5 Striker Afrika Berseragam Chelsea sebelum Aubameyang

Termasuk salah satu legenda terbaik Chelsea, Didier Drogba

Pierre-Emerick Aubameyang memutuskan kembali berkarier di kompetisi English Premier League (EPL) pada musim 2022/2023. Pemain asal Gabon itu bergabung dengan Chelsea setelah dibeli dari Barcelona seharga 12 juta euro atau Rp177 miliar.

Kehadiran Aubameyang menambah panjang daftar striker Afrika yang pernah bermain untuk The Blues. Sebelum Aubameyang, setidaknya ada lima striker Afrika yang pernah mengadu nasib di Stamford Bridge.

Termasuk Didier Drogba, berikut sederet striker Afrika Chelsea sebelum Aubameyang.

1. Derek Smethurst 

5 Striker Afrika Berseragam Chelsea sebelum AubameyangDerek Smethurst (chelseafc.com)

Derek Smethurst merupakan pemain Afrika Selatan pertama yang membela Chelsea. Ia menjadi bagian dari The Blues pada tahun 1968 usai direkrut dari Durban City. Smethurst memiliki karier yang cukup bagus di klub asal London Barat tersebut.

Ia turut membantu tim meraih gelar Piala Winners pada musim 1970/1971. Momen itu tercipta setelah Chelsea berhasil mengalahkan Real Madrid di partai final. Setelah berseragam Chelsea selama tiga tahun, Smethurst kemudian dilepas ke tim Inggris lain, Millwall, pada tahun 1971.

2. George Weah 

5 Striker Afrika Berseragam Chelsea sebelum AubameyangGeorge Weah (chelseafc.com)

George Weah bergabung dengan Chelsea saat umurnya tidak lagi muda, 34 tahun. Ketika itu, legenda asal Liberia ini telah melewati masa jayanya. Ia digaet ke Stamford Bridge dari AC Milan pada Januari 2000.

Weah tercatat hanya dipinjam selama 6 bulan. Dalam prosesnya, ia hanya menciptakan 5 gol dari 15 pertandingan di semua kompetisi. Karena performanya dianggap kurang memuaskan, Chelsea memutuskan untuk tidak memermanenkan sang pemain. Setelah musim berakhir, Weah memilih melanjutkan kariernya bersama tim Inggris lain, Manchester City.

Baca Juga: Kisah Didier Drogba, Legenda Chelsea yang Menghentikan Perang Saudara

3. Didier Drogba 

5 Striker Afrika Berseragam Chelsea sebelum AubameyangDidier Drogba (chelseafc.com)

Didier Drogba adalah salah satu legenda terbaik dalam sejarah Chelsea. Pria berpaspor Pantai Gading ini membela The Blues dalam dua kesempatan berbeda. Jika ditotal, ia bermain selama sembilan tahun di Stamford Bridge.

Drogba mampu mencetak 164 gol serta 86 assist dalam 381 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga turut memenangkan sejumlah gelar bergengsi bersama Chelsea, seperti trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Champions.

4. Samuel Eto'o 

5 Striker Afrika Berseragam Chelsea sebelum AubameyangSamuel Eto'o (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea merekrut Samuel Eto'o dari Anzhi Makhachkala pada bursa transfer musim panas 2013. Saat itu ia diboyong dengan status bebas transfer. Di Stamford Bridge, Eto’o kembali reuni dengan mantan pelatihnya di Inter Milan, Jose Mourinho.

Meski hanya semusim membela The Blues, Eto’o menunjukkan penampilan yang cukup oke lewat catatan 12 gol serta 7 assist dari 32 pertandingan di berbagai ajang. Eto’o kemudian hengkang ke Everton pada musim berikutnya setelah kontraknya tidak diperpanjang Chelsea.

5. Demba Ba 

5 Striker Afrika Berseragam Chelsea sebelum AubameyangDemba Ba (twitter.com/ChelseaFC)

Penampilan apik Demba Ba bersama Newcastle United membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, sang striker direkrut ke Stamford Bridge pada Januari 2013. Biaya sebesar 8,5 juta euro atau Rp126 miliar dikeluarkan The Blues untuk mendapatkan jasa pemain asal Senegal tersebut.

Ba tercatat hanya membela Chelsea selama 1,5 musim. Dalam waktu yang singkat itu, ia mampu menorehkan 14 gol serta 5 assist dari 51 pertandingan di semua ajang. Trofi Liga Europa menjadi satu-satunya gelar juara yang sukses diraih Ba selama berseragam Chelsea. Pada musim panas 2014, sang pemain resmi dilepas Chelsea ke Besiktas.

Menarik ditunggu kiprah Aubameyang bersama Chelsea pada musim 2022/2023. Untuk mendapatkan posisi utama di lini serang Chelsea, Aubameyang harus bersaing ketat dengan Armando Broja, Kai Havertz, dan Raheem Sterling.

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Chelsea dari Barcelona sebelum Aubameyang

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya