Jarang Diketahui, 5 Pemain Terkenal Ini Pernah Bermain di Barcelona

Legenda Argentina, Maradona ternyata pernah membela Barca

Bermain untuk Barcelona tentu merupakan suatu kebanggaan bagi setiap pemain sepak bola. Selain klub besar dan penuh sejarah, Barcelona juga memiliki banyak pemain legenda yang mengagumkan. Nama-nama seperti Johan Cruyff, Ronaldinho, hingga Messi menjadi beberapa nama yang selalu diingat oleh para pendukung setia Blaugrana.

Ada beberapa pemain juga yang bermain untuk Barcelona, namun namanya jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Siapa saja?

1. Diego Maradona

Jarang Diketahui, 5 Pemain Terkenal Ini Pernah Bermain di Barcelonafcbarcelona.com

Pemain asal Argentina ini pernah membela Barcelona pada tahun 1982-1984. Mungkin banyak orang tidak mengetahuinya karena nama Maradona lebih besar ketika membela Napoli. Ia dibeli Barca dari Boca Junior sebesar 8 juta euro dan memenangi 3 piala domestik di musim 1982-1983 serta mencetak 30 gol dalam 43 pertandingan bersama Blaugrana.

Namun, karena Barcelona tidak dapat meraih piala satu pun di musim 1983-1984, ia dijual ke Napoli. Tentu sebuah perjalanan yang singkat bagi seorang yang pernah mencetak gol “Tangan Tuhan” tersebut.

2. Mark Hughes

Jarang Diketahui, 5 Pemain Terkenal Ini Pernah Bermain di Barcelonathesun.co.uk

Nama Mark Hughes melejit ketika membela tim kuat Liga Inggris, Manchester United.  Ia membela United di dua periode yaitu 1983-1986 dan 1989-1995. Namun siapa sangka di antara dua periode tersebut ia pernah membela Barcelona. Ia dibeli dari Setan Merah dengan harga 3 juta euro pada Juli 1986. Dari 3 musim di Spanyol, Hughes harus rela dipinjamkan ke Bayern Munchen selama 1 musim dan 2 musim yang tersisa, ia berhasil mencetak 5 gol dari 35 pertandingan bersama Barca.

Setalah itu, pemain yang besar di akademi United ini kembali dibeli oleh Sir Alex Ferguson dan bersinar. Klub-klub lain seperti Chelsea, Southampton, Everton, hingga Blackburn merupakan klub yang pernah ia bela selama karier sepak bolanya.

Baca Juga: Diincar Barcelona dan Manchester United, Werner Ingin Gabung Liverpool

3. Ricardo Quaresma

Jarang Diketahui, 5 Pemain Terkenal Ini Pernah Bermain di Barcelonadailymail.co.uk

Pemain yang sekarang bermain untuk Kasimpasa di Liga Turki pernah membela Barcelona selama satu musim. Dibeli dari Sporting pada Juli 2003 sebesar 6,35 juta euro, Quaresma diharapkan bisa menjadi pemain andalan di Blaugrana. Namun, pemain asal Portugal tersebut hanya mampu mencetak 1 gol dan 2 assist dari 28 pertandingan yang dijalani bersama Barca. Sebelum akhirnya ia dijual ke FC Porto dengan harga 6 juta euro.

Namanya lebih besar ketika membela FC Porto dan Besiktas. Saat membela FC Porto, ia berhasil mencetak 49 gol serta 56 assist dalam 216 pertandingan dan menyumbang 38 gol serta 78 assist di dua periode yang berbeda dari 227 pertandingan bersama Besiktas.

4. Mikel Arteta

Jarang Diketahui, 5 Pemain Terkenal Ini Pernah Bermain di Barcelonasport.es

Arteta merupakan pemain yang menimba ilmu di La Masia, akademi muda Barcelona. Ia adalah bagian dari tim utama selama 6 bulan dari Juni 2000 hingga Januari 2001. Sebelum akhirnya dipinjamkan ke PSG dan kemudian dibeli oleh Rangers dengan harga 7,9 juta euro pada Juli 2002. Meskipun tidak berhasil di klub masa kecilnya, ia mampu melanjutkan kariernya dengan sukses.

Everton dan Arsenal merupakan klub yang terbilang sukses dibela oleh pemain berkebangsaan Spanyol tersebut. Arteta membela Everton selama 6 tahun dan membela Arsenal selama 5 tahun. Sekarang ia menjadi pelatih tim Arsenal, setelah menggantikan peran Unai Emery yang dipecat oleh The Gunners.

5. Gary Lineker

Jarang Diketahui, 5 Pemain Terkenal Ini Pernah Bermain di Barcelonametro.co.uk

Gary Lineker merupakan striker yang pernah membela klub-klub Liga Inggris seperti Leicester, Everton, dan Tottenham. Selain Liga Inggris, Lineker juga pernah membela Barcelona setelah dibeli dari Everton sebesar 3,2 juta euro pada Juli 1986 dan berhasil mencetak 48 gol dalam 128 penampilan.

Pemain timnas Inggris tersebut lebih dekat dengan Tottenham dan disebut-sebut sebagai salah satu Legenda tim yang ia bela selama 3 musim itu, yakni dari tahun 1989-1992.

Itu tadi 5 pemain terkenal yang ternyata pernah membela Barcelona. Apakah dari kalian ada yang pernah melihat permainan mereka bersama Blaugrana?

Baca Juga: UCL: Napoli Imbangi Barcelona, Ini 5 Fakta Menariknya!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya