Comscore Tracker

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!

Ada yang hanya membela Manchester City selama semusim

Manchester City merupakan salah satu tim yang sangat disegani di kompetisi Premier League. Sejak diakuisisi Sheikh Mansour, The Citizens cukup sering mendatangkan pemain-pemain berkualitas dari klub Eropa. Salah satu kompetisi yang beberapa kali pemainnya digaet oleh Manchester City adalah Bundesliga.

Manchester City memilih Bundesliga tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, kompetisi tertinggi di Jerman itu selalu mengorbitkan pemain-pemain muda potensial. Berikut ini 6 pemain Bundesliga yang dibeli Manchester City dengan biaya yang mahal.

1. Kevin De Bruyne – 76 Juta Euro

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!skysports.com

Manchester City memboyong Kevin De Bruyne dari VfL Wolfsburg pada musim panas 2015. Ketika itu pemain asal Belgia ini digaet dengan biaya sebesar 76 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Nilai tersebut menjadikan sang pemain sebagai rekrutan termahal Manchester City sepanjang sejarah.

Harga yang mahal itu bisa dibilang sebanding dengan kualitas yang dimiliki De Bruyne. Gelandang berusia 29 tahun ini selalu menjadi andalan Pep Guardiola di lini tengah. Bahkan, musim lalu ia sukses menciptakan 20 assist di ajang Premier League. Selama membela Manchester City, sang pemain telah memenangi 8 gelar, termasuk 2 trofi Premier League.

2. Leroy Sane – 52 Juta Euro

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!bleacherreport.com

Leroy Sane didatangkan ke Etihad Stadium dari Schalke 04 pada musim panas 2016. Ia dibeli dengan biaya sebesar 52 juta euro atau setara Rp878 miliar. Saat itu, usia sang pemain masih sangat muda, yakni 20 tahun. Walau usianya masih muda, ia sudah mendapatkan tempat tersendiri di bawah asuhan Guardiola.

Sayangnya, masalah cedera membuat Sane cukup sering tersisihkan dari tim reguler. Pada musim panas 2020, ia memilih hengkang ke Bayern Munchen dengan harga 45 juta euro atau setara Rp760 miliar. Selama berseragam The Citizens, pemain Jerman berdarah Senegal ini sudah menciptakan 39 gol dan 45 assist dari 135 pertandingan di berbagai ajang.

Baca Juga: Leroy Sane Bocorkan Transfer Kai Havertz ke Chelsea?

3. Edin Dzeko – 37 Juta Euro

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!manchestereveningnews.co.uk

Sebelum mendatangkan De Bruyne dari VfL Wolfsburg, Manchester City sudah terlebih dulu merekrut Edin Dzeko dari klub asal Jerman tersebut. Pemain asal Bosnia ini dibeli dengan biaya sebesar 37 juta euro atau setara Rp625 miliar pada musim dingin 2011. Selama 4,5 tahun membela Manchester City, ia sukses membukukan 72 gol dan 39 assist dari 189 pertandingan di semua kompetisi.

Selain itu, Dzeko juga memenangi 5 trofi bersama Manchester Biru, termasuk 2 gelar Premier League. Pada Agustus 2015, ia dipinjamkan ke AS Roma sebelum akhirnya dipermanenkan. Meski sudah tidak lagi muda, Dzeko saat ini tetap menjadi andalan di lini depan AS Roma.

4. Ilkay Gundogan – 27 Juta Euro

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!premierleague.com

Ilkay Gundogan merupakan rekrutan pertama Pep Guardiola saat menukangi Manchester City. Pemain asal Jerman ini dibeli dari Borussia Dortmund pada musim panas 2016. Ia digaet dengan biaya sebesar 27 juta euro atau setara dengan Rp456 miliar. Sejauh ini, peran sang pemain di lini tengah Manchester City tak tergantikan.

Bahkan, Gundogan berhasil menciptakan 11 gol dalam 12 pertandingan terakhir di Premier League musim ini. Catatan tersebut tentu sangat bagus bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang. Ia juga ikut mengantarkan timnya berada di puncak klasemen Premier League dengan koleksi 56 poin dari 24 laga. Manchester City sendiri unggul 10 poin dari rival terdekat, Manchester United.

5. Nigel de Jong – 18 Juta Euro

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!eurosport.com

Nigel de Jong membela Manchester City selama 3,5 musim dari Januari 2009 hingga Agustus 2012. Gelandang asal Belanda itu didatangkan Manchester City dari Hamburger SV dengan biaya 18 juta euro atau setara Rp304 miliar. Awalnya, de Jong selalu diandalkan untuk bermain di lini tengah.

Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai kehilangan tempat karena Manchester City saat itu juga jor-joran dalam mendatangkan pemain baru. Selama di Etihad Stadium, de Jong berhasil mencatatkan 137 pertandingan di berbagai kompetisi. Ia juga berhasil memenangi 1 trofi Premier League, 1 gelar Piala FA, dan 1 trofi Community Shield.

6. Jerome Boateng – 12,5 Juta Euro

6 Rekrutan Mahal Manchester City dari Tim Bundesliga, Ada Gundogan!statcity.co.uk

Saat ini, Jerome Boateng memang dikenal sebagai bek andalan Bayern Munchen. Namun, sebelum bergabung dengan raksasa Bundesliga itu, ia pernah bermain bersama Manchester City di ajang Premier League. Boateng ketika itu didatangkan The Citizens dari Hamburger SV pada musim panas 2010.

Bek yang saat ini berusia 32 tahun itu dibeli dengan biaya sebesar 12,5 juta euro atau setara Rp211 miliar. Secara total, ia hanya mencatatkan 24 penampilan selama membela Manchester City. Hanya bertahan semusim, Boateng kemudian melanjutkan kariernya bersama Bayern Munchen. Salah satu alasan Boateng memilih hengkang ke Bayern Munchen karena ia ingin bermain di posisi bek tengah, bukan di posisi bek kanan seperti di Manchester City.

 

Kini hanya menyisakan De Bruyne dan Gundogan yang masih membela Manchester City. Dari keenam nama tersebut, menurutmu siapa rekrutan terbaik The Citizens?

Baca Juga: Perbaiki Lini Pertahanan, Arsenal Bakal Datangkan Jerome Boateng

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya