Comscore Tracker

5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo

Greatest of All Time!

Rivalitas antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah tercipta cukup lama. Bahkan, kedua pemain tersebut sering kali bertemu ketika CR7 bergabung dengan Real Madrid. Kedua megabintang itu sudah mendominasi dunia sepak bola kurang lebih selama satu dekade terakhir. Mereka sama-sama memiliki torehan trofi yang sangat baik bersama klubnya masing-masing.

Kini Messi dan Ronaldo sama-sama berada dalam periode akhir kariernya. Selama berkiprah di dunia sepak bola, ada sejumlah rekor Messi yang sepertinya bakal sulit untuk dipecahkan oleh Ronaldo. Rekor apa saja? Berikut ulasannya!

1. Peraih sepatu emas Eropa terbanyak 

5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano RonaldoLionel Messi ketika meraih sepatu emas Eropa. (goal.com)

Sepatu emas Eropa merupakan penghargaan individu yang diberikan kepada pemain yang mampu menciptakan gol terbanyak dalam satu musim. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sama-sama pernah meraih penghargaan itu. Akan tetapi, torehan La Pulga sangat unggul jauh dari CR7.

Pemain asal Argentina itu sudah memenangi total 6 kali. Di sisi lain, Ronaldo baru meraihnya sebanyak 3 kali. Dengan usia Ronaldo yang sudah 36 tahun, catatan Messi sepertinya mustahil untuk dilewati.

2. Meraih penghargaan Ballon d’Or secara berturut-turut 

5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano RonaldoLionel Messi ketika meraih penghargaan Ballon d'Or tahun 2019. (theweek.co.uk)

Sampai saat ini Messi masih menjadi pesepak bola dengan raihan Ballon d’Or terbanyak. Pemain berusia 33 tahun itu sudah mengoleksi total 6 kali. Catatan tersebut membuat Messi berhasil mengungguli pesaing abadinya, Ronaldo.

Ronaldo sendiri hanya terpaut satu bola emas dari Messi. Namun, tidak hanya itu, La Pulga juga menjadi pemain pertama yang mampu meraih penghargaan Ballon d’Or selama 4 tahun berturut-turut. Ia menorehkan catatan impresif tersebut sejak tahun 2009 hingga 2012.

Baca Juga: Lionel Messi dan Obat Penahan Sakit Barcelona

3. Pencetak gol terbanyak untuk satu klub 

5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano RonaldoLionel Messi. (eurosport.com)

Lionel Messi mulai melakukan debutnya di tim utama Barcelona pada tahun 2004. Sejauh ini ia sudah mengoleksi 672 gol serta 305 assist dari 778 pertandingan bersama klubnya tersebut. Catatan itu membuat La Pulga menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak untuk satu klub.

Messi juga berhasil mengalahkan legenda sepak bola Brasil, Pele, yang mencetak 643 gol bersama Santos. Di sisi lain, Ronaldo mencatatkan gol terbanyak ketika membela Real Madrid. Bintang Portugal itu mampu menciptakan 450 gol dari 438 pertandingan.

4. Mencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender 

5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano RonaldoLionel Messi bermain bersama Barcelona pada tahun 2012. (bleacherreport.com)

Pada tahun 2012, Lionel Messi tampil sangat sensasional. Ketika itu, sang pemain mampu menciptakan total 91 gol untuk Barcelona dan Timnas Argentina. Catatan tersebut membuat La Pulga menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender sampai saat ini.

Messi berhasil melewati catatan Gerd Muller yang membukukan 85 gol pada tahun 1972. Di samping itu, Ronaldo terakhir kali menciptakan banyak gol dalam satu tahun kalender pada tahun 2017. Saat itu ia mampu mengoleksi 50 gol bersama Real Madrid dan Portugal. Jika melihat umurnya, Ronaldo sepertinya cukup sulit untuk memecahkan rekor dari Messi tersebut.

5. Meraih Ballon d’Or terbanyak 

5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano RonaldoLionel Messi telah meraih enam kali penghargaan Ballon d'Or. (fcbarcelona.com)

Walau sudah tidak lagi muda, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih dijagokan untuk meraih penghargaan Ballon d’Or tahun ini. La Pulga terakhir kali meraih penghargaan tersebut pada tahun 2019. Hal itu sekaligus membuat ia meraih total 6 kali gelar Ballon d’Or sepanjang kariernya.

Sementara itu, Ronaldo membuntuti di urutan kedua dengan torehan 5 gelar. CR7 terakhir kali memenangi penghargaan tersebut pada tahun 2017 ketika masih membela Real Madrid.

 

Kini kedua pemain tersebut sudah berada di ujung kariernya sebagai pesepak bola. Walau tak lagi muda, mereka tetap tampil impresif pada musim ini. Kira-kira, siapa yang bakal meneruskan mereka berdua sebagai pesepak bola bintang di masa depan?

Baca Juga: 5 Rekor Cristiano Ronaldo yang Mungkin Mustahil Dilakukan Lionel Messi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya