Daftar Penjaga Gawang Top yang Jadi Pelapis di Piala Dunia 2022

Beberapa di antaranya bahkan jadi cadangan mati 

Keberhasilan sebuah tim sepak bola dalam meraih kemenangan tentu tidak terlepas dari peran kiper atau penjaga gawang. Mereka merupakan benteng terakhir yang menjaga gawang dari kebobolan.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar ini terdapat cukup banyak penjaga gawang bintang. Namun, tidak semua kiper top tersebut dimainkan pelatihnya. Diandalkan di klubnya masing-masing, kelima penjaga gawang ini justru hanya menjadi pelapis di Piala Dunia 2022. Siapa saja mereka?

1. Ederson Moraes (Brasil) 

Daftar Penjaga Gawang Top yang Jadi Pelapis di Piala Dunia 2022Ederson Moraes (twitter.com/CBF_Futebol)

Ederson Moraes adalah salah satu dari tiga penjaga gawang yang dibawa pelatih Brasil, Tite, ke Piala Dunia 2022. Kiper berusia 29 tahun itu menunjukkan performa yang sangat menjanjikan saat mengawal gawang Manchester City. Sayangnya, dia sampai saat ini masih kalah bersaing dari Alisson sebagai kiper utama Tim Samba.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Ederson banyak menghabiskan waktunya duduk di bangku cadangan selama pagelaran Piala Dunia kali ini. Ederson sendiri sempat dimainkan sekali oleh Tite pada partai pamungkas Grup G melawan Kamerun. Namun, Brasil justru kalah di laga tersebut dengan skor 0-1.

2. Marc-Andre ter Stegen (Jerman) 

Daftar Penjaga Gawang Top yang Jadi Pelapis di Piala Dunia 2022Marc-Andre ter Stegen (twitter.com/DFB_Team_EN)

Marc-Andre ter Stegen adalah penjaga gawang utama tim raksasa Spanyol, Barcelona. Meski memainkan peran penting di level klub, kiper berusia 30 tahun itu masih belum dipercaya mengawal gawang Timnas Jerman secara reguler.

Sejauh ini, Ter Stegen masih belum bisa menggeser posisi Manuel Neuer. Pada Piala Dunia 2022, Stegen cuma berada di bangku cadangan dalam tiga laga fase grup.

Baca Juga: 5 Kiper dari Klub Kecil yang Cemerlang di Piala Dunia 2022 

3. Aaron Ramsdale (Inggris) 

Daftar Penjaga Gawang Top yang Jadi Pelapis di Piala Dunia 2022Aaron Ramsdale (twitter.com/England)

Aaron Ramsdale bermain cukup menjanjikan bersama Arsenal pada paruh pertama musim 2022/2023 ini. Performa apiknya itu membuat Gareth Southgate membawanya ke Piala Dunia 2022. Namun, selama berada di Qatar, kiper berusia 24 tahun itu tak kunjung mendapatkan kesempatan bermain di bawah mistar gawang.

Hal itu terjadi lantaran Southgate lebih memilih memainkan Jordan Pickford dalam lima pertandingan secara berturut-turut. Ramsdale sendiri saat ini baru mengemas tiga caps bersama The Three Lions.

4. Rui Patricio (Portugal) 

Daftar Penjaga Gawang Top yang Jadi Pelapis di Piala Dunia 2022Rui Patricio (twitter.com/selecaoportugal)

Rui Patricio merupakan penjaga gawang yang sangat berpengalaman. Pria berumur 34 tahun itu sudah lama menjadi kiper utama Timnas Portugal. Dia tercatat sudah membukukan 105 penampilan di level internasional.

Namun, Patricio saat ini hanya jadi kiper cadangan di Piala Dunia 2022. Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, kini lebih memilih memainkan Diogo Costa sebagai kiper utama daripada Patricio.

5. Robert Sanchez (Spanyol) 

Daftar Penjaga Gawang Top yang Jadi Pelapis di Piala Dunia 2022Robert Sanchez (twitter.com/SEFutbol)

Robert Sanchez adalah penjaga gawang andalan tim English Premier League (EPL), Brighton & Hove Albion. Dia menunjukkan performa yang cukup impresif selama paruh pertama musim 2022/2023 ini. Luis Enrique pun tak ragu untuk membawanya ke Qatar.

Sayangnya, Sanchez tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain selama Piala Dunia 2022. Enrique lebih memilih menurunkan Unai Simon dalam empat pertandingan secara beruntun di ajang paling bergengsi antar negara tersebut.

Sangat disayangkan kualitas hebat yang mereka miliki masih belum bisa menembus tim utama negaranya masing-masing. Kecuali Ederson, sederet kiper tersebut harus menunggu empat tahun lagi untuk bisa merasakan pentas Piala Dunia, dengan catatan negara mereka lolos kualifikasi, ya!

Baca Juga: 7 Penjaga Gawang yang Pernah Meraih Golden Glove di Piala Dunia

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya