5 Rekrutan Termahal yang Pernah Dilakukan oleh Jurgen Klopp

Berkat tangan dingin Klopp, mereka berhasil tampil impresif

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Pria berpaspor Jerman itu sejauh ini baru melatih tiga tim Eropa, yakni Mainz, Borussia Dortmund, dan Liverpool. Bersama klub terakhir, karier kepelatihan Klopp semakin melejit karena berhasil memenangi sejumlah gelar bergengsi, seperti Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Di balik keberhasilannya itu, pelatih berusia 54 tahun ini juga dikenal sangat royal dalam urusan bursa transfer. Ia tercatat sudah mendatangkan cukup banyak pemain bintang di skuad Liverpool saat ini. Berikut lima rekrutan termahal yang pernah dilakukan oleh Jurgen Klopp.

1. Virgil van Dijk – 84,65 juta euro 

5 Rekrutan Termahal yang Pernah Dilakukan oleh Jurgen KloppVirgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Setelah sempat dikaitkan pada musim panas 2017, Liverpool akhirnya bisa mendatangkan Virgil van Dijk ke Anfield pada Januari 2018. Bek asal Belanda ini ketika itu direkrut dengan nominal senilai 84,65 juta euro atau setara Rp1,4 triliun dari Southampton. Harga tersebut sempat membuat van Dijk menjadi bek termahal sepanjang sejarah sepak bola.

Meski sempat diragukan, sang pemain berhasil membuktikan performa terbaiknya bersama Liverpool. Kehadirannya membuat lini pertahanan Liverpool jauh lebih solid. Bahkan, pada tahun 2019, ia berhasil duduk di urutan kedua dalam penghargaan Ballon d’Or. Setelah absen musim lalu, van Dijk kembali menunjukkan aksi terbaiknya bersama The Reds di musim ini.

2. Alisson Becker – 62,5 juta euro 

5 Rekrutan Termahal yang Pernah Dilakukan oleh Jurgen KloppAlisson Becker (skysports.com)

Kegagalan Liverpool meraih gelar Liga Champions tahun 2018 membuat Jurgen Klopp memutuskan untuk mendatangkan sosok penjaga gawang baru. Alisson Becker kemudian dipilih menjadi pengganti Loris Karius. Kiper asal Brasil tersebut dibeli oleh Liverpool dengan nominal sebesar 62,5 juta euro atau setara Rp1 triliun.

Keberadaan Alisson langsung memberikan dampak instan di lini pertahanan Liverpool. Bahkan, di musim debutnya, sang kiper mampu mencatatkan 27 clean sheet di semua kompetisi. Di samping itu, Alisson juga membentuk pemahaman yang sangat baik dengan empat bek di depannya. Musim lalu, Alisson sempat mencetak gol lewat sundulan ketika melawan West Brom Albion.

Baca Juga: Liverpool Pantau Suksesor Alisson, Prospek Masa Depan! 

3. Naby Keita – 60 juta euro 

5 Rekrutan Termahal yang Pernah Dilakukan oleh Jurgen KloppNaby Keita (skysports.com)

Naby Keita didatangkan oleh Jurgen Klopp dari RB Leipzig pada musim panas 2018. Gelandang asal Guinea ini ketika itu dibeli dengan harga sebesar 60 juta euro atau setara Rp1 triliun. Harga sang pemain bisa mahal karena Keita saat itu memiliki reputasi sebagai salah satu gelandang terbaik di kompetisi Bundesliga.

Namun, performa Keita sejauh ini belum terlalu menjanjikan bersama Liverpool. Pasalnya, ia tercatat lebih sering mengalami masalah cedera. Musim lalu, misalnya, sang pemain hanya tampil sebanyak 522 menit di ajang Premier League. Sementara di musim ini, Keita sudah tampil cukup baik dengan menciptakan 3 gol serta 1 assist dari 10 laga yang telah dilalui.

4. Fabinho – 45 juta euro 

5 Rekrutan Termahal yang Pernah Dilakukan oleh Jurgen KloppFabinho (teamtalk.com)

Fabinho merupakan bagian dari tim AS Monaco yang sukses memenangi trofi Ligue 1 pada musim 2016/2017. Karena kepincut dengan performa sang pemain, Jurgen Klopp memutuskan untuk membelinya pada musim panas 2018 dengan harga 45 juta euro atau setara Rp782 miliar. Fabinho memang membutuhkan waktu beradaptasi di kasta tertinggi Inggris tersebut.

Namun, setelah proses adaptasi itu selesai, gelandang asal Brasil ini terus tampil impresif bersama Liverpool di setiap musimnya. Dalam beberapa kesempatan, Fabinho juga dipercaya untuk tampil sebagai bek tengah oleh Klopp. Meski bukan posisi aslinya, Fabinho tetap mampu bermain bagus.

5. Diogo Jota – 44,7 juta euro 

5 Rekrutan Termahal yang Pernah Dilakukan oleh Jurgen KloppDiogo Jota (planetfootball.com)

Meski sudah memiliki trio lini depan yang sangat hebat, Jurgen Klopp masih membutuhkan sosok penyerang yang berkualitas. Akhirnya, pria asal Jerman ini memilih mendatangkan Diogo Jota dari Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2020. Pesepak bola berkebangsaan Portugal itu digaet oleh Liverpool dengan nominal senilai 44,7 juta euro atau setara Rp776 miliar.

Tak butuh waktu lama, Jota langsung mendapatkan posisi inti di skuad utama Liverpool. Musim lalu sang pemain tampil cukup impresif dengan membukukan 13 gol dari 30 pertandingan. Sementara di musim ini, pemain berusia 24 tahun itu sudah tampil sebanyak 12 kali dan sukses menciptakan 4 gol dan 2 assist. Jika melihat performanya itu, harga sang pemain cukup sepadan dengan kualitasnya sejauh ini.

 

Berkat kehadiran lima pemain tersebut, performa Liverpool semakin menjadi lebih baik lagi. Musim ini The Reds bahkan belum tersentuh kekalahan satu kalipun, baik di kompetisi domestik maupun Eropa. Apakah rekrutan termahal Klopp bakal kembali terpecahkan pada tahun depan?

Baca Juga: Jota Terbaik, 5 Pemain yang Pernah Berseragam Liverpool dan Porto

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya