5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarah

Lionel Messi berhasil kalahkan Cristiano Ronaldo 

Gelar Ballon d’Or pada mulanya diberikan kepada pemain terbaik yang bermain di kompetisi Eropa. Penghargaan individu itu pertama kali dibuat oleh jurnalis majalah France Football, Gabriel Hanot, pada tahun 1956. Saat digelar pertama kali, penghargaan tersebut berhasil dimenangkan oleh pesepak bola asal Inggris, Stanley Matthews.

Namun, peraturan diubah pada tahun 1995, saat pemain non-Eropa yang bermain di Benua Biru bisa memenangi penghargaan tersebut. Uniknya, setelah regulasi diubah, pemenangnya adalah pemain non-Eropa, yakni George Weah yang berasal dari Liberia, Afrika. Namun, kedua pesepak bola tersebut bukanlah pemain yang memenangi Ballon d’Or terbanyak sepanjang masa. Siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Daftar Nominasi Best FIFA Award, Nama Lionel Messi Dipertanyakan

5. Marco van Basten – 3 Trofi

5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Penampilan Marco van Basten mencuat setelah bergabung dengan AC Milan pada tahun 1987. Pada musim debutnya, pemain asal Belanda itu berhasil mengantarkan AC Milan juara Liga Italia pada musim 1987/1988. Sementara itu, sang pemain berhasil melanjutkan torehan manis dengan mengantarkan Belanda juara Piala Eropa pada pertengahan 1988.

Tak hanya itu, ia juga berhasil keluar sebagai top skor pada turnamen tersebut. Selama berseragam AC Milan, van Basten telah memenangkan sejumlah trofi bergengsi, termasuk 2 gelar Liga Champions. Karena capaiannya itu, tak mengherankan jika pemain yang berposisi sebagai penyerang ini berhasil memenangi 3 penghargaan Ballon d’Or sekaligus pada tahun 1988, 1989, dan 1992.

4. Johan Cruyff – 3 Trofi

5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Saat Belanda masih ditangani oleh Rinus Michels, Johan Cruyff merupakan pemain andalan dalam menerapkan filosofi sepak bola total football. Saat itu, Cruyff berhasil mengantarkan timnas Belanda lolos ke final Piala Dunia dua kali, yakni 1974 dan 1978. Sebelum itu, sang pemain juga berhasil mengantarkan Ajax Amsterdam berjaya di Liga Champions dengan juara 3 kali berturut-turut pada tahun 1970 hingga 1973.

Tak mengherankan jika pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini menjadi pemenang dalam penghargaan Ballon d’Or sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 4 tahun, yaitu tahun 1971, 1973, dan 1974. Sepanjang kariernya bermain, ia mampu meraih banyak gelar ketika bermain bersama Ajax dan Barcelona. Bahkan, karena sumbangsihnya kepada Ajax, nama sang legenda saat ini digunakan sebagai nama stadion, yakni Johan Cruyff Arena.

3. Michel Platini – 3 Trofi

5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Pada era 1980-an, nama Michel Platini begitu tenar di kalangan pecinta sepak bola. Performa apiknya bersama Juventus dan timnas Prancis berhasil membuat sang pemain melambung. Pemain yang berposisi sebagai playmaker ini berhasil mengantarkan Juventus meraih 2 gelar Liga Italia pada musim 1983/1984 dan 1985/1986. Tak hanya itu, ia juga berhasil mempersembahkan trofi bagi negaranya di kejuaraan Piala Eropa 1984.

Sontak saja karena performa menjanjikannya itu, Platini berhasil memenangi 3 penghargaan Ballon d’Or 3 tahun berturut-turut, 1983, 1984, dan 1985. Namun, pada tahun 1987, ia memilih untuk gantung sepatu setelah membela Juventus selama 5 musim. Setelah memutuskan pensiun, pria berusia 65 tahun itu juga sempat menjabat sebagai Presiden UEFA.

2. Cristiano Ronaldo – 5 Trofi

5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarahmarca.com

Tak diragukan lagi kehebatan Cristiano Ronaldo sebagai pesepak bola top saat ini diakui banyak orang. Bahkan, di usia yang sudah menginjak 35 tahun, ia masih mampu bermain konsisten dan menunjukkan performa terbaiknya bersama Juventus. Megabintang asal Portugal ini sepanjang kariernya sudah memenangi 5 gelar Ballon d’Or.

Kelima penghargaan tersebut ia raih pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Selain trofi Ballon d’Or, ia juga berhasil memenangi pemain terbaik FIFA sebanyak 2 kali pada tahun 2016 dan 2017. Sementara itu, untuk trofi Liga Champions, Ronaldo telah meraihnya sebanyak 5 kali. Kebanyakan penghargaan tersebut ia raih bersama Manchester United dan Real Madrid.

1. Lionel Messi – 6 Trofi

5 Pemain dengan Raihan Gelar Ballon d'Or Terbanyak Sepanjang Sejarahdiazhub.com

Lionel Messi menjadi pemain dengan perolehan trofi Ballon d’Or terbanyak sepanjang masa. Pemain asal Argentina ini berhasil memenangi 6 kali pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. Catatan itu hanya ia raih bersama satu klub, yakni Barcelona. Uniknya, sepanjang kariernya bermain sebagai pesepak bola profesional, sang pemain belum pernah pindah alias masih baru bermain bersama 1 klub sejauh ini.

Puluhan trofi bergengsi mampu La Pulga persembahkan untuk publik Camp Nou, terutama 4 gelar Liga Champions. Kini, kontrak sang pemain akan berakhir di penghujung musim. Itu artinya, ia bakal meninggalkan Barcelona di musim depan jika tidak menemui kesepakatan kontrak baru bersama manajemen.

Keberhasilan para pemain di atas tentu tidak hanya mengandalkan performa individu, tetapi juga kekompakan tim. Musim ini penghargaan Ballon d’Or ditiadakan karena terdampak COVID-19.

Baca Juga: Ballon d'Or 2020 Ditiadakan, Ini 3 Alternatif Juaranya Versi IDN Times

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya