5 Kesepakatan Transfer Paling Menguntungkan untuk Real Madrid

Los Blancos pernah untung Rp692 miliar

Real Madrid dikenal sebagai klub yang sangat jor-joran dalam mendatangkan pemain bintang. Klub asal Spanyol itu tercatat beberapa kali memecahkan rekor transfer di dunia.

Tidak hanya membeli para pemain bintang, Los Blancos juga tercatat pernah melepas sejumlah pemain topnya ke klub lain. Bahkan, beberapa penjualan di antaranya menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Gonzalo Higuain (Rp445 miliar) 

5 Kesepakatan Transfer Paling Menguntungkan untuk Real MadridGonzalo Higuain (skysports.com)

Real Madrid merupakan klub top Eropa pertama yang dibela oleh Gonzalo Higuain. Penyerang asal Argentina itu didatangkan ke Santiago Bernabeu dari River Plate pada musim dingin 2007. Ketika itu ia dibeli dengan harga sebesar 12 juta euro atau setara Rp197 miliar.

Bersama Real Madrid, Higuain berkembang menjadi salah satu penyerang yang mematikan di LaLiga. Dari 190 pertandingan di kasta tertinggi Spanyol itu, ia berhasil menciptakan 107 gol dan 45 assist. Pada musim panas 2013, Higuain memutuskan hengkang ke Napoli dengan biaya 39 juta euro atau setara Rp643 miliar. Dari penjualan Higuain, Real Madrid mendapatkan keuntungan 27 juta euro atau Rp445 miliar.

2. Mesut Ozil (Rp478 miliar) 

5 Kesepakatan Transfer Paling Menguntungkan untuk Real MadridMesut Ozil (as.com)

Real Madrid merekrut Mesut Ozil dari Werder Bremen pada musim panas 2010. Ketika itu pemain asal Jerman tersebut digaet oleh Los Blancos dengan nominal 18 juta euro atau setara Rp296 miliar. Tidak butuh waktu lama, Ozil langsung melejit bersama raksasa Spanyol tersebut.

Dari 159 pertandingan di semua kompetisi, sang pemain sukses menciptakan 27 gol serta 80 assist. Setelah tiga tahun di Santiago Bernabeu, Ozil memutuskan untuk pindah ke Arsenal dengan harga 47 juta euro atau Rp774 miliar. Transaksi tersebut membuat Real Madrid mendapatkan keuntungan senilai 29 juta euro atau Rp478 miliar.

Baca Juga: Rumor Mesut Ozil Merapat ke RANS Cilegon FC, Ini 10 Tanggapan Warganet

3. Raphael Varane (Rp478 miliar) 

5 Kesepakatan Transfer Paling Menguntungkan untuk Real MadridRaphael Varane (planetfootball.com)

Real Madrid memboyong Raphael Varane dari klub Prancis, Lens, dengan harga 11 juta euro atau setara Rp181 miliar pada tahun 2011. Sempat kesulitan, Varane akhirnya bisa mendapatkan posisi inti seiring berjalannya waktu. Duetnya bersama Sergio Ramos menjadi salah satu duet terbaik pada dekade ini.

Varane total berhasil mengantarkan Los Blancos meraih 4 gelar Liga Champions. Pada musim panas 2021 lalu, bek berusia 28 tahun itu memilih melanjutkan karier bersama Manchester United. Untuk mendapatkan jasanya, Setan Merah harus mengeluarkan biaya senilai 40 juta euro atau Rp659 miliar. Penjualan Varane memberikan keuntungan senilai 29 juta euro atau Rp478 miliar.

4. Alvaro Morata (Rp593 miliar) 

5 Kesepakatan Transfer Paling Menguntungkan untuk Real MadridAlvaro Morata (marca.com)

Alvaro Morata merupakan pemain yang menimba ilmu di tim muda Real Madrid. Performa impresifnya bersama Juventus membuat Los Blancos memutuskan untuk memulangkannya ke Santiago Bernabeu dengan harga 30 juta euro atau Rp494 miliar pada tahun 2016. Ia tampil begitu mengesankan pada musim 2016/2017.

Morata sukses mencetak 20 gol di semua kompetisi dan berhasil membawa Real Madrid juara kompetisi LaLiga dan Liga Champions. Kepincut dengan kualitas sang pemain, Chelsea membelinya dengan harga 66 juta euro atau setara Rp1 triliun pada musim panas 2017. Dari penjualan tersebut, Real Madrid mendapatkan keuntungan senilai 36 juta euro atau Rp593 miliar.

5. Angel Di Maria (Rp692 miliar) 

5 Kesepakatan Transfer Paling Menguntungkan untuk Real MadridAngel Di Maria (skysports.com)

Angel Di Maria didatangkan ke Santiago Bernabeu dari Benfica pada musim panas 2010. Pemain asal Argentina tersebut dibeli Real Madrid dengan nominal sebesar 33 juta euro atau setara Rp544 miliar. Ia bermain impresif bersama Real Madrid dan mengantarkan tim meraih trofi Liga Champions pada musim 2013/2014.

Karena terkesima dengan kualitas sang pemain, Manchester United memutuskan membeli Di Maria pada musim panas 2014. Ketika itu Setan Merah mengeluarkan uang sebesar 75 juta euro atau setara Rp1,2 triliun untuk memboyong Di Maria. Sayangnya, performa sang pemain tidak maksimal di Old Trafford. Kendati begitu, kesepakatan transfer itu memberi keuntungan Real Madrid sebesar 42 juta euro atau Rp692 miliar.

 

Real Madrid saat ini memiliki sejumlah pemain muda berkualitas di dalam skuadnya. Jika ada tim yang berminat dengan pemain muda mereka, bukan tidak mungkin Real Madrid bakal menjualnya dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya