Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Or

Thierry Henry salah satunya! 

Penghargaan Ballon d’Or dinilai sebagai gelar individu terbaik dalam sepak bola. Sejumlah pemain top pun bermimpi ingin memenangi penghargaan tersebut. Seperti yang diketahui, gelar Ballon d’Or pertama kali dilaksanakan pada tahun 1956. Gelar tersebut digagas oleh jurnalis majalah France Football, Gabriel Hanot.

Dalam satu dekade terakhir, penghargaan itu hanya didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Kualitas kedua pemain tersebut tentu tidak perlu diragukan lagi sebagai pesepak bola mumpuni.

Namun di samping itu, ada juga beberapa legenda sepak bola yang tidak pernah mengangkat gelar Ballon d’Or sepanjang kariernya. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Thierry Henry 

5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Orarsenal.com

Thierry Henry merupakan salah satu penyerang terbaik pada masanya. Pemain asal Prancis itu hampir memenangi semua gelar bergengsi, baik bersama klub maupun negara. Sayangnya, ia gagal mendapatkan penghargaan Ballon d’Or sepanjang kariernya.

Di tahun 2003, Henry yang sukses mengantarkan Arsenal tak terkalahkan sepanjang musim hanya menjadi runner-up Ballon d’Or di bawah Pavel Nedved. Sementara di tahun 2006, sang pemain hanya berada di urutan ketiga di belakang Fabio Cannavaro dan Gianluigi Buffon.

2. Xavi Hernandez 

5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Orgoal.com

Xavi adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh Barcelona. Keberhasilan Barcelona dan Timnas Spanyol pada pertengahan 2000-an tentu tidak terlepas dari andil sang pemain. Sayangnya, ia mencapai puncak kariernya ketika era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Alhasil, Xavi tercatat berada di urutan ketiga pada Ballon d’Or tahun 2009, 2010, dan 2011. Meski demikian, sang pemain tetap diakui oleh banyak orang sebagai maestro lini tengah. Ia pun dikenal sebagai gelandang terbaik yang tak pernah meraih gelar Ballon d’Or.

Baca Juga: 5 Pemenang Ballon d’Or yang Tak Pernah Meraih Juara Liga Champions

3. Raul Gonzalez 

5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Orgoal.com

Raul Gonzalez adalah pencetak gol yang produktif selama berseragam Real Madrid. Ia juga terkenal setia karena membela Los Blancos selama 16 tahun. Sayangnya, pemain asal Spanyol itu tidak pernah meraih penghargaan Ballon d’Or sepanjang kariernya.

Pada tahun 2001, Raul dianggap kalah kontroversial dari Michael Owen. Padahal, pencapaian Raul jauh lebih unggul daripada Owen saat itu.

Raul sukses membantu Real Madrid memenangi LaLiga dan Piala Super Spanyol. Tak hanya itu, ia juga memenangi penghargaan sepatu emas Liga Champions.

4. Diego Maradona 

5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Orfcbarcelona.com

Diego Maradona merupakan pesepak bola terbaik pada tahun 1980 hingga 1990-an. Pemain asal Argentina ini dikenal karena banyak hal. Selain insiden melawan Inggris di Piala Dunia 1986, ia juga dikenang sebagai salah satu pemain top yang tidak mendapatkan penghargaan Ballon d’Or.

Walau demikian, Maradona sukses mengantarkan Barcelona dan Napoli memenangi banyak gelar domestik. Tak hanya bersinar di level klub, ia juga bermain cemerlang bersama tim nasional Argentina. Gelar Piala Dunia 1986 menjadi salah satu buktinya.

5. Pele 

5 Pesepak Bola Top yang Pensiun Tanpa Penghargaan Ballon d’Orgoal.com

Pele adalah pesepak bola terbaik pada tahun 1950 hingga 1970-an. Pemain asal Brasil ini dikenal memiliki banyak kelebihan, yakni menggiring bola, passing, hingga kekuatan kedua kakinya. Pele juga masih menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah tim nasional Brasil dengan koleksi 77 gol.

Sayangnya, ia tak pernah meraih penghargaan Ballon d’Or sepanjang kariernya bermain sebagai pesepak bola. Akan tetapi, Pele sempat dianugerahi Ballon d’Or kehormatan pada tahun 2013. Padahal, pria yang saat ini berusia 80 tahun itu sudah pensiun sejak tahun 1977.

 

Banyak faktor yang mempengaruhi gagalnya mereka dalam meraih penghargaan Ballon d’Or. Meski demikian, kelima pemain tersebut tetaplah legenda terbaik di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemenang Ballon d’Or Tertua dalam Sejarah Sepak Bola, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya