5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Liverpool, Berkualitas!

Mulai dari Joel Matip hingga James Milner 

Berstatus sebagai salah satu klub tersukses di dunia, Liverpool cukup mudah mendatangkan pemain tiap bursa transfer. Mereka bahkan tidak ragu mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan pemain incarannya. Namun, ada kalanya juga The Reds merekrut pemain secara gratis.

Meski berstatus bebas transfer, para pemain yang datang ke Anfield itu memiliki kualitas yang mumpuni. Beberapa di antaranya bahkan memberikan dampak yang besar. Berikut lima rekrutan gratis terbaik dalam sejarah Liverpool.

1. Joel Matip 

5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Liverpool, Berkualitas!Joel Matip (twitter.com/LFC)

Joel Matip bergabung dengan Liverpool pada 2016. Saat itu ia datang ke Anfield setelah kontraknya bersama Schalke berakhir.

Pemain asal Kamerun ini awalnya hanya menjadi pilihan kesekian di posisi bek tengah. Namun, seiring berjalannya waktu, Matip berhasil menyegel posisi inti bersama Virgil van Dijk.

Sayangnya, kehadiran Ibrahima Konate membuat menit bermain Matip mulai menurun. Meski begitu, Matip telah memberikan kontribusi besar dengan mencatatkan 184 laga di semua kompetisi bersama Liverpool.

2. Fabio Aurelio 

5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Liverpool, Berkualitas!Fabio Aurelio (twitter.com/LFC)

Fabio Aurelio merupakan pemain Brasil pertama yang bergabung dengan Liverpool. Ia menyelesaikan kepindahannya ke Anfield pada 2006 setelah kontraknya bersama Valencia berakhir.

Aurelio tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Ia langsung menjadi pemain andalan Rafael Benitez di posisi bek sayap kiri.

Sayangnya, cedera membuat kariernya di Anfield naik-turun. Meski begitu, Aurelio tetap berhasil mencatatkan 133 penampilan dan mencetak 4 gol serta 17 assist bagi The Reds.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Liverpool yang Membela Klub EPL Lain Musim 2022/2023

3. Gary McAllister 

5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Liverpool, Berkualitas!Gary McAllister (twitter.com/LFC)

Gary McAllister menjadi bagian dari Liverpool ketika umurnya tidak lagi muda. Ia direkrut Liverpool dari Coventry City saat berusia 35 tahun.

Meski tidak lagi berada pada usia produktif, McAllister tetap mampu memberikan dampak besar bagi tim. Sang gelandang bermain 90 kali dalam 2 musim di Anfield.

Lebih hebatnya lagi, McAllister berhasil mempersembahkan lima gelar juara bersama Liverpool. Itu termasuk meraih treble winner pada 2000/2001.

4. James Milner 

5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Liverpool, Berkualitas!James Milner (twitter.com/JamesMilner)

James Milner adalah pemain paling senior di skuad Liverpool saat ini. Pemain berusia 37 tahun itu didatangkan Liverpool dari Manchester City secara gratis pada 2015.

Sampai saat ini, ia telah memainkan 322 penampilan dan mencetak 26 gol serta 46 assist. Sejumlah gelar bergengsi telah dipersembahkan sang pemain untuk publik Anfield, macam Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Kebersamaan Milner dan Liverpool berpotensi berakhir pada 2022/2023. Pasalnya, kontrak mantan pemain Aston Villa itu akan selesai pada Juni 2023.

5. Boudewijn Zenden 

5 Transfer Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Liverpool, Berkualitas!Boudewijn Zenden (twitter.com/premierleague)

Setelah kontraknya bersama Middlesbrough habis, Boudewijn Zenden pindah ke Liverpool dengan status bebas transfer pada 2005. Pemain asal Belanda ini bermain di Anfield selama 2 musim.

Zenden mengawali kariernya dengan baik bersama The Reds. Akan tetapi, cedera ligamen memaksa sang pemain menepi dalam waktu yang cukup lama.

Zenden tercatat bermain sebanyak 47 laga di berbagai ajang. Piala Super Eropa menjadi trofi satu-satunya yang berhasil dipersembahkan Zenden untuk Liverpool.

 

Dalam usaha meningkatkan kualitas tim, Liverpool tidak selalu mengeluarkan banyak uang. Buktinya, sederet nama di atas berhasil menunjukkan performa yang gemilang meski digaet secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Liverpool dan Borussia Dortmund

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya