Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?

Robinho hingga Trent Alexander-Arnold

Sepak bola selalu menyajikan hal-hal yang menarik. Bukan hanya soal penampilan pemain, melainkan juga fakta menarik yang terjadi di luar itu. Salah satunya adalah nomor punggung yang dipakai oleh seorang pemain. Nomor punggung merupakan hal yang sangat penting dalam sepak bola.

Biasanya, para pemain top memiliki nomor yang identik dengan dirinya. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi para pemain ini. Pasalnya, mereka memilih nomor punggung yang tidak biasa. Penasaran? Berikut ini 5 pemain top dengan nomor punggung teraneh.

1. Robinho (AC Milan) - 70

5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?Twitter/brfootball

Robinho bergabung dengan AC Milan pada bursa transfer musim panas 2010. Sebelumnya, pemain asal Brasil itu pernah memperkuat dua tim elite, yakni Real Madrid dan Manchester City. Bersama kedua klub itu, ia memakai nomor punggung yang spesial, yakni angka 10.

Ketika bergabung dengan Rossoneri, Robinho justru memilih nomor punggung aneh, yakni 70. Ia menggunakan nomor punggung tersebut di AC Milan selama 2 musim sebelum akhirnya berganti memakai nomor punggung 7.

2. Bixente Lizarazu (Bayern Munchen) - 69

5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?90min.com

Pada tahun 1990-an hingga 2000-an awal, Prancis pernah memiliki bek sayap berkualitas dalam diri Bixente Lizarazu. Namanya begitu melesat ketika berseragam Bayern Munchen. Ia bergabung dengan raksasa asal Jerman itu dari Athletic Bilbao pada Juli 1997. Lizarazu tercatat merumput dengan Die Roten selama 8 tahun.

Selama waktunya itu, sang pemain berhasil mempersembahkan total 17 gelar juara, termasuk trofi Liga Champions musim 2000/2001. Awalnya, Lizarazu bermain di Bayern Munchen dengan menggunakan nomor punggung 3. Namun, dalam dua musim terakhir sebelum pensiun, ia berganti memakai nomor punggung unik, yakni 69.

Baca Juga: 6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 7 di AC Milan Sebelum Castillejo

3. Gianluigi Buffon (Parma dan Juventus) - 88 dan 77

5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?goal.com

Gianluigi Buffon bisa dibilang sebagai salah satu kiper terhebat yang dimiliki oleh Italia sepanjang sejarah. Di usia yang sudah menginjak 43 tahun, ia masih tampil solid di bawah mistar gawang Juventus musim ini. Uniknya, di periode kedua berseragam Juventus, sang kiper memilih nomor punggung yang berbeda daripada kiper-kiper lainnya, yakni 77.

Nomor 77 juga pernah digunakan oleh Buffon selama satu musim ketika membela Parma. Tak hanya itu, Buffon juga pernah memakai nomor punggung yang unik lainnya, yakni 88 saat merumput dengan Parma. Nomor-nomor tersebut tentu saja jarang sekali dipakai oleh para kiper di dunia.

4. Ronaldinho (AC Milan) - 80

5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?goal.com

Ronaldinho merupakan salah satu gelandang Brasil terbaik pada masanya. Ia meraih banyak kesuksesan ketika merumput dengan Barcelona. Bersama raksasa asal Spanyol itu, pria kelahiran Porto Alegre tersebut memenangi total 5 trofi selama 5 musim. Performanya yang impresif bersama Barca membuat sang pemain dibeli oleh AC Milan pada panas panas 2008.

Bersama Rossoneri, Ronaldinho tampil cukup menjanjikan dengan mengoleksi 26 gol dan 29 assist dalam 95 pertandingan. Selain itu, ia juga sukses mempersembahkan gelar juara Serie A pada musim 2010/2011. Uniknya, Ronaldinho selalu memakai nomor punggung 80 di AC Milan. Padahal, ia sebelumnya menggunakan nomor punggung 10 di Barcelona.

5. Trent Alexander-Arnold (Liverpool) - 66

5 Pesepak Bola Terkenal dengan Nomor Punggung Teraneh, Siapa Saja?goal.com

Trent Alexander-Arnold adalah pemain asli akademi Liverpool yang naik kasta ke tim senior pada tahun 2016. Di bawah nakhoda Jurgen Klopp, pria yang saat ini berusia 22 tahun itu menjelma menjadi salah satu bek sayap paling menjanjikan di dunia. Walau beroperasi di lini belakang, sang pemain cukup sering menciptakan gol dan assist.

Selama bermain di tim senior, Alexander-Arnold sudah menciptakan 10 gol dan 42 assist dalam 173 pertandingan. Tidak seperti pemain belakang pada umumnya, ia justru memilih nomor punggung yang unik di Liverpool, yakni angka 66.

 

Itulah lima pemain top yang pernah menggunakan nomor punggung unik. Selain mereka, adakah pemain ternama lainnya yang pernah memakai nomor teraneh?

Baca Juga: Trent Alexander-Arnold adalah Bek Kanan Terbaik Dunia Saat Ini!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya