Comscore Tracker

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier League

Paolo Di Canio hingga Mario Balotelli 

Premier League bisa dibilang sebagai kompetisi paling seru dan terhebat di dunia. Semua itu tidak terlepas dari banyaknya klub top yang diisi oleh deretan pemain hebat. Dari sekian negara, Italia menjadi salah satu negara yang memasok pemain cukup banyak di ajang tertinggi Inggris tersebut.

Sejauh ini sudah ada 75 pemain asal Italia yang pernah merumput di Premier League. Dari puluhan nama tersebut, beberapa pemain sukses menciptakan cukup banyak gol. Berikut ini tujuh pemain Italia dengan catatan gol terbanyak di kompetisi Premier League.

1. Paolo Di Canio – 67 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeaguePaolo Di Canio (irishmirror.ie)

Paolo Di Canio menjadi pencetak gol asal Italia terbanyak di ajang Premier League. Di Canio pernah membela tiga klub berbeda di Inggris, yaitu Sheffield Wednesday, West Ham United, dan Charlton Athletic. Ia membela klub-klub tersebut total selama 7 tahun dari 1997 hingga 2004.

Sayangnya, sang pemain gagal meraih satu gelar pun bersama ketiga klub tersebut. Di Canio sendiri sukses menciptakan 67 gol dan 18 assist dalam 190 pertandingan di Premier League. Gol paling banyak dari sang pemain tercipta ketika berseragam Sheffield Wednesday.

2. Gianfranco Zola – 58 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeagueGianfranco Zola (cultofcalcio.com)

Tidak seperti Paolo Di Canio, Gianfranco Zola hanya membela satu klub sepanjang kariernya di Inggris, yaitu Chelsea. Pria kelahiran Oliena, Italia ini memperkuat The Blues selama 6 musim dari tahun 1997 hingga 2003. Selama waktunya itu, ia sukses meraih total 6 gelar, termasuk Piala Super UEFA.

Selain itu, Zola juga berhasil menciptakan 58 gol dan 13 assist di kasta tertinggi Inggris. Semua torehan itu diciptakan sang pemain dari 229 pertandingan. Setelah pensiun, Zola sempat menjabat sebagai asisten pelatih di Chelsea selama satu tahun pada musim 2018/2019.

3. Benny Carbone – 36 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeagueBenny Carbone (birminghammail.co.uk)

Benny Carbone memulai kariernya pertama kali di Inggris dengan bergabung bersama Sheffield Wednesday pada tahun 1996. Setelah itu, ia tercatat beberapa kali pindah klub ke Aston Villa, Bradford, dan Middlesbrough. Carbone total menghabiskan kariernya di kompetisi Inggris selama 6 musim hingga tahun 2002.

Meski tergolong cukup lama, sang pemain gagal memenangi satu trofi pun di Inggris. Dari 177 pertandingan di Premier League, Carbone mampu membukukan 36 gol dan 5 assist. Sesudah berkarier di Inggris, Carbone kemudian memilih kembali lagi ke kompetisi Italia dengan bergabung bersama Como.

4. Fabrizio Ravanelli – 25 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeagueFabrizio Ravanelli (tribuna.com)

Nama Fabrizio Ravanelli pertama kali melesat ketika bermain menjanjikan bersama Juventus. Tak tanggung-tanggung, ia sukses mempersembahkan total 5 gelar selama 4 tahun, termasuk trofi Liga Champions musim 1995/1996. Performa impresif itu membuat sang pemain direkrut oleh Middlesbrough pada Juli 1996.

Namun, Ravanelli hanya bertahan satu musim di Inggris karena dibeli oleh Marseille pada musim berikutnya. Baru pada musim panas 2001, sang pemain kembali lagi ke kompetisi Inggris dengan bergabung dengan Derby County. Bersama 2 klub itu, Ravanelli mampu mencetak 25 gol dan 2 assist dalam 64 pertandingan di Premier League.

Baca Juga: 5 Bek Kiri yang Paling Konsisten di Premier League Musim 2020/2021

5. Graziano Pelle – 23 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeagueGraziano Pelle (bleacherreport.com)

Nama Graziano Pelle tentu tidak asing lagi bagi para penggemar sepak bola Inggris era modern. Pasalnya, penyerang asal Italia ini pernah memperkuat Southampton selama 2 musim dari tahun 2014 hingga 2016. Bersama klub tersebut, ia tampil cukup baik dengan mengoleksi 23 gol dan 9 assist.

Semua gol dan assist tersebut diciptakan oleh sang pemain dari 68 pertandingan di Premier League. Setelah bermain untuk Southampton, Pelle kemudian memutuskan untuk melanjutkan kariernya bersama klub Tiongkok, Shandong Taishan pada musim panas 2016.

6. Gianluca Vialli – 21 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeagueGianluca Vialli (goal.com)

Sepanjang kariernya bermain sepak bola Gianluca Vialli hanya membela 4 klub berbeda yaitu Cremonese, Sampdoria, Juventus, dan Chelsea. Sang pemain total berseragam The Blues selama 3 musim dari tahun 1996 hingga 1999. Meski tergolong cukup singkat, ia berhasil mempersembahkan 4 gelar juara.

Selama berkompetisi di Premier League, Vialli tercatat berhasil membukukan 21 gol dalam 58 pertandingan. Setelah berseragam Chelsea, Vialli kemudian memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola.

7. Mario Balotelli – 21 gol 

7 Pesepak Bola Italia dengan Gol Terbanyak di Kompetisi Premier LeagueMario Balotelli (Twitter/futbolbible)

Mario Balotelli pertama kali bermain di Inggris dengan bergabung bersama Manchester City pada tahun 2010. Ia bisa dibilang meraih banyak kesuksesan selama berkarier di klub Manchester Biru tersebut. Namun pada musim dingin 2013, Balotelli dijual oleh Manchester City ke AC Milan.

Tak berselang lama, Liverpool kemudian mendatangkan lagi sang pemain ke Inggris pada musim panas 2014. Sayangnya, di kesempatan kedua ini, Balotelli gagal menunjukkan performa terbaiknya. Bersama kedua klub itu, pria yang saat ini berusia 30 tahun tersebut berhasil mengoleksi 21 gol dan 3 assist dari 70 pertandingan di Premier League.

Itulah tujuh pemain Italia terjatam yang berkarier di kompetisi Premier League. Dari nama-nama tersebut, performa siapa saja yang pernah kamu lihat di Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Diprediksi Akan Melanjutkan Karier di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya