sepak bola Italia itu. Namun, di musim ini, cukup banyak pemain muda yang tampil apik hingga mencuri perhatian publik.

Beberapa di antara pemain-pemain muda itu bahkan sukses mencetak gol untuk klubnya masing-masing. Simak ulasan lima pencetak gol termuda di Serie A musim 2021/2022 berikut ini!

1. Felix Afena-Gyan (AS Roma) 

5 Pencetak Gol Termuda di Serie A Musim 2021/2022potret Felix Afena-Gyan (goal.com)

Felix Afena-Gyan baru bergabung dengan akademi AS Roma pada Januari 2021 lalu. Kendati usianya masih sangat muda, tapi ia sudah diberi kepercayaan oleh Jose Mourinho untuk tampil di kompetisi Serie A musim ini. Sang penyerang tercatat telah tampil 7 kali dan mencetak 2 gol sejauh ini.

Uniknya, dua gol Afena-Gyan tercipta dalam satu pertandingan sekaligus saat AS Roma melawan Genoa di pekan ke-13. Di laga itu, ia masuk sebagai pemain pengganti dan hanya tampil selama 15 menit. Umur Afena-Gyan ketika itu masih 18 tahun 10 bulan 2 hari.

2. Janis Antiste (Spezia Calcio) 

5 Pencetak Gol Termuda di Serie A Musim 2021/2022potret Janis Antiste (calcioline.com)

Janis Antiste didatangkan oleh Spezia Calcio dari tim Prancis, Toulouse, awal musim ini dengan biaya 4,5 juta euro atau setara Rp73 miliar. Meski tergolong masih muda, ia sudah tampil reguler di lini depan Spezia musim ini. Sang penyerang tercatat telah bermain sebanyak 11 kali dan mencetak 1 gol di Serie A.

Satu-satunya gol Antiste itu tercipta ketika timnya kalah 2-3 melawan Juventus di pekan kelima. Di laga tersebut, sang pemain mencetak gol di menit ke-49. Antiste sendiri kala itu berusia 19 tahun 1 bulan 4 hari.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!

3. Aaron Hickey (Bologna) 

5 Pencetak Gol Termuda di Serie A Musim 2021/2022potret Aaron Hickey (footballtransfers.com)

Aaron Hickey bergabung dengan Bologna pada musim panas 2020 lalu. Bologna sendiri menjadi kesempatan pertama sang pemain bermain di kompetisi top Eropa. Musim ini, pemain asal Skotlandia itu sudah tampil sebanyak 19 pertandingan di Serie A. Dari seluruh laga itu, ia berhasil menciptakan 4 gol.

Gol pertama Hickey tercipta ke gawang Genoa pada pekan kelima. Sayangnya, golnya itu belum bisa membawa timnya menang karena pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2. Hickey mencatatkan namanya di papan skor saat usianya masih 19 tahun 3 bulan 11 hari.

4. Gianluca Busio (Venezia) 

5 Pencetak Gol Termuda di Serie A Musim 2021/2022potret Gianluca Busio (si.com)

Gianluca Busio merupakan pemain Timnas Amerika Serikat. Ia direkrut Venezia dari Kansas City dengan biaya 6 juta euro atau senilai Rp98 miliar pada musim panas tahun lalu. Sang gelandang tercatat sudah tampil sebanyak 19 kali dan mencetak 1 gol serta 2 assist di Serie A musim ini.

Untuk pemain yang masih berusia belasan tahun, catatan tersebut tentu cukup mengesankan. Busio mencetak gol ketika Venezia menghadapi Cagliari pada tanggal 1 Oktober 2021 silam. Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1 itu, usia Busio baru 19 tahun 4 bulan 3 hari.

5. Lazar Samardzic (Udinese) 

5 Pencetak Gol Termuda di Serie A Musim 2021/2022potret Lazar Samardzic (calcionews24.com)

Sebelumnya Lazar Samardzic hanya bermain untuk tim-tim asal Jerman. Baru di musim panas lalu, sang pemain direkrut Udinese dari RB Leipzig dengan nominal 3 juta euro atau senilai Rp49 miliar. Ia saat ini sudah mencatatkan masing-masing satu gol serta satu assist dari 11 laga di Serie A.

Gol Samardzic tersebut tergolong istimewa karena berhasil membawa timnya menang tipis 1-0 atas Spezia Calcio di pekan ketiga. Ketika itu, ia menciptakan gol menjelang laga berakhir di menit ke-89. Saat itu pemain berkebangsaan Jerman tersebut berusia 19 tahun 6 bulan 19 hari.

Jika mampu terus berkembang dan tampil konsisten, hanya menunggu waktu saja bagi sederet pemain muda ini agar dilirik oleh tim-tim besar Eropa. Daftar ini sendiri masih sangat mungkin untuk terus berubah karena kompetisi Serie A baru saja memasuki paruh kedua awal pekan lalu.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Serie A dan Nasibnya Kini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya