5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!

Ada pemain yang berganti nama karena mualaf

Nama-nama pemain sepak bola di seluruh dunia memang beragam. Ada yang cukup gampang untuk diucapkan, tapi ada juga yang sangat sulit untuk dilafalkan. Jakub Blaszczykowski dan Sokratis Papastathopoulos menjadi sedikit contohnya.

Bahkan, beberapa pemain top dunia ini rela menggunakan nama julukan supaya mudah untuk dilafalkan. Lantas, siapa saja para pesepak bola top yang tidak menggunakan nama aslinya? Berikut ulasannya!

1. Hulk 

5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!Hulk (junipersports.com)

Nama Hulk mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa nama asli sang pemain sebenarnya adalah Givanildo Vieira de Sousa. Nama Hulk didapatkan saat ia masih kecil. Apakah ada hubungannya dengan nama aslinya? Jawabannya adalah tidak ada.

Uniknya, nama itu diciptakan oleh dirinya sendiri karena ia menyukai tokoh di film Marvel, Hulk. Bisa jadi badannya yang besar juga terinspirasi dari sosok Hulk di film Marvel. Sampai saat ini sang pemain lebih akrab dengan nama Hulk daripada Givanildo Vieira de Sousa.

2. Pepe 

5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!Pepe (besoccer.com)

Pepe adalah salah satu bek tangguh yang pernah memperkuat Real Madrid selama satu dekade. Kini pemain tersebut bermain untuk klub Portugal, FC Porto. Tapi, tidak banyak penggemar sepak bola yang mengetahui bahwa nama asli sang pemain bukanlah itu. Nama asli Pepe adalah Kepler Laveran Lima Ferreira.

Ia dipanggil dengan nama Pepe karena nama aslinya cukup sulit untuk diucapkan oleh orang Brasil. Sang ayah dan pelatihnya kemudian memutuskan untuk memanggilnya dengan nama Pepe.

Baca Juga: 6 Nama Pesepak Bola yang Berkaitan dengan Makanan dan Minuman, Unik!

3. Franck Ribery 

5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!Franck Ribery (goal.com)

Nama Franck Ribery melejit ketika bermain untuk Bayern Munchen. Pria asal Prancis ini membentuk rekan duet yang menjanjikan bersama Arjen Robben selama satu dekade. Awalnya, Ribery merupakan pemeluk agama Nasrani. Namun, pada tahun 2002, ia memutuskan untuk memeluk agama Islam dan menjadi mualaf.

Ia memilih langkah tersebut karena ingin mengikuti kepercayaan yang dianut oleh istrinya, Wahiba Belhami. Setelah menjadi mualaf, ia mengganti namanya menjadi Bilal Yusuf Mohammed. Kini, sang pemain tetap tampil apik bersama Fiorentina di kompetisi Serie A.

4. Kaka 

5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!Kaka (eurosport.com)

Kaka adalah mantan pemain AC Milan dan Real Madrid. Banyak penggemar sepak bola yang mengetahui nama panjang sang pemain adalah Ricardo Kaka. Namun, ternyata nama aslinya bukanlah itu, tapi Ricardo Izecson dos Santos Leite. Asal mula nama Kaka diberikan oleh kakaknya sendiri.

Kaka diambil dari nama depannya, Ricardo, atau orang Brasil menyebutnya Caca. Huruf “C” dalam nama tersebut kemudian diganti menggunakan “K” agar lebih muda untuk diucapkan. Masa jaya Kaka sendiri tercipta ketika masih berseragam AC Milan. Bahkan, ia pernah meraih penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2007.

5. Pele 

5 Pesepak Bola Top yang Tidak Menggunakan Nama Aslinya, Unik!Pele (insider.com)

Pele dikenal sebagai pesepak bola hebat dan legenda asal Brasil. Banyak yang menilai Pele adalah nama asli dari sang pemain. Padahal, nama asli dirinya adalah Edson Arantes do Nascimento. Awal mula nama Pele tercipta ketika dirinya menyukai legenda Vasco de Gama, Bile.

Nah, rekan ayahnya cukup sering memanggil dirinya dengan sebutan Bile. Namun, karena kesulitan memanggil menggunakan nama Bile, rekan ayahnya kemudian memanggilnya dengan sebutan Pele.

Ada juga cerita lain yang menyebutkan bahwa nama Pele tercipta karena olok-olok dari teman sekolahnya. Walau pada awalnya sempat risi dan marah, tapi nama tersebut justru memberinya keberuntungan di atas lapangan sepak bola.

Jika cerita terakhir itu benar, maka sang pemain harus berterima kasih dengan para rekannya yang pernah mengolok-olok dirinya. Sebab, nama Pele sekarang sangat dikenal oleh banyak orang.

 

Sebuah nama memang selalu memiliki makna tersendiri dan tak jarang mempunyai cerita yang unik. Selain mereka, siapa lagi pemain top yang tidak menggunakan nama aslinya di atas lapangan?

Baca Juga: 7 Nama Pesepak Bola yang Berkaitan dengan Cinta dan Kasih Sayang

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya