5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogba

Mereka sukses mempersembahkan beberapa gelar untuk Chelsea

Chelsea merupakan salah satu klub tersukses dan terhebat di kompetisi Premier League. Sejak diakuisisi oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich, The Blues tidak henti-hentinya mendatangkan sejumlah pemain top di setiap bursa transfer. Dari sekian posisi, penyerang menjadi salah satu posisi yang cukup sering dibeli oleh klub asal London tersebut.

Chelsea dikenal selalu memiliki penyerang hebat di setiap periodenya. Beberapa nama bahkan sukses mempersembahkan banyak gelar untuk The Blues. Berikut 5 penyerang hebat yang pernah dimiliki oleh Chelsea sepanjang masa.

1. Jimmy Floyd Hasselbaink 

5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogbaplanetfootball.com

Jimmy Floyd Hasselbaink dikenal sebagai penyerang hebat yang memiliki dua kaki sama kuatnya. Pemain asal Belanda ini membela Chelsea selama 4 musim sejak 2000 hingga 2004. Ia didatangkan oleh The Blues dari Atletico Madrid dengan biaya yang cukup mahal saat itu, yakni 22,5 juta euro atau setara Rp390 miliar.

Hasselbaink menikmati banyak kesuksesan dengan Chelsea pada dua musim pertamanya. Ia pernah meraih gelar top skor pada musim 2000/2001 dengan mengoleksi 23 gol. Tak hanya itu, sang pemain juga berhasil memenangi trofi Community Shield pada tahun 2000. Secara keseluruhan, Hasselbaink mampu menciptakan 88 gol dan 24 assist dalam 177 pertandingan.

2. Diego Costa 

5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogbagoal.com

Diego Costa mungkin tidak memiliki karier yang panjang di Stamford Bridge. Meski demikian, pemain asal Spanyol itu tetap merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki oleh The Blues. Ia direkrut oleh Chelsea dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2014. Ketika itu Costa diboyong dengan biaya sebesar 38 juta euro atau setara dengan Rp659 miliar.

Bersama Chelsea, penyerang yang saat ini berusia 32 tahun itu mampu memenangi 2 gelar Premier League. Dari 120 pertandingan di semua ajang, Costa juga berhasil mengoleksi 58 gol dan 24 assist. Sayangnya, hubungannya yang buruk dengan pelatih Chelsea saat itu, Antonio Conte, membuat Costa kembali dijual ke Atletico Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Berseragam Celta de Vigo, Ada Diego Costa

3. Gianfranco Zola 

5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogbagoal.com

Penampilan impresif yang ditunjukkan oleh Gianfranco Zola di Serie A membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, sang pemain direkrut ke Inggris dengan biaya sebesar 6,2 juta euro atau setara dengan Rp107 miliar pada tahun 1997. Bersama The Blues, ia mungkin bukanlah penyerang yang luar biasa, tetapi kontribusinya sangat baik untuk tim.

Selama 5,5 musim berseragam Chelsea, Zola berhasil menciptakan 75 gol dan 20 assist dari 301 pertandingan di semua ajang. Tak hanya itu, sang pemain juga sukses memenangi 2 gelar Piala FA bersama Chelsea. Ia memilih meninggalkan Chelsea pada tahun 2003 dan pensiun pada 2005 setelah sempat membela Cagliari.

4. Peter Osgood 

5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogbachelseafc.com

Peter Osgood adalah pemain yang berasal dari akademi The Blues. Ia bermain di tim senior Chelsea selama 12 tahun dalam dua periode yang berbeda. Sejak promosi ke tim utama pada tahun 1964, ia berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang muda paling menjanjikan di kompetisi Inggris.

Selama waktunya itu, Osgood mampu memenangi total 3 gelar bersama Chelsea, termasuk piala FA tahun 1970. Ia juga sukses mencetak 105 gol dalam dua periode yang berbeda tersebut. Sempat membela Southampton dan klub Amerika Serikat, Philadelphia Fury, Osgood kemudian memilih pensiun pada tahun 1980.

5. Didier Drogba 

5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogbaexpress.co.uk

Didier Drogba adalah salah satu penyerang yang memberikan pengaruh sangat besar untuk Chelsea. Pemain asal Pantai Gading ini juga membela The Blues dalam dua periode yang berbeda, yakni tahun 2004 hingga 2012 dan 2014 hingga 2015. Selama memperkuat Chelsea, ia berhasil menciptakan 164 gol dan 87 assist dari 381 laga.

Drogba juga pernah menjadi top skor Premier League sebanyak dua kali pada musim 2006/2007 dan 2009/2010. Selain itu, sang pemain mampu mempersembahkan total 16 gelar juara bersama Chelsea. Salah satu pencapaian terbaiknya adalah berhasil memenangi trofi Liga Champions pada musim 2011/2012.

 

Kelima nama tersebut dikenal sebagai penyerang yang hebat dan memiliki kelebihan masing-masing. Dari para pemain di atas, siapa yang paling kamu sukai gaya permainannya?

Baca Juga: 5 Penyerang Asal Afrika yang Pernah Membela Chelsea, Drogba Tersukses

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya