5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier League

Keputusan The Reds merekrut Salah adalah pilihan tepat

Mohamed Salah bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada 2017. Pemain asal Mesir itu digaet dengan nominal cukup besar, yakni 42 juta euro atau Rp641 miliar.

Keputusan The Reds memboyong Salah ke Anfield terbukti menjadi pilihan yang tepat. Sang pemain membantu tim meraih banyak sekali gelar juara, mulai dari English Premier League (EPL), Liga Champions Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub.

Salah juga berhasil membukukan sejumlah rekor individu. Inilah rekor Mohamed Salah selama bermain di Premier League.

1. Mencetak gol terbanyak dalam 1 musim ke gawang Manchester United

5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier LeagueMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Mohamed Salah tampil luar biasa pada 2021/2022. Pemain kidal ini berhasil menorehkan total 23 gol di Premier League. Catatan tersebut membuat Salah meraih penghargaan Sepatu Emas bersama Son Heung Min.

Salah satu tim yang merasakan keganasan Salah adalah rival Liverpool, Manchester United. Salah sukses membukukan hattrick saat melawan Setan Merah di Old Trafford. Sedangkan, di Anfield, ia mampu menorehkan dua gol ke gawang Manchester United.

Jika ditotal, Salah berhasil mencetak lima gol ke gawang Manchester United di Premier League pada 2021/2022. Torehan itu melampaui catatan legenda Liverpool, Robbie Fowler, yang pernah membobol gawang Setan Merah sebanyak 4 kali dalam 1 musim.

2. Penghargaan Player of the Month terbanyak dalam 1 musim

5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier LeagueMohamed Salah meraih penghargaan pemain terbaik Oktober 2021. (twitter.com/LFC)

Mohamed Salah menjadi salah satu nama yang kerap mendapatkan Player of the Month. Bahkan, pada musim debutnya bersama Liverpool, ia berhasil memenangi penghargaan tersebut sebanyak tiga kali.

Dalam sejarah Premier League, tidak ada yang mampu meraih penghargaan tersebut lebih dari dua kali selain Mohamed Salah. Hal itu menunjukkan betapa hebatnya Salah pada 2017/2018.

Baca Juga: Mohamed Salah Ternyata Nyaris Pulang ke Chelsea

3. Menjadi pemain non-Eropa yang terlibat dalam terciptanya seratus gol dengan laga paling sedikit

5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier LeagueMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Mohamed Salah dikenal sebagai pemain yang produktif selama berseragam Liverpool. Sejauh ini, ia telah membukukan 157 gol serta 64 assist dari 255 laga bersama The Reds. Menariknya, 100 keterlibatan gol pertamanya dibukukan hanya dalam 116 pertandingan Premier League.

Apabila dihitung secara persentase, ia menciptakan kontribusi 0,82 gol tiap laganya. Itu menjadikan Salah sebagai pemain non-Eropa yang terlibat dalam terciptanya seratus gol dengan laga paling sedikit.

Sebelum dipecahkan Salah, rekor tersebut dipegang legenda Manchester City, Sergio Aguero. Pemain asal Argentina itu terlibat dalam 100 gol dalam 118 penampilan.

4. Pemain Afrika dengan torehan gol terbaik di Premier League 

5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier LeagueMohamed Salah beraksi dalam pertandingan Liverpool melawan Norwich City di Premier League. (twitter.com/MoSalah)

Mohamed Salah sudah tampil di Premier League sebanyak 193 kali. Dari seluruh pertandingan itu, ia sukses menorehkan 120 gol serta 52 assist. Torehan itu dibuat sang pemain dengan membela dua klub berbeda, yakni Liverpool dan Chelsea.

Catatan tersebut membuat Salah menjadi pemain Afrika paling produktif dalam sejarah Premier League. Ia berhasil melampaui torehan Didier Drogba yang mencetak 104 gol di kasta tertinggi Inggris tersebut.

5. Mencetak gol terbanyak dalam 1 musim di Premier League

5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier LeagueMohamed Salah (twitter.com/LFC)

Mohamed Salah sudah membela Liverpool selama 5 musim. Musim 2017/2018 bisa dibilang sebagai momen terbaik sang pemain kala berseragam The Reds. Ia berhasil mencetak 32 gol dari 36 pertandingan di Premier League saat itu.

Torehan tersebut membuat Salah memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam 1 musim di kasta tertinggi Inggris. Sebelumnya, rekor itu dipegang Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo, yang sama-sama mencetak 31 gol dalam 1 musim. Jika melihat kondisi saat ini, rekor Salah sepertinya sulit untuk dipecahkan dalam waktu dekat.

Mohamed Salah baru saja memperpanjang kontraknya di Anfield pada awal Juli 2022 lalu. Kini, pemain berusia 30 tahun itu akan membela Liverpool hingga 2025. Dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin Salah lebih banyak mencatatkan rekor individu bersama The Reds.

Baca Juga: Segini Gaji Baru Mohamed Salah di Liverpool, Masuk Jajaran Tertinggi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya