Comscore Tracker

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund

Harga Pulisic dua kali lipat dari harga Dembele

Bukan rahasia umum lagi bahwa Dortmund merupakan klub yang sering menjual pemain bintangnya ke klub lain. Nama-nama seperti Ousmane Dembele, Christian Pulisic hingga Pierre-Emerick Aubameyang menjadi bukti kesuksesan Dortmund dalam mengolah pemain.

Cerdiknya, Dortmund membeli pemain dengan harga yang murah dan mampu menjualnya dengan harga yang fantastis. Lalu, siapa saja pemain termahal yang pernah dijual oleh Dortmund? Berikut pembahasannya.

1. Ousmane Dembele – 125 juta euro

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmundgoal.com

Dembele menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh Dortmund. Ia didatangkan dari Stade Rennais pada Juli 2016 dengan harga 15 juta euro. Hanya membela Dortmund selama satu musim, Dembele mampu tampil memukau dengan torehan 10 gol dan 22 assist dari 50 pertandingan.

Hal tersebut yang meyakinkan Barcelona untuk mendatangkannya ke Camp Nou pada  Agustus 2017 dengan biaya 125 juta euro. Di usia yang saat itu masih 20 tahun, Dembele digadang-gadang akan menjadi suksesor Neymar yang hengkang ke PSG. Namun karena sering diterpa cedera, performa Dembele dinilai jauh dari kata memuaskan.

2. Christian Pulisic – 64 juta euro

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmundforbes.com

Selain Dembele, Pulisic juga menjadi pemain muda yang dijual Dortmund. Pada Januari 2019, Pulisic yang masih berusia 20 tahun dijual ke Chelsea dengan harga 64 juta euro. Namun ia baru bergabung dengan Chelsea di awal musim ini.

Pemain asal Amerika Serikat ini merupakan jebolan akademi Dortmund. Pada Januari 2016, ia promosi ke skuad utama. Selama membela Die Borussen, Pulisic telah bermain sebanyak 127 pertandingan dan mencetak 19 gol dan 26 assist.

3. Pierre-Emerick Aubameyang – 63,75 juta euro

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmundindependent.co.uk

Pemain termahal berikutnya adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain asal Gabon ini didatangkan Dortmund dari klub Liga Prancis, Saint-Etienne dengan harga 13 juta euro pada musim panas 2013. Bersama Dortmund, performa Aubameyang semakin meningkat dan membuat beberapa klub mengincarnya.

Sehari sebelum penutupan bursa transfer musim dingin 2018, Arsenal mampu mencapai kesepakatan dengan Dortmund di angka 63,75 juta euro. Kini, pemain yang lahir pada 18 Juni 1989 itu menjadi andalan di lini depan Arsenal. Sejauh ini ia telah bermain sebanyak 101 pertandingan dan membukukan 63 gol dan 14 assist. Berkat penampilannya tersebut, kabarnya ia menjadi incaran Real Madrid di musim depan.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund, Jago Bisnis!

4. Henrikh Mkhitaryan – 42 juta euro

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmundexpress.co.uk

Mkhitaryan merupakan pemain yang tampil apik saat membela Dortmund. Ia dibeli dari klub Ukraina yaitu Shakhtar Donetsk pada musim panas 2013 seharga 27,5 juta euro. Tiga tahun membela tim hitam kuning, Mkhitaryan menjadi duet yang meyakinkan bersama Aubameyang. Dari 140 pertandingan bersama Dortmund di semua ajang, Mkhitaryan mampu mencetak 41 gol dan 49 assist.

Pada Juli 2016, pemain asal Armenia itu diboyong Manchester United ke Old Trafford dengan harga 42 juta euro. Selama berseragam Setan Merah, penampilan Mkhitaryan tidaklah buruk. Namun pada Januari 2018, ia digunakan sebagai alat tukar untuk mendatangkan Alexis Sanchez dari Arsenal. Saat ini, ia dipinjamkan Arsenal ke AS Roma.

5. Mario Gotze – 37 juta euro

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmundbleacherreport.com

Gotze merupakan produk asli akademi Dortmund. Ia promosi ke tim utama pada tahun 2010. Performanya yang ciamik bersama Dortmund membuat sang rival, Bayern Munchen kepincut. Die Roten membeli Gotze dengan harga 37 juta euro pada tahun 2013.

Namun pada Juli 2016, ia kembali lagi ke Dortmund dengan biaya sebesar 22 juta euro. Setelah sekian lama mengabdi, kontrak Gotze bersama Dortmund akan berakhir di musim ini. AC Milan menjadi salah satu klub yang dikabarkan tertarik dengan pemain berusia 28 tahun tersebut.

6. Mats Hummels – 35 juta euro

Deretan Bintang! Ini 6 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmundbeinsports.com

Hummels adalah pemain akademi Bayern Munchen. Namun ia tak pernah terpakai di tim utama sehingga dibeli Dortmund pada bursa transfer musim panas 2009 dengan harga 4,2 juta euro setelah dipinjam di musim sebelumnya. Penampilannya yang cemerlang bersama Dortmund membuat Bayern membeli lagi sang pemain dengan harga 35 juta euro pada tahun 2016.

Namun pada awal musim ini, Hummels kembali lagi ke Dortmund dengan biaya mencapai 30,5 juta euro. Dari 31 pertandingan di Bundesliga sejauh ini, ia hanya kehilangan 3 pertandingan saja saat melawan Werder Bremen, Fortuna Dusseldorf dan Hertha Berlin.

Kira-kira siapa lagi yang akan memecahkan rekor penjualan termahal Borussia Dortmund?

Baca Juga: Butuh Gelandang Baru, Barcelona Incar Pemain Borussia Dortmund Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya