5 Penyerang Termahal dalam Sejarah Sepak Bola, Deretan Nama Top!

Cristiano Ronaldo salah satunya!

Pesepak bola termahal di dunia mayoritas diisi oleh pemain-pemain yang bermain sebagai penyerang. Semua itu tidak terlepas dari peran penting yang ditunjukkan oleh para penyerang. Selain itu, mereka yang bermain di posisi tersebut juga paling sering menjadi sorotan daripada pemain.

Semakin mampu menciptakan banyak gol dan meraih gelar juara, harga seorang penyerang akan semakin mahal. Terlebih lagi jika mendapatkan penghargaan individu seperti Ballon d’Or tentu banderol para penyerang akan semakin meroket. Berikut ini lima penyerang termahal dalam sejarah sepak bola.

1. Kylian Mbappe – 145 juta euro 

5 Penyerang Termahal dalam Sejarah Sepak Bola, Deretan Nama Top!Kylian Mbappe. (eurosport.com)

Biaya sebesar 145 juta euro atau setara dengan Rp2,5 triliun harus dikeluarkan oleh Paris Saint-Germain untuk mendapatkan Kylian Mbappe. Pemain asal Prancis ini direkrut oleh PSG dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas 2018. Walau terbilang sangat mahal, sang pemain berhasil membayar tuntas dengan performa yang menjanjikan.

Mbappe tercatat sudah berhasil membukukan 132 gol serta 61 assist dalam 171 pertandingan di semua kompetisi. Dalam tiga musim terakhir, sang penyerang bahkan berhasil meraih penghargaan top skor Ligue 1 secara berturut-turut.

2. Joao Felix – 127,2 juta euro 

5 Penyerang Termahal dalam Sejarah Sepak Bola, Deretan Nama Top!Joao Felix. (eurosport.co.uk)

Untuk memboyong Joao Felix dari Benfica, Atletico Madrid harus membayar biaya sebesar 127,2 juta euro atau setara dengan Rp2,2 triliun. Penyerang muda asal Portugal ini didatangkan ke Wanda Metropolitano pada bursa transfer musim panas 2019. Ia ketika itu diharapkan bisa menjadi penerus dari Griezmann yang memilih hengkang ke Barcelona.

Akan tetapi, performa Felix bisa dibilang biasa-biasa saja sejauh ini bersama Atletico Madrid. Dari 76 pertandingan, sang pemain baru menciptakan 19 gol dan 9 assist. Torehan tersebut tentu belum sebanding dengan biaya yang dikeluarkan oleh Los Rojiblancos untuk sang pemain.

Baca Juga: 8 Pemain Tersukses di Level Klub dalam Sejarah Sepak Bola, Gak Ada CR7

3. Antoine Griezmann – 120 juta euro 

5 Penyerang Termahal dalam Sejarah Sepak Bola, Deretan Nama Top!Antoine Griezmann. (eurosport.co.uk)

Barcelona membeli Antoine Griezmann dari sesama klub Spanyol, Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2019. Penyerang asal Prancis ini ketika itu dibeli dengan biaya yang fantastis, yakni 120 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun. Sayangnya, sang pemain belum menemukan performa menjanjikan selama membela Barcelona.

Tercatat Griezmann hanya mampu menciptakan 35 gol dalam 99 pertandingan. Dengan harga yang sangat mahal tersebut, ia tentunya diharapkan bisa tampil jauh lebih baik lagi. Satu-satunya gelar juara yang berhasil diraih Griezmann di Barcelona sejauh ini adalah Piala Spanyol.

4. Cristiano Ronaldo – 117 juta euro 

5 Penyerang Termahal dalam Sejarah Sepak Bola, Deretan Nama Top!Cristiano Ronaldo. (eurosport.com)

Juventus membayar biaya sebesar 117 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun kepada Real Madrid untuk memboyong Cristiano Ronaldo ke Turin. Megabintang asal Portugal ini digaet pada bursa transfer musim panas 2018. Kehadiran Ronaldo saat itu diharapkan mampu membawa tim berbicara banyak di kompetisi Liga Champions.

Namun, Ronaldo sejauh ini belum juga berhasil mengantarkan Juventus berbicara banyak di kompetisi paling elite di Eropa tersebut. Walau begitu, ia tetap tampil impresif dengan menciptakan 101 gol serta 22 assist dari 133 pertandingan. Terbaru, sang pemain sukses keluar sebagai top skor di Serie A dengan koleksi 29 gol dari 33 laga.

5. Gonzalo Higuain – 90 juta euro 

5 Penyerang Termahal dalam Sejarah Sepak Bola, Deretan Nama Top!Gonzalo Higuain. (eurosport.com)

Performa menjanjikan yang ditunjukkan oleh Gonzalo Higuain bersama Napoli membuat Juventus merekrutnya pada bursa transfer musim panas 2016. Ketika itu, pemain asal Argentina ini digaet dengan biaya senilai 90 juta euro atau setara dengan Rp1,5 triliun. Nominal tersebut sempat menjadi rekrutan termahal Juventus sepanjang sejarah, sebelum akhirnya dipecahkan oleh CR7.

Namun, ketajaman Higuain bersama Juventus sedikit menurun. Bahkan, sang pemain sempat dipinjamkan ke beberapa klub, seperti AC Milan dan Chelsea sebelum akhirnya dilepas secara permanen ke klub MLS, Inter Miami pada musim panas 2020.

Itulah lima penyerang termahal dalam sejarah sepak bola. Apakah rekor tersebut bakal terpecahkan pada bursa transfer musim panas nanti?

Baca Juga: 10 Pemain Sepak Bola Top Ini Berasal dari Keluarga yang Kaya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya