5 Penjaga Gawang Terbaik pada Abad ke-21, Solid dan Sulit Dibobol!

Deretan kiper legenda

Penjaga gawang merupakan salah satu posisi yang paling penting dalam permainan sepak bola. Klub tidak bisa disebut hebat jika tak memiliki penjaga gawang mumpuni.

Pada abad ke-21, sudah sangat banyak sekali penjaga gawang hebat yang lahir di kompetisi top Eropa. Sejumlah nama bahkan berhasil mempersembahkan banyak gelar juara bersama klub yang dibelanya. Berikut ini lima penjaga gawang terhebat pada abad ke-21.

1. Dida 

5 Penjaga Gawang Terbaik pada Abad ke-21, Solid dan Sulit Dibobol!Dida. (acmilaninfo.com)

Dida dianggap banyak orang sebagai salah satu kiper Brasil terbaik sepanjang sejarah. Ia pernah membela AC Milan lebih dari satu dekade. Selama masih aktif menjadi kiper, Dida dikenal sebagai sosok penjaga gawang dengan penyelamatan penalti terbaik. Bersama AC Milan, ia juga memiliki segudang prestasi.

Dida memenangi Coppa Italia pada tahun 2003 dan Scudetto pada tahun 2004. Tidak hanya itu, sang kiper juga memenangi Liga Champions sebanyak dua kali dengan Rossoneri pada tahun 2003 dan 2007. Ia bahkan menyelamatkan tiga tendangan penalti di final pada tahun 2003 saat melawan Juventus.

2. Petr Cech 

5 Penjaga Gawang Terbaik pada Abad ke-21, Solid dan Sulit Dibobol!Petr Cech. (eurosport.com)

Petr Cech adalah salah satu penjaga gawang terbaik di Premier League pada masanya. Ia pernah membela Chelsea selama 11 musim, sebelum akhirnya pindah ke Arsenal selama 4 tahun. Beberapa rekor Cech juga belum tertandingi sampai saat ini di kasta tertinggi Inggris tersebut. Didatangkan pada tahun 2004 dari Rennes, Cech langsung menggebrak Premier League.

Ia menjadi salah satu pemain kunci Chelsea dalam meraih gelar Premier League pada musim 2004/2005. Tidak hanya itu, The Blues saat itu juga sukses memecahkan banyak rekor. Salah satunya adalah pertahanan paling solid dengan hanya kebobolan 15 gol dalam 38 pertandingan. Di samping itu, ia mampu mencatatkan 24 clean sheet dan meraih penghargaan Golden Glove. Pada tahun 2012, Cech juga sukses membawa Chelsea juara Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Munchen.

3. Gianluigi Buffon 

5 Penjaga Gawang Terbaik pada Abad ke-21, Solid dan Sulit Dibobol!Gianluigi Buffon. (eurosport.com)

Gianluigi Buffon adalah salah satu kiper terbaik dalam sejarah sepak bola. Sepanjang kariernya, ia telah membela Parma, Juventus, hingga Paris Saint-Germain. Namun, Buffon sebagian besar kariernya dihabiskan di Juventus, total 19 tahun. Selama 17 tahun pertamanya bersama tim Turin itu, Buffon memenangi hampir semua gelar bergengsi, kecuali Liga Champions.

Secara luas, Buffon masih dianggap sebagai penjaga gawang terbaik dalam sejarah Serie A. Ia juga masih memegang rekor terpanjang di Serie A, yaitu tanpa kebobolan gol selama 974 menit secara berturut-turut pada musim 2015/2016. Buffon juga memegang rekor clean sheet dan penampilan terbanyak untuk klub Italia mana pun.

4. Manuel Neuer 

5 Penjaga Gawang Terbaik pada Abad ke-21, Solid dan Sulit Dibobol!Manuel Neuer. (eurosport.com)

Menjadi pemain reguler selama lebih dari sepuluh tahun membuat Neuer dianggap secara luas sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah ada. Sejak didatangkan Bayern Munchen pada tahun 2011, sang kiper pun belum juga tergantikan di bawah mistar gawang sampai saat ini.

Kiper asal Jerman ini dikenal karena memiliki kemampuan yang hebat dalam menghalau dan membaca permainan. Selama satu dekade bersama Bayern Munchen, Neuer telah memenangi sembilan gelar Bundesliga.

Tak hanya itu, ia juga sukses meraih lima trofi DFB Pokal dan Piala Super Jerman. Neuer juga telah memenangi Liga Champions sebanyak dua kali bersama Bayern Munchen pada tahun 2013 dan 2020.

5. Iker Casillas 

5 Penjaga Gawang Terbaik pada Abad ke-21, Solid dan Sulit Dibobol!Iker Casillas. (eurosport.com)

Iker Casillas dikenal karena eksploitasinya dengan Real Madrid dan tim nasional Spanyol. Saat masih aktif bermain, ia memang selalu tampil luar biasa di setiap pertandingannya.

Ia total menghabiskan kariernya selama 16 tahun bersama Real Madrid. Selama waktunya itu, sang kiper sukses meraih lima trofi LaLiga, dua Copa del Rey, dan tiga trofi Liga Champions.

Prestasinya bersama timnas Spanyol pun tak kalah. Casillas sukses memenangi Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012. Khusus Piala Dunia 2010, ia berhasil meraih penghargaan sarung tangan emas.

 

Itulah lima penjaga gawang terbaik pada abad ke-21. Dari kelima kiper tersebut, tercatat hanya menyisakan Gianluigi Buffon dan Manuel Neuer yang masih aktif bermain saat ini.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya