Termasuk Ferguson, 5 Pelatih Terbaik Manchester United Sepanjang Masa

Mereka berhasil persembahkan berbagai gelar untuk MU 

Manchester United telah diakui banyak penggemar sepak bola sebagai salah satu klub terbaik di dunia. Selain komposisi pemain yang mendukung, faktor pelatih juga berpengaruh sangat penting bagi Setan Merah. Klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford itu telah beberapa kali bergonta-ganti pelatih.

Dari sekian nama, terdapat beberapa pelatih yang cukup sukses selama menangani Manchester United. Mereka memberikan dampak yang luar biasa dan berhasil meraih sejumlah trofi. Lantas, siapa saja pelatih tersebut? Berikut ulasannya!

1. Sir Matt Busby 

Termasuk Ferguson, 5 Pelatih Terbaik Manchester United Sepanjang Masa90min.com

Nama Sir Matt Busby mungkin tidak terlalu familier bagi pencinta sepak bola era modern. Maklum saja, Busby melatih Manchester United pada tahun 40-an hingga 60-an. Secara total, ia berhasil mempersembahkan 13 trofi selama menangani Setan Merah. Namun, karier kepelatihan Busby di Manchester United tidaklah berjalan mulus.

Sebab, Busby harus bersusah payah untuk membangun tim. Ia merancang skuat yang tangguh dengan diisi beberapa pemain top seperti Denis Law, Bobby Charlton, dan George Best. Setelah menanti cukup lama, Manchester United akhirnya sukses meraih gelar Eropa pertamanya pada tahun 1968. Ketika itu, Setan Merah berhasil mengalahkan Benfica di partai final dengan skor 4-1.

2. Sir Alex Ferguson 

Termasuk Ferguson, 5 Pelatih Terbaik Manchester United Sepanjang Masaskysports.com

Di urutan kedua ada pelatih yang sangat terkenal, yakni Sir Alex Ferguson. Pelatih asal Skotlandia ini berhasil membawa Manchester United berada di puncak kejayaan dengan meraih sejumlah gelar bergengsi. Ferguson pertama kali melatih Setan Merah pada tahun 1986. Di awal kariernya, ia masih kesulitan untuk menemukan strategi terbaiknya di Manchester United.

Baru pada awal 90-an, Ferguson berhasil mengubah Manchester United menjadi salah satu tim yang sangat disegani di Inggris. Ia mampu mengorbitkan pemain-pemain hebat seperti Eric Cantona, Wayne Rooney, Rio Ferdinand, hingga Cristiano Ronaldo. Setelah meraih segalanya, Ferguson memilih mengakhiri kariernya di Old Trafford pada tahun 2013. Tercatat, 38 gelar berhasil dimenangkan oleh pria asal Skotlandia itu.

3. Ron Atkinson 

Termasuk Ferguson, 5 Pelatih Terbaik Manchester United Sepanjang Masamirror.co.uk

Ron Atkinson dianggap banyak orang sebagai pelatih yang mampu membawa Manchester United kembali ke masa kejayaan. Walau tidak meraih gelar Liga Inggris, ia berhasil membuat Setan Merah menjadi tim yang kembali disegani. Ia juga menghadirkan beberapa pemain hebat di skuat Manchester United, salah satunya adalah Bryan Robson.

Pada awal musim 1985/1986, Atkinson mampu membuat Manchester United tak terkalahkan dalam 10 pertandingan berturut-turut. Hal itu sempat memicu harapan dapat meraih gelar Liga Inggris. Sayangnya, hal tersebut tidak terwujud karena performa yang inkonsisten setelahnya. Ia meninggalkan klub pada tahun 1986 setelah memenangi 2 trofi Piala FA dan 1 Community Shield.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Kini Membela Manchester United, Ada Cavani

4. Tommy Docherty 

Termasuk Ferguson, 5 Pelatih Terbaik Manchester United Sepanjang Masatheguardian.com

Tommy Docherty mungkin tidak memenangkan begitu banyak gelar bagi Manchester United. Namun, ia berhasil membuat perubahan yang cukup besar di Setan Merah sehingga membuatnya menjadi bagian terpenting dari sejarah klub. Sebab, Docherty mampu mengembalikan Manchester United kembali lagi ke kasta tertinggi di Inggris setelah terdegradasi ke Divisi Pertama dan Divisi Dua.

Pria asal Skotlandia ini menangani Manchester United selama 5 musim dari tahun 1972 hingga 1977. Selama waktunya itu, Docherty mampu mempersembahkan 1 gelar, yakni Piala FA pada tahun 1977. Sayangnya, perselingkuhan dirinya dan istri fisioterapis Manchester United, Laurie Brown, mencoreng nama baiknya.

5. Ernest Mangnall 

Termasuk Ferguson, 5 Pelatih Terbaik Manchester United Sepanjang Masaunitedismyreligion.com

Ernest Mangnall menangani Manchester United selama 9 musim dari tahun 1903 hingga 1912. Selama waktunya itu, ia mampu menjadi sosok penting, meski terkenal sedikit kontroversial. Mangnall sendiri telah diakui sebagai salah satu pelatih tersukses sepanjang sejarah Manchester United. Ia menjadi salah satu dari tiga nama yang mampu mengantarkan tim memenangi trofi Liga Inggris.

Mangnall juga menjadi pelatih pertama yang mampu membawa tim meraih Piala FA. Selama menangani Manchester United, sang pelatih mampu menjuarai 5 gelar bergengsi. Pertandingan terakhirnya ditutup dengan manis, di mana Manchester United menang 1-0 melawan rival sekota, Manchester City.

Semua pelatih tersebut berhasil membuat catatan yang bagus dalam sejarah Manchester United. Tak mengherankan jika nama mereka selalu dikenang sebagai pelatih terbaik Setan Merah.

 

Source:

https://www.sportskeeda.com/football/manchester-united-top-5-managers-time/2

Baca Juga: 6 Gelandang Manchester United dengan Pertandingan Terbanyak

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya