8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpool

Bagaimana kiprah mereka?

Musim 2004/2005 menjadi salah satu tahun terbaik Liverpool di era modern. Pada tahun tersebut The Reds menunjuk pelatih baru, yakni Rafael Benitez. Pria asal Spanyol itu didatangkan ke Anfield setelah meraih kesuksesan bersama Valencia. Ketika itu ia menggantikan Gerard Houllier.

Pada musim pertamanya, Benitez memang tak mampu membawa Liverpool juara Premier League. Meski demikian, sang pelatih berhasil mengantarkan The Reds juara Liga Champions. Di musim tersebut, Benitez memboyong delapan pemain baru. Apakah mereka semua memberikan dampak yang baik untuk Liverpool? Berikut ulasannya!

1. Djibril Cisse 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolgoal.com

Liverpool mendatangkan Djibril Cisse dari klub Prancis, AJ Auxerre, pada musim panas 2004. Saat itu ia digaet dengan biaya sebesar 20 juta euro atau setara dengan Rp351 miliar. Sayangnya, setelah bergabung dengan Liverpool, karier sang pemain justru diganggu oleh cedera.

Di musim debutnya, Cisse hanya tampil sebanyak 25 kali dan mencetak 5 gol. Penyerang asal Prancis tersebut tercatat hanya membela Liverpool selama dua musim. Dari 79 pertandingan di semua kompetisi, ia berhasil membukukan 24 gol. Kemudian, ia dilepas ke Marseille pada musim panas 2006.

2. Xabi Alonso 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolgoal.com

Pemain yang beroperasi sebagai gelandang ini didatangkan oleh Liverpool dari Real Sociedad pada musim panas 2004. Ketika itu Xabi Alonso diboyong dengan biaya sebesar 16 juta euro atau setara dengan Rp280 miliar. Bersama Liverpool, sang pemain menjelma salah satu gelandang terbaik di Inggris.

Alonso berhasil mencatatkan 3 gol dan 5 assist dalam 32 pertandingan debutnya di Anfield. Salah satu golnya tercipta saat berjumpa AC Milan di partai final Liga Champions. Total ia menghabiskan 5 musim bersama Liverpool sebelum hengkang ke Real Madrid tahun 2009.

Baca Juga: Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester City

3. Fernando Morientes 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolthisisanfield.com

Fernando Morientes bergabung dengan Liverpool pada pertengahan musim 2004/2005. Pria asal Spanyol ini direkrut dari Real Madrid dengan harga senilai 9,25 juta euro atau setara dengan Rp162 miliar. Akan tetapi, kepindahan sang pemain saat itu tak sesuai dengan harapan.

Pasalnya, ia hanya mampu mengoleksi 12 gol dalam 1,5 musim. Meski demikian, Morientes berhasil memenangkan gelar Piala FA dan Liga Champions bersama The Reds. Ia melanjutkan kariernya bersama Valencia pada 2006.

4. Luis García 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolliverpoolfc.com

Liverpool memboyong Luis García dari Barcelona pada bursa transfer musim panas 2004. Pemain berpaspor Spanyol ini dibeli dengan biaya sebesar 9 juta euro atau setara dengan Rp157 miliar. Ia bisa dibilang sebagai salah satu pemain kunci Liverpool dalam memenangi trofi Liga Champions.

Garcia berhasil membukukan 5 gol di ajang tertinggi Eropa saat itu. Selama 3 musim di Anfield, sang pemain secara keseluruhan berhasil mencetak 30 gol dari 121 pertandingan. Garcia melanjutkan kariernya di Atletico Madrid pada musim panas 2007.

5. Josemi 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolbleacherreport.com

Untuk memperkuat lini pertahanan, Benitez memutuskan mendatangkan Josemi dari Malaga. Pemain asal Spanyol ini didatangkan dengan biaya yang sangat murah, yakni 3 juta euro atau setara Rp52 miliar. Namun, ia tidak menjadi bek pilihan utama pada saat itu.

Josemi tercatat hanya tampil 15 kali pada musim debutnya bersama Liverpool. Ia juga tak bertahan lama di Anfield karena memilih hengkang ke Villarreal pada Januari 2006. Selama memperkuat The Reds, sang pemain hanya mencatatkan 35 pertandingan di semua kompetisi.

6. Scott Carson 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolliverpoolecho.co.uk

Liverpool mendatangkan Scott Carson dari Leeds United pada bursa transfer musim dingin 2015. Saat itu ia digaet dengan biaya sebesar 1,5 juta euro atau setara dengan Rp26 miliar. Sayangnya, ia sangat jarang ditampilkan oleh Benitez dan lebih sering duduk di bangku cadangan.

Carson juga sempat beberapa kali dipinjamkan ke sejumlah tim, seperti Sheffield Wednesday, Charlton Athletic, dan Aston Villa. Tak kunjung tampil baik, sang pemain kemudian dilepas ke West Brom pada tahun 2008. Selama memperkuat Liverpool, ia hanya tampil sebanyak 9 kali.

7. Mauricio Pellegrino 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpoolliverpoolfc.com

Mauricio Pellegrino bergabung dengan The Reds pada bursa transfer musim dingin 2005. Pemain asal Argentina tersebut ketika itu didatangkan secara gratis dari Valencia. Ia hanya mendapatkan kontrak jangka pendek selama 6 bulan.

Selama waktunya yang singkat itu, Pellegrino hanya tampil 13 kali dengan Liverpool. Karena tampil tak sesuai ekspektasi, ia akhirnya tidak diberi kontrak baru oleh manajemen klub. Ia dilepas secara gratis ke klub Spanyol, Deportivo Alaves.

8. Antonio Nunez 

8 Rekrutan Rafael Benitez di Musim Pertamanya Menangani Liverpooltribuna.com

Antonio Nunez datang ke Anfield pada bursa transfer musim panas 2004. Saat itu ia bergabung dengan Liverpool karena menjadi bagian kesepakatan transfer dari Michael Owen yang pergi ke Real Madrid. Sayangnya, Nunez tak memberikan banyak sumbangsih untuk Liverpool.

Ia hanya membukukan 1 gol dan 1 assist dalam 27 pertandingan bersama The Reds. Hanya bertahan satu musim, Nunez kembali lagi ke Spanyol dengan bergabung bersama Celta Vigo pada 2005.

 

Musim 2004/2005 memang sangat bersejarah bagi Liverpool karena berhasil memenangi trofi Liga Champions kelima. Dari nama-nama tersebut, siapa rekrutan terbaik Rafael Benitez di musim perdananya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Harus Meninggalkan Liverpool untuk Selamatkan Kariernya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya