5 Rekrutan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin Januari

Apakah harga mahalnya sebanding dengan kontribusi? 

Bursa transfer musim dingin selalu menjadi momentum untuk klub-klub Eropa memperbaiki skuat. Transfer yang dilaksanakan pada bulan Januari tersebut biasanya tidak terlalu melibatkan dana yang besar seperti bursa transfer musim panas.

Meski demikian, tetap ada transfer yang mengejutkan dan berhasil mencuri perhatian, termasuk yang dilakukan oleh klub papan atas Premier League, Chelsea. Tim yang memiliki julukan The Blues ini beberapa kali mendatangkan pemain pada transfer musim dingin dengan biaya yang lumayan mahal.

Ada yang tergolong cukup sukses, tapi ada juga yang minim kontribusi. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Christian Pulisic – 64 juta euro 

5 Rekrutan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin Januarimetro.co.uk/Getty Images

Chelsea memboyong Christian Pulisic dari Borussia Dortmund pada Januari 2019. Saat itu, ia digaet dengan biaya 64 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

Namun, sang pemain kembali dipinjamkan ke Dortmund dan baru bergabung dengan Chelsea pada Juni 2019. Pulisic digadang-gadang akan menjadi suksesor Eden Hazard yang memilih pindah ke Real Madrid.

Sejauh ini, ia masih kesulitan menemukan permainan terbaiknya bersama Chelsea. Tercatat, sang pemain baru menciptakan 13 gol dan 10 assist dari 47 pertandingan di semua ajang.

2. Fernando Torres – 58,5 juta euro 

5 Rekrutan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin Januarisportsmole.co.uk/© PA Photos

Performa impresif yang ditunjukkan Fernando Torres bersama Liverpool membuat Chelsea kepincut. Alhasil, ia digaet dengan biaya 58,5 juta euro atau sekitar Rp1 triliun Pada akhir Januari 2011.

Selama berkostum Chelsea, penampilan penyerang asal Spanyol itu bisa dibilang cukup mengecewakan. Ia hanya mampu menciptakan 45 gol dan 35 assist dari 172 pertandingan di semua kompetisi.

Hanya bertahan 2,5 tahun, Torres kemudian dipinjamkan ke AC Milan pada musim panas 2014, sebelum akhirnya dipermanenkan pada Januari 2015 dengan biaya 1 juta euro.

Baca Juga: Gagal Bersinar, Ini 5 Transfer Terburuk Chelsea Sepanjang Masa

3. Juan Cuadrado – 31 juta euro 

5 Rekrutan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin Januarigoal.com

Siapa sangka, Juan Cuadrado ternyata pernah bermain dengan Chelsea selama setengah musim. Ia digaet dari Fiorentina pada musim dingin 2015 dengan biaya 31 juta euro atau sekitar Rp535 miliar. Sebenarnya, pemain asal Kolombia itu diikat kontrak Chelsea selama 4,5 tahun.

Namun, ia hanya bermain selama enam bulan dan kemudian dipinjamkan ke Juventus selama dua musim, sebelum akhirnya dipermanenkan oleh Bianconeri. Selama bermain untuk Chelsea, Cuadrado hanya mencatatkan satu assist dari 15 pertandingan.

4. Nemanja Matic – 25 juta euro 

5 Rekrutan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin Januariexpress.co.uk/Getty

Sempat dibeli dan lalu dijual, Nemanja Matic kembali diboyong Chelsea kembali pada musim dingin 2014. Pemain asal Serbia itu digaet dengan biaya 25 juta euro atau sekitar Rp431 miliar dari Benfica.

Di periode keduanya tersebut, ia mampu tampil apik dan tak tergantikan perannya sebagai gelandang bertahan. Penampilan apiknya tersebut membuat Manchester United merekrutnya pada musim panas 2017. Selama membela Chelsea, Matic berhasil memenangi lima gelar di kancah domestik.

5. David Luiz – 25 juta euro 

5 Rekrutan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin Januarigoal.com/Getty Images

Sebelum membeli Matic dari Benfica, Chelsea terlebih dulu mendatangkan David Luiz dari klub asal Portugal tersebut. Pemain asal Brasil ini digaet dengan biaya 25 juta euro atau sekitar Rp431 miliar pada musim dingin 2011.

Saat itu, umur David Luiz masih berusia 23 tahun. Penampilan yang menjanjikan Luiz bersama Chelsea membuat Paris Saint-Germain memboyongnya pada musim panas 2014.

Tak bertahan lama, sang pemain kembali lagi dibeli Chelsea pada tahun 2016. Selama bermain untuk Chelsea, ia berhasil mencatatkan 18 gol dan 12 assist dari 248 pertandingan.

 

Dari kelima pembelian tersebut, rekrutan Chelsea mana yang paling sukses pada bursa transfer musim dingin? Apakah Chelsea berpeluang melakukan transfer mahal lagi pada bursa transfer musim dingin Januari 2021?

Baca Juga: 10 Transfer Termahal Chelsea Saat Ini, Shevchenko hingga Havertz

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya