Comscore Tracker

5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, Unik

Apa makna dari “SIUUU” dari selebrasi Ronaldo? 

Selebrasi sering kali digunakan oleh pesepak bola sebagai perayaan setelah mencetak gol. Ada banyak sekali selebrasi unik dan sangat menarik dalam sejarah sepak bola. Biasanya, setiap selebrasi memiliki makna tersendiri bagi pemain yang melakukannya.

Era saat ini selebrasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi yang paling menyedot perhatian. Sebab, kedua pemain itu kebetulan juga dianggap sebagai pesepak bola terbaik sepanjang sejarah. Termasuk mereka berdua, berikut ini lima selebrasi paling ikonik beserta maknanya.

1. Edinson Cavani - Pemanah 

5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, UnikEdinson Cavani (tribuna.com)

Edinson Cavani merupakan salah satu penyerang yang cukup produktif di kompetisi top Eropa. Kini pemain berusia 34 tahun itu membela raksasa Premier League, Manchester United. Setiap mencetak gol, ia kerap kali melakukan selebrasi ikonik, yaitu bak seorang pemanah.

Menurutnya, selebrasi tersebut memiliki sejarah yang sangat panjang. Panah yang dikeluarkan dan kemudian ditembakkan merupakan harapan untuk putrinya dan masyarakat adat di negaranya.

2. Luis Suarez - Tiga ciuman 

5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, UnikLuis Suarez (talksport.com)

Luis Suarez adalah rekan senegara Edinson Cavani di tim nasional Uruguay. Mantan pemain Barcelona ini juga memiliki selebrasi yang tak kalah ikonik. Usai mencetak gol ke gawang lawan, pemain berusia 34 tahun itu biasanya akan mencium jari-jari tangannya sebanyak tiga kali.

Hal tersebut dilakukan Suarez karena terdapat tato nama ketiga anaknya dalam pergelangan tangannya. Ia mencium jari manis untuk menghormati istrinya dan mencium lagi jarinya untuk ketiga anaknya, yakni Delfina, Lautaro, dan Benjamin.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Ini Mempunyai Tarian Selebrasi yang Sangat Ikonik

3. Kylian Mbappe - Dua tangan di dada 

5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, UnikKylian Mbappe (90min.com)

Kylian Mbappe sering dianggap sebagai penerus Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai bintang masa depan jika kedua bintang itu pensiun. Meski usianya masih tergolong sangat muda, 22 tahun, ia sudah menunjukkan kelasnya dengan mencetak banyak gol, baik untuk klub dan negara.

Mbappe sendiri memiliki selebrasi yang khas, yaitu meletakkan kedua tangan di depan dada. Menurut Mbappe, selebrasi tersebut tercipta ketika ia dan adiknya sedang bermain gim FIFA.

4. Lionel Messi - Dua jari ke langit 

5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, UnikLionel Messi (fcbarcelonanoticias.com)

Pemain asal Argentina ini sudah meraih semua gelar bergengsi selama waktunya di Barcelona. Usai mencetak gol, La Pulga selalu melakukan selebrasi dengan mengacungkan kedua jarinya ke atas langit.

Ternyata, Messi melakukan hal tersebut untuk menghormati neneknya yang biasa mengantarkan dirinya saat kecil ke pertandingan sepak bola. Sayangnya, nenek Messi tak bisa melihat seberapa jauh cucunya berkembang saat ini.

Di samping itu, Messi juga memiliki tugas berat pada musim ini karena harus membawa Paris Saint-Germain berjaya, khususnya di kompetisi Liga Champions.

5. Cristiano Ronaldo - SIUUU 

5 Selebrasi Paling Ikonik di Sepak Bola serta Maknanya, UnikCristiano Ronaldo (reuters.com)

Setiap kali mencetak gol, Cristiano Ronaldo bakal berlari ke pinggir lapangan dan melompat serta melakukan putaran di udara sembari meneriakkan “SIUUU”. Ronaldo mendapatkan ide dari selebrasi itu ketika masih bermain di Real Madrid.

Menurutnya, hampir semua orang Spanyol meneriakkan ‘Si’ (yang memiliki arti ‘Ya’) setiap tim mencetak gol. Ia pun langsung mengadopsi kata-kata itu dan kini menjadi salah satu yang paling ikonik di dunia sepak bola.

 

Itulah lima selebrasi paling ikonik di sepak bola. Ternyata ada makna-tertentu di baliknya. Selebrasi siapa yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 10 Selebrasi Paling Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya