Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022

La Pulga sudah menciptakan banyak catatan apik

Lionel Messi kembali menunjukkan kualitasnya saat Argentina menang 2-1 atas Australia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB. Dia sukses menyumbang sebiji gol pada laga ke-1000 sepanjang kariernya itu, sekaligus membawa La Albiceleste melenggang ke perempat final Piala Dunia 2022.

Messi juga berhasil memecahkan beberapa rekor impresif setelah pertandingan lawan Australia. Salah satu rekor ciamiknya adalah meraih penghargaan Man of the Match terbanyak dalam sejarah Piala Dunia, yakni delapan kali.

Walau sudah memecahkan beberapa rekor, La Pulga masih berpotensi mencetak sejumlah rekor. Setidaknya, ada lima rekor yang masih bisa diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022.

1. Penampilan terbanyak di Piala Dunia 

Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/Argentina)

Penampilan terbanyak di Piala Dunia sampai saat ini dipegang oleh legenda Jerman, Lothar Matthaus. Dia bermain di turnamen 4 tahunan itu sebanyak 25 kali pada edisi 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998.

Sementara itu, Lionel Messi sekarang telah tampil di pentas Piala Dunia sebanyak 23 kali. Jika ingin menyamai rekor Matthaus, maka La Pulga setidaknya harus bisa membawa Argentina melaju hingga ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Apabila mengantarkan negaranya sampai pertandingan final, Messi akan mencatatkan rekor baru.

2. Kapten Timnas Argentina 

Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/Argentina)

Dari 23 pertandingan di Piala Dunia itu, Lionel Messi dipercaya menjadi kapten Timnas Argentina sebanyak 14 kali. Messi hanya terpaut dua penampilan lagi dari rekor kapten terbanyak sepanjang sejarah La Albiceleste yang dipegang Diego Maradona.

Lagi-lagi, jika Argentina tampil tangguh, maka Messi akan menyamai rekor Maradona itu pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2022. Apabila sampai laga final, dia akan membuat sejarah baru.

Baca Juga: Awas Belanda! Lionel Messi Tak Pernah Kalah Lawan Kalian

3. Gol terbanyak Timnas Argentina di Piala Dunia 

Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Australia merupakan gol kesembilannya di ajang Piala Dunia. Dia membutuhkan 23 pertandingan untuk bisa menciptakan catatan tersebut.

Dengan torehan itu, Messi kini hanya terpaut satu gol dari Gabriel Batistuta (10) yang berstatus pencetak gol terbanyak Timnas Argentina di Piala Dunia. Mengingat kualitasnya yang hebat, La Pulga sangat mungkin melewati torehan Batistuta dalam waktu dekat.

4. Assist terbanyak Timnas Argentina di Piala Dunia 

Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/Argentina)

Selain mencetak 9 gol, Lionel Messi juga telah membukukan 6 assist di pentas Piala Dunia. Torehan itu hanya terpaut dua assist dari rekor pembuat assist terbanyak sepanjang masa Timnas Argentina, Diego Maradona.

La Pulga sendiri baru menciptakan satu assist sepanjang Piala Dunia 2022. Momen itu tercipta saat Argentina menang 2-0 dari Meksiko, Minggu (27/11/2022). Jika Argentina mampu melaju hingga partai final, maka ada kemungkinan Messi bakal menuliskan namanya di buku sejarah sepak bola Argentina.

5. Top skor sepanjang sejarah Piala Dunia 

Rekor-Rekor yang Masih Bisa Diukir Lionel Messi di Piala Dunia 2022Lionel Messi (twitter.com/Argentina)

Top skor sepanjang sejarah Piala Dunia saat ini dipegang oleh legenda Jerman, Miroslav Klose. Mantan striker Bayern Munich itu mengemas 16 gol dari 24 pertandingan.

Sementara itu, Messi saat ini telah mencetak 9 gol di ajang 4 tahunan itu. Dengan demikian, ia membutuhkan setidaknya tujuh gol lagi untuk menyamai rekor Klose.

Ini jelas merupakan rekor yang sulit dipecahkan Messi. Namun, hal itu bukan mustahil bisa dipatahkan sang pemain.

Rekor-rekor itu bisa tercipta jika Lionel Messi tampil konsisten di sisa turnamen Piala Dunia 2022. Kira-kira rekor mana saja yang bakal dipecahkan La Pulga?

Baca Juga: 10 Inspirasi Menu Diet ala Lionel Messi yang Bisa Kamu Tiru 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya