Comscore Tracker

5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League Musim Lalu

Ada penggawa dari tim nasional Spanyol

Premier League musim lalu menghasilkan Manchester City sebagai juara. Namun, di balik itu, sebenarnya masih banyak cerita yang tercipta dari sepak bola kasta tertinggi di Inggris tersebut. Seperti musim-musim sebelumnya, Premier League tahun lalu juga cukup banyak didominasi oleh para pemain muda berbakat.

Tidak sedikit nama pemain muda yang mencuat dari sektor penjaga gawang. Beberapa kiper muda bahkan tak tergantikan perannya sepanjang musim lalu. Berikut lima penjaga gawang muda terbaik di Premier League musim lalu.

1. Dean Henderson (Manchester United) 

5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League Musim LaluDean Henderson. (eurosport.com)

Setelah menjalani masa pinjaman, Dean Henderson akhirnya bisa menjalani musim debutnya dengan tim senior Manchester United. Kepercayaan yang diberikan kepada dirinya berhasil dijawab dengan baik. Ia tercatat mampu menciptakan 13 clean sheet dari 26 pertandingan untuk Setan Merah.

Torehan itu lebih baik daripada catatan David de Gea yang menciptakan 12 clean sheet dari 36 laga. Henderson bahkan hanya kebobolan 12 gol dalam 13 pertandingan di Premier League musim lalu. Jika melihat statistik tersebut, tidak mengherankan jika posisi penjaga gawang utama Manchester United musim depan akan diisi oleh Henderson.

Baca Juga: Dilema Manchester United, Jual De Gea atau Dean Henderson

2. Illan Meslier (Leeds United) 

5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League Musim LaluIllan Meslier. (eurosport.fr)

Walau hanya berstatus sebagai tim promosi, Leeds United buktinya mampu finis di posisi 10 besar pada musim lalu. Kesuksesan Leeds tersebut tentu tidak terlepas dari sumbangsih sang penjaga gawang, Illan Meslier. Dari 35 pertandingan, kiper asal Prancis itu mampu menciptakan 11 clean sheet.

Kualitas yang hebat dari Meslier membuatnya diincar banyak tim elite Eropa. Dengan usia yang masih 21 tahun, ia dinilai bisa tampil jauh lebih baik lagi. Meslier memiliki kelebihan dalam melakukan refleks yang membuatnya mencatatkan banyak sekali penyelamatan penting.

3. Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion) 

5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League Musim LaluRobert Sanchez. (90min.com)

Robert Sanchez yang mengawal gawang Brighton & Hove Albion berhasil mencuri banyak perhatian musim lalu. Ia juga terbilang cukup beruntung bisa menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang karena kiper senior, Matt Ryan, dipinjamkan ke Arsenal. Dari 27 pertandingan, ia sukses menciptakan 10 clean sheet.

Capaian tersebut tentu sangat luar biasa bagi tim yang hanya finis di posisi ke-16. Catatan yang ditorehkan oleh Sanchez tersebut membuat pelatih tim nasional Spanyol, Luis Enrique, kepincut dan memanggilnya dalam skuad Piala Eropa 2020.

4. Aaron Ramsdale (Sheffield United) 

5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League Musim LaluAaron Ramsdale. (90min.com)

Walau Sheffield United harus terdegradasi, setidaknya ada satu sosok yang performanya sangat cemerlang, yaitu Aaron Ramsdale. Kiper berusia 23 tahun itu didatangkan oleh Sheffield pada awal musim lalu dari Bournemouth. Ia diplot untuk menggantikan peran Dean Henderson yang kembali ke Manchester United.

Meski kebobolan cukup banyak gol, ia juga sukses membuat sejumlah penyelamatan penting untuk klubnya tersebut. Ramsdale sendiri mencatatkan 5 clean sheet pada musim lalu. Ia juga sempat dipanggil dalam skuad sementara tim nasional Inggris untuk Piala Eropa 2020.

5. Caoimhin Kelleher (Liverpool) 

5 Penjaga Gawang Muda Terbaik Premier League Musim LaluCaoimhin Kelleher. (90min.com)

Caoimhin Kelleher adalah penjaga gawang ketiga Liverpool. Walau hanya menjadi nomor kesekian, ia sempat dipercayai untuk menggantikan peran Alisson Becker yang menderita cedera. Pertandingan pertamanya pun tercipta pada ajang Liga Champions ketika berjumpa dengan Ajax Amsterdam. Dalam laga tersebut, ia mampu membuat gawang Liverpool tak kebobolan sekali pun.

Berkat performa yang apik itu, Kelleher kemudian dipercayai untuk melakukan debutnya di Premier League. Ketika berjumpa dengan Wolves di Anfield, sang kiper kembali menunjukkan kelasnya dengan mencatatkan nirbobol untuk Liverpool dalam kemenangan 4-0. Catatan tersebut membuat Kelleher menjadi kiper termuda ketiga dalam sejarah Liverpool yang mampu menciptakan clean sheet di Premier League.

 

Kelima sosok tersebut merupakan kiper muda yang potensial. Jika mampu tampil lebih baik lagi, tidak menutup kemungkinan mereka bakal menjadi penjaga gawang masa depan untuk klubnya masing-masing.

Baca Juga: Telat Panas, 5 Kiper Top Ini Baru Bersinar di Usia yang Sudah Tak Muda

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya