Comscore Tracker

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!

Ada klub yang tidak terkalahkan dalam semusim

Premier League memang merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Hal itu terbukti dengan banyak sekali tim-tim solid yang bermain di ajang tersebut. Bahkan, dalam beberapa musim terakhir, wakil dari Premier League selalu meramaikan pertandingan final di ajang Liga Europa ataupun Liga Champions.

Musim ini gelar juara Premier League menjadi miliki Manchester City. Klub berjuluk The Citizens tersebut meraih trofi tertinggi di Inggris itu dengan mengoleksi 86 poin dari 38 pertandingan. Lantas, apakah Manchester City termasuk dalam klub terbaik dalam sejarah Premier League dengan catatan tersebut? Berikut ini lima tim terhebat dalam sejarah Premier League.

1. Liverpool (2019/2020) 

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!Liverpool juara Premier League musim 2019/2020. (forbes.com)

Liverpool adalah klub Inggris dengan prestasi terbaik di Eropa. Mereka sukses memenangi total 6 gelar Liga Champions. Namun, di ajang Premier League, klub yang memiliki julukan The Reds tersebut sempat absen selama 30 tahun dalam meraih gelar tertinggi di Inggris tersebut.

Namun, momen yang ditunggu-tunggu akhirnya sampai juga pada musim 2019/2020. Ketika itu, Jurgen Klopp berhasil membawa timnya tampil sangat solid dan berhasil menjuarai gelar Premier League. Lebih hebatnya lagi, Liverpool saat itu berhasil unggul 18 poin dari Manchester City di peringkat kedua.

2. Manchester United (2008/2009) 

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!Manchester United juara Premier League musim 2008/2009. (nbcsports.com)

Ketika masih dilatih oleh Sir Alex Ferguson, Manchester United merupakan klub yang sangat hebat di Inggris. Setan Merah begitu dominan dan hampir selalu meraih gelar juara setiap musimnya. Bahkan, Manchester United pernah menjadi kampiun Premier League selama tiga musim berturut-turut pada musim 2006/2007, 2007/2008, dan 2008/2009.

Dari ketiga momen itu, mungkin musim 2008/2009 menjadi tahun yang tidak terlupakan bagi para pendukung Manchester United. Terlebih lagi, Manchester United ketika itu masih diperkuat oleh Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Meski meraih gelar juara Premier League dan Community Shield, Setan Merah gagal memenangi trofi Liga Champions setelah kalah dari Barcelona di partai final pada musim tersebut.

Baca Juga: 10 Fakta Raphael Varane, Bek Tangguh Baru Manchester United

3. Chelsea (2004/2005) 

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!Chelsea juara Premier League musim 2004/2005. (football.london)

Chelsea memang langsung menjelma kekuatan yang hebat di Premier League semenjak diambil alih oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich. Banyak sekali nama-nama top yang didatangkan sejak saat itu, mulai dari Arjen Robben, Ricardo Carvalho, Petr Cech, hingga Didier Drogba. Tak berhenti sampai di situ, manajemen Chelsea juga merekrut Jose Mourinho sebagai pelatih utama.

Hasilnya, The Blues berhasil menjadi juara di Premier League pada musim 2004/2005. Chelsea ketika itu tampil sangat baik dan memiliki pertahanan yang solid. Lebih hebatnya lagi, Chelsea hanya sekali kalah dan kebobolan sebanyak 15 kali dari 38 pertandingan.

4. Manchester City (2017/2018) 

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!Manchester City juara Premier League musim 2017/2018. (sportinglife.com)

Walau berhasil menjuarai Premier League musim ini, pencapaian terbaik Manchester City justru datang pada musim 2017/2018. Sejak diakuisisi oleh Mansour bin Zayed Al Nahyan, The Citizens seperti tidak memiliki dana yang terbatas. Setiap musim selalu mendatangkan pemain top dan berkualitas terlebih lagi ketika tim dilatih oleh Pep Guardiola.

Pada musim 2017/2018, Manchester City tampil sangat superior di Premier League. Bahkan, tim asuhan Guardiola saat itu berhasil mengumpulkan 100 poin dalam 38 pertandingan. Catatan tersebut membuat City menjadi klub yang pertama dalam sejarah Premier League. Tak hanya itu, City juga sukses membukukan 106 gol.

5. Arsenal (2003/2004) 

5 Tim Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!Arsenal juara Premier League musim 2003/2004. (vbetnews.com)

Sejak dilatih oleh Arsene Wenger, Arsenal memang berhasil menjadi salah satu tim yang bisa menyaingi Manchester United di Premier League. Bahkan, The Gunners beberapa kali berhasil merusak dominasi Manchester United. Salah satu tahun terbaik klub asal London Utara itu tercipta pada musim 2003/2004.

Musim tersebut tentu saja tidak akan dilupakan oleh para pendukung Arsenal. Pasalnya, Arsene Wenger berhasil membawa Arsenal tak terkalahkan satu kali pun di Premier League. Rekor cemerlang tersebut masih bertahan sampai saat ini.

 

Kelima klub tersebut memang merupakan langganan The Big Six Premier League. Tercatat hanya Tottenham Hotspur yang belum pernah meraih gelar Premier League dalam tim yang masuk The Big Six.

Baca Juga: Ingin Lebih Kreatif, Arsenal Bidik James Maddison

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya