5 Kesepakatan Transfer Teraneh yang Pernah Dilakukan Manchester United

Ada pemain yang membelot ke tim rival

Manchester United dikenal sebagai salah satu tim sepak bola terkaya di dunia. Dengan dana yang melimpah, Setan Merah bisa leluasa merekrut pemain incarannya.

Namun, Manchester United terkadang membeli pemain yang tidak dibutuhkan. Bahkan, para pemain itu jarang dimainkan selama berseragam Manchester United. Berikut lima rekrutan teraneh yang pernah dilakukan Setan Merah.

1. Andy Kellett 

5 Kesepakatan Transfer Teraneh yang Pernah Dilakukan Manchester UnitedAndy Kellett (twitter.com/Official_NCFC)

Manchester United merekrut Andy Kellett dari Bolton pada bursa transfer musim dingin 2015. Pemain asal Inggris ini saat itu didatangkan ke Old Trafford dengan status pinjaman selama enam bulan. Anehnya, Setan Merah memboyong sang pemain hanya untuk masuk ke tim cadangan.

Kellett tercatat hanya bermain untuk tim Manchester United U-23. Ia tampil sebanyak sembilan kali dan mencetak satu assist. Karena tak mampu bersaing di skuad utama, Kellett akhirnya dikembalikan lagi ke Bolton pada musim panas 2015.

2. John Obi Mikel 

5 Kesepakatan Transfer Teraneh yang Pernah Dilakukan Manchester UnitedJohn Obi Mikel (manchestereveningnews.co.uk)

Kisah transfer aneh dialami John Obi Mikel pada tahun 2006. Setelah tampil apik untuk Timnas Nigeria di Piala Dunia U-17, Mikel mendapatkan tawaran dari Manchester United. Ia akhirnya setuju bergabung dan kemudian berfoto dengan jersei Setan Merah pada konferensi pers.

Namun, setelah menandatangani kontrak dengan Manchester United, Mikel baru mengetahui bahwa Chelsea memiliki kesepakatan dengan klubnya, FK Lyn, untuk tidak menjualnya ke klub lain. Alhasil, Mikel membelot ke Chelsea dan urung bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2006.

Baca Juga: 5 Gelandang Brasil yang Pernah Main untuk Manchester United

3. Adem Ljajic 

5 Kesepakatan Transfer Teraneh yang Pernah Dilakukan Manchester UnitedAdem Ljajic (fourfourtwo.com)

Adem Ljajic sempat menjadi buah bibir di kompetisi tertinggi Liga Serbia. Performa impresifnya bersama Partizan Belgrade membuat tim sekelas Manchester United jatuh hati. Setan Merah benar-benar intens memantau bakat sang pemain.

Kesepakatan transfer akhirnya tercapai antara Belgrade dan Manchester United. Namun, transfer tersebut terpaksa batal karena Ljajic terkendala masalah izin kerja di Inggris. Sang pemain kemudian memilih hengkang ke kompetisi Italia dengan membela Fiorentina.

4. Bebe 

5 Kesepakatan Transfer Teraneh yang Pernah Dilakukan Manchester UnitedBebe (skysports.com)

Bebe adalah salah satu pembelian terburuk dalam sejarah Manchester United. Didatangkan dari tim Portugal, Vitoria Guimaraes, pada 2010, ia tercatat hanya memainkan tujuh pertandingan bersama Setan Merah.

Pemain yang memiliki nama lengkap Tiago Manuel Dias Correia itu sempat dipinjamkan Manchester United ke sejumlah klub, seperti Besiktas, Rio Ave, dan Paços Ferreira. Bebe akhirnya meninggalkan Manchester United secara permanen pada musim panas 2014. Ia saat itu bergabung bersama Benfica dengan biaya 3 juta euro atau Rp44 miliar.

5. Ritchie De Laet 

5 Kesepakatan Transfer Teraneh yang Pernah Dilakukan Manchester UnitedRitchie De Laet (sportsmole.co.uk)

Keputusan aneh dilakukan Manchester United pada bursa transfer musim dingin 2009. Setan Merah ketika itu merekrut Ritchie De Laet dari Stoke City. Padahal, De Laet sama sekali tidak pernah bermain untuk Stoke City.

Pemain asal Belgia itu hanya mencatatkan enam pertandingan bersama Setan Merah. Setelah itu, De Laet dipinjamkan Manchester United ke beberapa klub, seperti Sheffield United, Preston, Portsmouth, dan Norwich City.

De Laet meninggalkan Old Trafford secara permanen pada 2012. Ketika itu ia memilih melanjutkan kariernya bersama Leicester City. Di sana, kariernya justru melejit dan mampu mengantarkan Leicester City menjuarai kompetisi Premier League 2015/2016.

 

Nama mereka mungkin terdengar asing bagi kalian yang bukan penggemar Manchester United. Rekrutan aneh seperti daftar di atas bukan tidak mungkin bakal terjadi lagi pada masa depan.

Baca Juga: 5 Pemain Ajax Terbaru yang Pindah ke Manchester United, Ada Antony!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya