Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Manchester City, Ada Lampard!

Ada satu pemain yang masih aktif berseragam Man City

Sejak diakuisisi oleh Sheikh Manshour, Manchester City memang langsung menjelma tim elite di kompetisi Inggris. Berbagai pemain bintang dari negara terkenal langsung direkrut untuk memperkuat tim. Harga mahal tak menjadi masalah bagi klub yang bermarkas di Stadion Etihad tersebut.

Selain diisi oleh deretan pemain bintang, Manchester City juga beberapa kali diperkuat oleh pemain-pemain veteran. Beberapa nama bahkan berhasil menciptakan gol dan membuat mereka menjadi pencetak gol tertua sepanjang sejarah Manchester City. Siapa saja pemain veteran itu? Check this out!

1. Stuart Pearce 

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Manchester City, Ada Lampard!manchestereveningnews.co.uk

Stuart Pearce merupakan salah satu legenda terbaik yang pernah dimiliki oleh tim nasional Inggris. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri ini hanya bermain untuk Manchester City selama satu tahun pada musim 2001/2002. Setelah itu, ia memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola.

Gol terakhir Pearce bersama The Citizens tercipta di ajang Divisi Pertama pada 31 Oktober 2001. Ketika itu, ia berhasil mencetak gol pada menit ke-36 sekaligus mengantarkan tim menang dengan skor 3-0 melawan Barnsley FC. Umur Pearce saat pertandingan tersebut sudah menginjak 39 tahun, 6 bulan, dan 7 hari.

2. Frank Lampard 

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Manchester City, Ada Lampard!mirror.co.uk

Frank Lampard menikmati karier yang sangat baik ketika bermain bersama Chelsea. Selama 13 musim di klub asal London itu, ia berhasil memenangi total 13 gelar juara, termasuk Liga Champions musim 2011/2012. Setelah kontraknya berakhir, sang gelandang memilih hengkang ke MLS dengan bergabung bersama New York City FC pada musim panas 2014.

Namun, hanya berselang beberapa hari, Lampard dipinjam oleh Manchester City selama satu musim. Ia mencetak gol terakhirnya bersama The Citizens di kompetisi Premier League pada 24 Mei 2015. Lampard saat itu berhasil mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-0 melawan Southampton. Ketika itu usia sang pemain sudah 36 tahun, 11 bulan, dan 4 hari.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Saat Ini Sedang Menganggur, Ada Lampard

3. Tony Book 

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Manchester City, Ada Lampard!manchestereveningnews.co.uk

Tony Book sepanjang kariernya hanya pernah bermain untuk dua klub Inggris, yakni Plymouth Argyle dan Manchester City. Ia bermain untuk The Citizens selama 8 musim sejak tahun 1966 hingga 1974. Selama waktunya itu, pemain yang beroperasi sebagai bek ini hanya menciptakan 2 gol.

Gol terakhirnya tercipta di kompetisi Divisi Pertama pada 19 September 1970. Book saat itu berhasil membukukan 1 gol dalam kemenangan 4-1 melawan Stoke City. Usia Book saat pertandingan itu sudah menginjak 36 tahun dan 15 hari.

4. Sylvinho 

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Manchester City, Ada Lampard!statcity.co.uk

Sebelum bergabung dengan Manchester City, Sylvinho pernah memperkuat tim-tim besar lainnya, seperti Arsenal dan Barcelona. Pemain asal Brasil ini hanya bermain selama satu tahun pada musim 2009/2010 dengan Manchester City. Ketika itu ia didatangkan secara gratis dari Barcelona.

Selama memperkuat City, ia hanya mampu menciptakan 1 gol dalam 15 pertandingan. Satu-satunya gol itu diciptakan Sylvinho di Piala FA pada 24 Januari 2010. Dalam kemenangan 4-2 melawan Scunthorpe United, sang pemain berhasil mencetak gol pada menit ke-57. Usia Sylvinho ketika itu 35 tahun, 9 bulan, dan 12 hari.

5. Fernandinho 

5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Manchester City, Ada Lampard!goal.com

Fernandinho sudah bermain di Manchester City sejak musim 2013/2014. Sejauh ini, gelandang asal Brasil itu sudah tampil sebanyak 342 pertandingan dan mengoleksi 24 gol serta 28 assist. Selain itu, ia juga sukses memenangi total 10 gelar juara, termasuk 3 trofi Premier League.

Fernandinho terakhir kali menciptakan gol untuk Manchester City di ajang Piala Liga Inggris pada 6 Januari 2021. Ketika itu ia mampu menyumbang 1 gol dalam kemenangan 2-0 melawan Manchester United. Usia Fernandinho pada laga tersebut sudah menginjak 35 tahun, 8 bulan, dan 2 hari.

 

Dari kelima nama tersebut, kini hanya menyisakan Fernandinho yang masih aktif bermain dengan Manchester City. Ia masih berpeluang untuk menciptakan rekor baru lagi bersama The Citizens.

Baca Juga: Buru Penerus Fernandinho, Manchester City Incar Dua Gelandang Muda Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya