Comscore Tracker

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama Chelsea

Chelsea total sudah mendatangkan 18 pemain asal Prancis

Prancis merupakan salah satu negara yang sangat maju dalam hal sepak bola. Oleh karena itu, tidak mengejutkan jika banyak tim elite Eropa yang sering menggunakan jasa pemain asal Prancis, termasuk Chelsea.

Sampai saat ini, The Blues sudah mendatangkan total 18 pemain asal Les Bleus. Akan tetapi, tidak semua nama itu bisa memiliki karier yang cemerlang di Stamford Bridge. Berikut enam pemain Prancis yang gagal bersinar di Chelsea.

1. Malang Sarr 

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama ChelseaMalang Sarr (twitter.com/ChelseaFC)

Malang Sarr bergabung dengan Chelsea dengan gratis pada tahun 2020. Ia saat itu datang dengan status salah satu bek berkualitas di kompetisi Prancis. Sayangnya, sang pemain tidak masuk dalam skema Thomas Tuchel.

Alhasil, Sarr dipinjamkan ke AS Monaco pada musim panas 2022. Sebelumnya, ia juga pernah dipinjamkan selama semusim ke FC Porto. Pemain berusia 23 tahun itu tercatat baru bermain sebanyak 21 kali bersama The Blues.

2. Tiemoue Bakayoko 

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama ChelseaTiemoue Bakayoko (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea merekrut Tiemoue Bakayoko dari AS Monaco pada tahun 2017. Untuk mendapatkan jasanya, The Blues saat itu harus mengeluarkan biaya senilai 40 juta euro atau Rp603 miliar. Melihat harganya itu, kehadiran sang pemain diharapkan bisa membuat lini tengah Chelsea makin solid.

Sayangnya, Bakayoko justru tidak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya di Stamford Bridge. Hanya bertahan semusim, ia kemudian dipinjamkan ke sejumlah tim, seperti AC Milan, AS Monaco, dan Napoli.

3. Loic Remy 

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama ChelseaLoic Remy (twitter.com/ChelseaFC)

Penampilan apik Loic Remy bersama Newcastle United membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, pemain asal Prancis ini diboyong ke Stamford Bridge dengan harga 13,2 juta euro atau Rp199 miliar pada musim panas 2014. Ia pindah ke The Blues saat tim masih dilatih Jose Mourinho.

Sayangnya, Mourinho tidak terlalu memberikan kesempatan bermain kepada sang pemain. Remy tercatat hanya tampil 47 kali selama 2 musim. Sempat dipinjamkan ke Crystal Palace, Remy akhirnya meninggalkan Stamford Bridge pada 2017 dan memilih bergabung bersama Las Palmas.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap Terlupakan

4. Kurt Zouma 

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama ChelseaKurt Zouma (twitter.com/ChelseaFC)

Kurt Zouma bergabung dengan Chelsea pada tahun 2014. Ia saat itu didatangkan dari Saint-Etienne seharga 14,6 juta euro atau setara Rp220 miliar. Perjalanan karier sang pemain bisa dibilang naik turun selama di Stamford Bridge.

Bek yang memiliki tinggi 1,9 meter itu tercatat memainkan 151 laga di semua kompetisi. Zouma juga sempat dipinjamkan ke Stoke City dan Everton, sebelum dijual secara permanen ke West Ham United pada 2021.

5. Lassana Diarra 

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama ChelseaLassana Diarra (twitter.com/FootyAccums)

Chelsea adalah klub Inggris pertama yang dibela oleh Lassana Diarra. Sang gelandang bergabung ke Stamford Bridge pada musim panas 2005. Sayangnya, ia saat itu kesulitan mendapatkan tempat reguler di skuad utama.

Selama dua musim, Diarra hanya tampil sebanyak 31 kali bersama The Blues. Ia lalu meninggalkan Chelsea dan memilih bergabung bersama Arsenal pada 2007. Setelah itu, Diarra pernah menjadi bagian dari Portsmouth, Real Madrid, Anzhi Makhachkala, Lokomotiv Moscow, Marseille, dan Paris Saint-Germain.

6. Emmanuel Petit 

6 Pesepak Bola Prancis yang Gagal Bersinar Bersama ChelseaEmmanuel Petit (kiri) saat bermain untuk Chelsea. (twitter.com/SquawkaNews)

Chelsea mendatangkan Emmanuel Petit dari Barcelona pada tahun 2001. Ia bergabung dengan klub asal London Barat itu setelah satu musim di Barcelona. Petit tercatat menghabiskan waktunya di Stamford Bridge selama tiga tahun.

Dalam prosesnya, sang pemain mampu tampil sebanyak 69 pertandingan dan mencetak 2 gol serta 7 assists. Sayangnya, Petit gagal meraih satu pun gelar juara bersama The Blues. Pada tahun terakhirnya, Petit mendapat cedera yang parah sehingga lebih sering menonton pertandingan daripada main di atas lapangan.

 

Nama besar ternyata tidak menjamin pemain Prancis mampu tampil apik di Stamford Bridge. Chelsea hanya memiliki satu pemain asal Prancis di skuadnya saat ini, yaitu N’Golo Kante.

Baca Juga: 7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya