Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!

Mayoritas diisi oleh para penyerang

Sejak dimulai pada tahun 1992, Premier League memang selalu menyedot perhatian para penggemar sepak bola setiap musimnya. Semua itu tidak terlepas dari banyaknya pemain hebat dan mumpuni yang bermain di kasta tertinggi Inggris tersebut. Beberapa nama bahkan tercatat dalam buku sejarah sebagai pemain terbaik yang pernah ada.

Mereka bisa masuk dalam buku sejarah Premier League karena kontribusinya yang luar biasa bersama klubnya. Berikut ini lima pesepak bola terhebat dalam sejarah Premier League.

1. Alan Shearer 

5 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!Alan Shearer. (goal.com)

Alan Shearer memainkan seluruh karier profesionalnya di kompetisi Inggris. Namanya pertama kali mencuat ketika membela Southampton. Pada tahun 1992, sang penyerang digaet oleh Blackburn Rovers yang membuatnya menjadi pemain termahal di sepak bola Inggris saat itu. Ia tercatat bermain untuk Blackburn selama 4 tahun dengan mampu menciptakan 112 gol hanya dalam 138 penampilan.

Performa yang impresif tersebut ternyata membuat Newcastle United merekrutnya pada tahun 1996. Ketika itu Newcastle berhasil mengalahkan Real Madrid dan Manchester United yang juga sangat tertarik dengan jasa Shearer. Ia total menghabiskan 10 musim bersama Newcastle United dan berhasil mencetak 260 gol dalam 441 pertandingan. Catatan tersebut membuat Shearer menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League.

2. Frank Lampard 

5 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!Frank Lampard. (thesefootballtimes.co)

Frank Lampard bisa dibilang sebagai gelandang terhebat sepanjang sejarah Premier League. Lampard sukses memenangi tiga gelar Premier League dan empat Piala FA selama waktunya di Inggris. Tidak hanya itu, ia juga mampu meraih gelar Liga Champions dan trofi Liga Europa bersama Chelsea. Walau terkenal bersama The Blues, ia memulai kariernya bersama West Ham United.

Lampard bermain bersama West Ham selama 6 tahun sebelum direkrut oleh Chelsea pada tahun 2001. Karier sang pemain meningkat sangat drastis sejak bergabung bersama Chelsea. Ia juga pernah masuk dalam skuad terbaik Premier League pada musim 2003/2004 setelah berhasil membawa Chelsea finis di urutan kedua. Lebih hebatnya lagi, meski berposisi sebagai gelandang, Lampard sangat produktif dalam menciptakan gol. Ia mampu membukukan 177 gol dan 102 assist dalam 609 pertandingan di Premier League.

Baca Juga: 5 Legenda yang Dipecat Klubnya Ketika Menjadi Pelatih, Ada Lampard!

3. Wayne Rooney 

5 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!Wayne Rooney. (goal.com)

Wayne Rooney merupakan salah satu pesepak bola paling terkenal yang pernah bermain di Premier League. Banyak sekali gelar dan rekor individu yang berhasil diciptakan sang pemain selama tampil di kompetisi Inggris. Ia juga secara luas dianggap sebagai salah satu penyerang terhebat dalam sejarah Premier League. Rooney sendiri memulai kariernya bersama Everton dan kemudian bergabung ke Manchester United pada tahun 2004.

Karier Rooney bersama Manchester United memang bisa dibilang fenomenal. Penyerang asal Inggris tersebut menghabiskan total 13 tahun bersama Setan Merah dengan memenangi lima gelar Premier League, satu trofi Liga Champions, serta beberapa penghargaan individu. Setelah meraih semuanya di Old Trafford, Rooney meninggalkan Manchester United pada 2017 untuk bergabung kembali dengan klub masa kecilnya, Everton. Sepanjang kariernya Rooney mampu menciptakan 208 gol (tertinggi kedua) dan 103 assist (tertinggi ketiga) di Premier League.

4. Cristiano Ronaldo 

5 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!Cristiano Ronaldo. (goal.com)

Cristiano Ronaldo bisa dibilang salah satu pesepak bola paling terkenal yang pernah ada. Meskipun hanya menghabiskan kariernya di Inggris selama 6 tahun, ia setidaknya berhasil menorehkan banyak rekor bersama Manchester United. Ronaldo bergabung dengan Setan Merah pada tahun 2003 dari klub masa kecilnya, Sporting Lisbon. Di tiga musim awal, ia tampil biasa-biasa saja dengan hanya menciptakan 18 gol dalam 95 pertandingan.

Musim 2006/2007 menjadi momen kebangkitan Ronaldo dengan berhasil menciptakan 17 gol di Premier League. Setelah itu, ia sukses mempersembahkan gelar Premier League, Liga Champions, dan penghargaan sepatu emas Premier League pada musim 2007/2008. Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang berhasil meraih penghargaan pemain muda terbaik dan pemain terbaik di tahun yang sama. Berkat performanya yang impresif itu, CR7 direkrut oleh Real Madrid dan memecahkan rekor transfer di dunia pada tahun 2009.

5. Thierry Henry 

5 Pesepak Bola Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!Thierry Henry. (goal.com)

Thierry Henry mengukir namanya dengan sangat baik di kompetisi Premier League bersama Arsenal. Penyerang asal Prancis ini menghabiskan total 8 tahun di Inggris dengan memenangi 2 gelar Premier League dan 2 Piala FA. Henry pertama kali datang ke Inggris pada tahun 1999. Awalnya, sang pemain berposisi sebagai seorang winger, tapi Arsene Wenger mengubahnya menjadi penyerang tengah.

Pada musim debutnya, Henry langsung unjuk gigi dengan sukses menciptakan 26 gol di semua kompetisi. Pada musim 2001/2002, ia berhasil memenangi sepatu emas Premier League dengan menciptakan 32 gol. Tahun terbaik Henry dan Arsenal tercipta pada musim 2003/2004 karena tim saat itu berhasil tidak terkalahkan selama satu musim di Premier League. Henry memang tampil sangat stabil dengan menciptakan 20 gol lebih dalam 5 musim berturut-turut. Performa apiknya itu membuat Barcelona kepincut dan merekrutnya pada musim panas 2007.

 

Itulah lima pesepak bola terbaik dalam sejarah Premier League. Tidak hanya menjadi pemain terbaik dalam sejarah Premier League, kualitas mereka juga telah diakui oleh pencinta sepak bola di seluruh dunia. Kini mereka sebagian besar telah beralih status sebagai seorang pelatih, hanya menyisakan Cristiano Ronaldo yang masih aktif sebagai pesepak bola.

Baca Juga: Thierry Henry Perkuat Timnas Belgia Lagi di Piala Eropa 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya