5 Transfer dengan Keuntungan Terbesar Sepanjang Masa

Gak ada nama Cristiano Ronaldo?

Bursa transfer menjadi salah satu momen yang tidak boleh terlewatkan, terlebih lagi saat menyangkut pemain besar dan harga yang mahal. Jendela transfer sendiri dibuka sebanyak dua kali yakni bursa transfer musim panas dan musim dingin. Tak jarang, sebuah klub mendapatkan keuntungan besar dari kesepakatan transfer.

Salah satu transfer termahal sejauh ini masih dipegang oleh bintang Brasil, Neymar. Selain Neymar, terdapat juga kesepakatan-kesepakatan lain yang membuahkan keuntungan besar bagi sebuah klub. Berikut ini 5 transfer dengan keuntungan terbesar sepanjang sejarah sepak bola.

1. Neymar (Barcelona ke Paris Saint-Germain) – 133,8 juta euro 

5 Transfer dengan Keuntungan Terbesar Sepanjang Masapsgtalk.com

Transfer Neymar dari Barcelona menuju PSG menjadi kesepakatan terbesar sejauh ini. Neymar didatangkan ke Camp Nou dari klub Brasil, Santos dengan biaya mencapai 88,2 juta euro pada musim panas 2013. Bersama Suarez dan Messi, mereka berhasil membentuk trio penyerang terbaik di dunia. Hasilnya, treble winners berhasil mereka persembahkan bagi publik Catalan pada musim 2014/2015.

Empat musim membela Barcelona, Neymar berhasil tampil menjanjikan dengan catatan 105 gol dan 76 assist. Berkat performanya itu, PSG rela menebus klausul pelepasan Neymar senilai 222 juta euro pada musim panas 2017. Dari hasil penjualan bintang asal Brasil itu, Barcelona meraup keuntungan sebesar 133,8 juta euro.

2. Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona) – 132 juta euro 

5 Transfer dengan Keuntungan Terbesar Sepanjang Masatalksport.com

Pada musim dingin 2013, Philippe Coutinho berhasil diboyong oleh Liverpool dari Inter Milan dengan biaya 13 juta euro. Saat itu umur Coutinho sendiri masih cukup muda yakni 20 tahun. Meski demikian, ia mampu tampil apik bersama Liverpool dan menjadi pemain inti di posisi sayap kiri.

Lima musim berseragam Liverpool, Coutinho berhasil ciptakan 54 gol dan 45 assist dari 201 pertandingan. Pada musim dingin 2017, pemain asal Brasil ini memilih untuk melanjutkan kariernya di kompetisi Spanyol bersama Barcelona. Untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain, Blaugrana harus merogoh kocek sebesar 145 juta euro sekaligus menjadikannya pemain termahal di dunia kedua setelah Neymar. Berkat penjualan tersebut, Liverpool mendapatkan keuntungan sebesar 132 juta euro.

3. Ousmane Dembele (Borussia Dortmund ke Barcelona) – 115 juta euro 

5 Transfer dengan Keuntungan Terbesar Sepanjang Masabeinsports.com

Ousmane Dembele direkrut Borussia Dortmund dari klub Prancis, Stade Rennais pada musim panas 2016 dengan harga 15 juta euro. Meski usianya saat itu masih berusia 19 tahun, ia mampu memberikan dampak yang berarti di lini depan. Di musim debut dan musim terakhirnya membela Dortmund, Dembele bermain cemerlang dengan catatan 10 gol dan 22 assist dari 50 pertandingan lintas ajang.

Melihat penampilan Dembele yang mengesankan, Barcelona rela menggelontorkan uang 130 juta euro. Ia pun diplot sebagai pengganti Neymar yang hengkang ke PSG. Seiring berjalannya waktu, pemain Timnas Prancis itu lebih sering bergelut dengan cedera daripada memberikan kontribusi bersama Barcelona di atas lapangan. Dortmund sendiri berhasil untung 115 juta euro berkat penjualan Dembele.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Hengkang dari Ligue 1, Deretan Bintang Muda!

4. Gareth Bale (Tottenham Hotspur ke Real Madrid) – 86,3 juta euro 

5 Transfer dengan Keuntungan Terbesar Sepanjang Masadailymail.co.uk

Karier Gareth Bale melonjak ketika bergabung dengan Tottenham Hotspur. Pemain asal Wales itu direkrut dari Southampton pada musim panas 2007 dengan biaya 14,7 juta euro. Meski hanya mampu mengantarkan klub asal London itu meraih 1 trofi, Bale bermain cukup menjanjikan dengan membukukan 56 gol dan 58 assist dari 203 pertandingan selama 6 musim.

Pada musim panas 2013, Bale dibeli oleh raksasa Spanyol, Real Madrid dengan biaya 101 juta euro yang sempat menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia. Berbagai trofi pun direngkuh oleh Bale bersama Los Blancos. Sebelum akhirnya ia tersisihkan dari skuat inti dan kembali lagi ke Spurs musim panas ini. Berkat penjualan Bale, Tottenham berhasil untung sebesar 86,3 juta euro.

5. Eden Hazard (Chelsea ke Real Madrid) – 80 juta euro 

5 Transfer dengan Keuntungan Terbesar Sepanjang Masaen.as.com

Performa apik Eden Hazard bersama Lille membuat Chelsea kepincut untuk mendatangkannya ke Inggris. Biaya sebesar 35 juta euro harus dikeluarkan Chelsea untuk mendapatkan jasanya pada musim panas 2012. Alhasil, ia berhasil berkembang dan menjadi idola baru di klub London Barat tersebut. Pemain asal Belgia ini berhasil mencetak 110 gol dan 92 assist dari 352 pertandingan.

Keinginan Hazard untuk bergabung dengan Real Madrid akhirnya tercapai pada musim panas tahun lalu. Real Madrid membayar uang ke Chelsea sebesar 115 juta euro yang membuatnya menjadi salah satu rekrutan termahal klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu. Di musim perdana bermain untuk tim Ibu Kota, Hazard tampil cukup mengecewakan dengan hanya mampu menciptakan 1 gol dan 7 assist dari 22 pertandingan. Kesepakatan transfer tersebut membuat Chelsea untung sebesar 80 juta euro.

Dari kelima transfer tersebut, semua pemain bermain di lini depan. Beberapa masih mencari momen yang tepat untuk menunjukkan tajinya. Menurutmu, kesepakatan mana yang paling memberikan kontribusi untuk tim?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Serie A Hingga Kini, Berkualitas!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya