5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Bawah Kepemimpinan Joan Laporta

Ronaldinho salah satunya

Beberapa hari yang lalu, Joan Laporta kembali terpilih sebagai Presiden Barcelona. Pria yang saat ini berusia 58 tahun itu sukses mengalahkan dua pesaingnya, Tony Freixa dan Victor Font. Laporta berhasil menang setelah mendapatkan 54,28% suara dari 30.184 anggota tim.

Laporta sebelumnya sudah pernah menjadi Presiden Barcelona selama 7 tahun sejak 2003 hingga 2010. Selain meraih banyak kesuksesan saat itu, Blaugrana  juga melakukan sejumlah pembelian sukses. Berikut ini 5 rekrutan terbaik Barcelona di bawah kepemimpinan Joan Laporta.

1. Deco (2004--2008)

5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Bawah Kepemimpinan Joan Laportagoal.com

Performa apik yang ditunjukkan Deco bersama FC Porto membuat Barcelona jatuh hati. Alhasil, pemain asal Portugal itu didatangkan ke Camp Nou pada musim panas 2004. Bersama Ronaldinho, ia berhasil membantu tim mengakhiri lima tahun perjalanan tanpa gelar. Mereka berhasil memenangi LaLiga pada tahun 2005.

Penampilan apik yang diperlihatkan oleh Deco pada saat itu membuatnya dinobatkan sebagai gelandang terbaik UEFA. Sang pemain juga membantu Blaugrana memenangi Piala Dunia Antarklub pada tahun 2006 dan ia dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen tersebut. Pada musim panas 2008, Deco memilih hengkang dan bergabung bersama Chelsea.

2. Samuel Eto'o (2004--2009)

5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Bawah Kepemimpinan Joan Laportafcbarcelona.com

Barcelona memboyong Samuel Eto’o dari RCD Mallorca pada musim panas 2004. Selama di Camp Nou, sang pemain berhasil menjadi pencetak gol andalan di lini depan. Kehadiran Ronaldinho, Deco, dan Lionel Messi di lini kedua juga membuat suplai bola berjalan lancar.

Selama 5 musim bersama Barcelona, Eto’o berhasil menciptakan 130 gol dan 40 assist dari 199 pertandingan di berbagai ajang. Sementara itu, ia sukses mempersembahkan 8 trofi, termasuk 2 gelar Liga Champions. Pada musim panas 2009, sang pemain secara tidak terduga dijual ke Inter Milan.

Baca Juga: 10 Pemain yang Ternyata Pernah Membela Real Madrid, Ada Eto'o

3. Dani Alves (2008--2016)

5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Bawah Kepemimpinan Joan Laportableacherreport.com

Dani Alves direkrut oleh Barcelona dari Sevilla pada musim panas 2008. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu merupakan pembelian pertama saat tim dinakhodai oleh Pep Guardiola. Saking berartinya sosok Alves, ia bisa dibilang sebagai pemain terpenting Guardiola kedua setelah Lionel Messi.

Pemain asal Brasil itu juga ikut andil dalam mempersembahkan banyak gelar bergengsi bagi Barcelona. Dani Alves sendiri saat ini adalah pemain dengan trofi terbanyak dalam sejarah sepak bola dengan 23 trofi datang saat berseragam Blaugrana.

4. Gerard Pique (2008--sekarang)

5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Bawah Kepemimpinan Joan Laportaeverythingbarca.com

Tidak seperti ketiga pemain di atas, Gerard Pique memulai karier sepak bolanya bersama akademi Barcelona. Saat masih bermain di La Masia, ia pernah bekerja sama dengan Lionel Messi dan Cesc Fabregas. Sebelum promosi ke skuad utama, Pique terlebih dulu diboyong oleh Manchester United pada musim panas 2004.

Karena kesulitan mendapatkan tempat reguler, Pique memilih kembali ke Barcelona pada musim panas 2008. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 558 pertandingan dan menciptakan 50 gol dan 13 assist. Meski usianya sudah tidak lagi muda, 34 tahun, sang pemain tetap menjadi salah satu sosok penting di lini pertahanan Barcelona.

5. Ronaldinho (2003--2008)

5 Rekrutan Terbaik Barcelona di Bawah Kepemimpinan Joan Laportagoal.com

Kedatangan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2003 merupakan bagian penting dari kepemimpinan Laporta. Sebelum mendatangkan gelandang asal Brasil itu, Laporta sempat mengincar David Beckham dari Manchester United. Namun, Beckham saat itu lebih memilih bergabung dengan Real Madrid dibandingkan Barcelona.

Meski demikian, keputusan Barcelona membeli Ronaldinho sangatlah tepat. Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu berhasil membuat Barcelona bangkit setelah terpuruk dalam lima tahun terakhir. Dari 207 pertandingan di berbagai ajang, ia mampu menciptakan 94 gol dan 71 assist. Ronaldinho juga mempersembahkan 5 gelar bergengsi selama waktunya di Camp Nou. Tidak berhenti sampai di situ, sang pemain juga sukses memenangi gelar Ballon d’Or pada tahun 2005.

 

Nah, itulah 5 rekrutan terbaik Barcelona di bawah kepemimpinan Joan Laporta. Kini, kehadiran pria berusia 58 tahun itu diharapkan mampu membawa Barcelona kembali berjaya. Terlepas dari semua itu, siapa pemain idolamu dari kelima nama di atas?

Baca Juga: 10 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa, Zidane Hingga Ronaldinho 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya