Comscore Tracker

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarez

Mereka berhasil mempersembahkan banyak gelar untuk Barcelona

Barcelona adalah salah satu klub terbaik dan tersukses di kompetisi Spanyol. Banyak sekali gelar juara yang sudah diraih oleh klub berjuluk Blaugrana tersebut sejauh ini. Berkat prestasinya itu, tidak mengherankan jika banyak pemain bintang yang ingin bermain di Camp Nou.

Klub asal Catalunya itu dikenal selalu menghasilkan penyerang-penyerang hebat di setiap periodenya. Sejumlah penyerang top bahkan sukses menciptakan banyak gol dan meraih banyak trofi. Berikut ini lima penyerang terhebat dalam sejarah Barcelona.

1. Romario 

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarezplanetfootball.com

Barcelona mendatangkan Romario dari klub Belanda, PSV Eindhoven, pada tahun 1993. Pemain asal Brasil ini merupakan bagian dari skuad legendaris Johan Cruyff di Barcelona. Walau hanya mengabdi 1,5 musim di Barcelona, sang pemain berhasil menunjukkan performa yang hebat.

Dari 65 pertandingan, Romario berhasil membukukan 39 gol. Ia juga sempat menjadi top skor di LaLiga pada musim 1993/1994 dengan torehan 30 gol. Berkat dirinya, Blaugrana berhasil memenangi gelar LaLiga pada musim tersebut.

2. Samuel Eto'o 

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarezfcbarcelona.com

Samuel Eto'o bermain untuk Barcelona selama 5 musim sejak 2004 hingga 2009. Dalam periode itu, pemain asal Kamerun ini berhasil membukukan 130 gol dan 40 assist dari 199 pertandingan di semua ajang. Ia juga sempat meraih gelar sepatu emas LaLiga pada musim 2005/2006 dengan koleksi 26 gol.

Selain itu, Eto’o juga berhasil memenangi total 8 gelar juara selama kariernya di Camp Nou. Dari semua gelar tersebut, ia sukses mempersembahkan 2 trofi Liga Champions pada musim 2005/2006 dan 2008/2009. Setelah meraih segalanya bersama Barcelona, Eto’o melanjutkan kariernya ke Inter Milan pada musim panas 2009.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Teraneh dalam Sejarah Sepak Bola, Ada Eto’o! 

3. Cesar Rodriguez 

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarezgoal.com

Cesar Rodriguez total menghabiskan kariernya di Barcelona selama 16 tahun sejak 1939 hingga 1955. Sebelumnya, sang penyerang pernah menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah dengan torehan 232 gol dari 351 pertandingan. Namun, catatan tersebut akhirnya berhasil dilewati oleh Lionel Messi.

Selama berseragam Barcelona, Rodriguez mampu meraih lima gelar LaLiga. Pria berpaspor Spanyol ini juga sempat menjadi top skor pada musim 1948/1949 dengan catatan 28 gol dari 24 pertandingan.

4. Laszlo Kubala 

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarezfcbarcelona.com

Bersama Cesar Rodriguez, Laszlo Kubala juga menjadi penyerang andalan Barcelona dalam beberapa tahun. Pemain kelahiran Hungaria ini dikenal karena kehebatannya dalam mencetak gol. Bahkan, banyak penggemar Barcelona yang menilai dirinya sebagai salah satu penyerang terhebat yang pernah dimiliki oleh klub asal Catalunya tersebut.

Kubala berseragam Barcelona total selama 11 tahun sejak 1950 hingga 1961. Selama waktunya itu, ia sukses menciptakan 131 gol dari 186 pertandingan di Liga Spanyol. Kubala juga berhasil meraih 4 gelar LaLiga selama membela Blaugrana.

5. Luis Suarez 

5 Penyerang Terhebat dalam Sejarah Barcelona, Romario hingga Suarezfootball-espana.net

Luis Suarez dibeli oleh Barcelona dari Liverpool pada musim panas 2014 dengan biaya sebesar 80 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun. Walau terbilang sangat mahal ketika itu, penyerang asal Uruguay ini berhasil membuktikan kualitasnya dan membantu tim meraih banyak gelar juara. Total 13 trofi berhasil diraih oleh Suarez di Camp Nou, termasuk gelar Liga Champions musim 2014/2015.

El Pistolero, julukan Suarez, berhasil mencetak 195 gol dan 112 assist dari 283 pertandingan bersama Barcelona. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu juga sempat meraih gelar sepatu emas LaLiga pada musim 2015/2016 dengan koleksi 40 gol dari 35 pertandingan. Pada awal musim ini, sang pemain memutuskan melanjutkan kariernya bersama tim Spanyol lainnya, yaitu Atletico Madrid.

 

Berkat penampilan yang impresif, para penyerang tersebut tentu saja akan selalu diingat namanya oleh pendukung Barcelona. Dari kelima pemain di atas, performa siapa yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 6 Pemain Uruguay yang Sukses Bermain di LaLiga, Termasuk Luis Suarez

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya