Comscore Tracker

5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen Klopp

Dianggap tak cocok dengan skema Jurgen Klopp

Di balik kemenangan besar, 9-0, saat Liverpool menjamu AFC Bournemouth di Game Week 4 Premier League 2022/2023, Sabtu (27/8/2022), rupanya ada catatan mengenai seputar transfer pemain antar kedua klub Inggris ini. Pada era https://www.idntimes.com/tag/jurgen-klopp, banyak pemain-pemain The Reds era sebelumnya yang dianggap gagal mengikuti karakter dan skema yang diterapkan oleh manajer berkebangsaan Jerman ini.

Keputusan pihak manajemen Liverpool untuk meminjamkan ataupun menjual beberapa pemain ke klub-klub lain jadi salah satu opsi demi perkembangan dan karier pemain yang dianggap tidak sesuai skema tersebut. AFC Bournemouth jadi salah satu klub destinasi pemain-pemain Liverpool kala itu.

Nah, berikut ini kelima pemain yang memutuskan bergabung bersama Bournemouth setelah terlempar dari skuad Liverpool era Jurgen Klopp.

1. Jordon Ibe

5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen KloppJordon Ibe (instagram.com/livebird_red)

Jordon Ibe direkrut Liverpool pada usia 16 tahun dari Wycombe Wanderes. Kala itu, ia digadang-gadang akan menjadi pemain besar bersama Liverpool. Bukan tanpa alasan, selama di akademi Liverpool Ibe banyak memberi kejutan apik dalam 58 penampilan bersama tim muda.

Selama di tim utama The Reds sendiri, sayangnya Ibe hanya mampu mencatatkan 41 penampilan dengan torehan 1 gol saja. Liverpool pun memutuskan untuk meminjamkannya ke beberapa klub dengan harapan sang pemain lebih berkembang.

Di tahun 2016, Bournemouth menaruh minat pada winger Inggris ini. Mereka akhirnya merekrut Ibe seharga 15 juta pound atau setara Rp255 miliar. Empat musim bersama Bournemouth, Ibe membukukan 78 penampilan dan 3 gol.

2. Dominic Solanke

5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen KloppDominic Solanke (instagram.com/solanke)

Striker asal Inggris berusia 24 tahun ini dilepas Liverpool pada tahun 2019 lalu seharga 19 juta pound atau setara Rp347 miliar. Kala itu Solanke kesulitan bersaing dengan nama-nama mentereng di skuad utama Liverpool, mulai dari Mohammed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino sehingga ia memutuskan untuk hengkang dari Anfield.

Bersama Liverpool, Solanke hanya bermain sebanyak 27 kali dan mencatat sebiji gol saja. Sementara untuk Bournemouth, ia bermain sebanyak 140 pertandingan dengan koleksi 49 gol. Catatan yang apik untuk seorang penyerang. Mengarungi musim kompetisi EPL 2022/2023, kini Solanke masih menjadi sosok andalan Bournemouth di lini depan.

Baca Juga: 5 Pemain Bournemouth 2022/2023 yang Pernah Membela Klub Besar

3. Harry Wilson

5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen KloppHarry Wilson (instagram.com/harrywilson22)

Winger asal Wales berusia 25 tahun ini bergabung dengan Liverpool sejak tahun 2015 sebelum bergabung dengan Bournemouth di musim 2019/2020. Sayangnya, ia belum sempat menyicipi laga resmi di skuad utama Liverpool.

Wilson sendiri memang lebih sering berpindah-pindah klub sebagai pemain pinjaman, salah satunya Bournemouth. Bersama Bournemouth Wilson berhasil membukukan 7 gol dari 31 penampilannya. Catatan tersebut sekaligus membuatnya menjadi salah satu sosok pemain kunci yang membantu Bournemouth menghindari jurang degradasi di Premier League 2019/2020.

4. Nathaniel Clyne

5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen KloppNathaniel Clyne (instagram.com/nathaniel_clyne)

Clyne dilepas di tahun yang sama saat Liverpool juga melepas Dominic Solanke. Pada musim kompetisi 2017/2018, Jurgen Klopp lebih memberi kesempatan kepada Joe Gomez dan Trent Alexander Arnold untuk menempati posisi bek kanan.

Clyne sendiri kala itu hanya mendapatkan jatah bermain sebanyak 4 kali saja. Ia pun akhirnya memutuskan untuk merapat ke Bournemouth sebagai pemain pinjaman. Clyne sendiri mampu mencatatkan 1 assist dari 14 penampilan bersama Bournemouth di musim 2018/2019.

5. Natt Philips

5 Pemain yang Merapat ke Bournemoth dari Liverpool era Jurgen KloppNathaniel Phillips (instagram.com/Nat Phillips)

Pemain terakhir yang dipinjamkan oleh Liverpool ke Bournemouth adalah Nathaniel Phillips pada musim 2021/2022 silam. Selama berseragam Bournemouth, Phillips bermain sebanyak 17 kali dengan mengoleksi 3 kartu kuning.

Pada musim kompetisi 2022/2023 ini sejatinya Nathaniel Phillips telah kembali ke Liverpool setelah masa peminjamannya di Bournemouth usai. Namun, tentunya tetap tidaj mudah baginya mendapatkan jatah bermain regular di skuad The Reds saat ini. 

Sejauh ini hanya nama Dominic Solanke yang masih bertahan bersama AFC Bournemouth. Kecuali Nathaniel Phillips, sisa pemain yang ada di daftar ini kini telah memulai petualangan di klub baru masing-masing.

Baca Juga: Usai Dibantai Liverpool, Bournemouth Pecat Manajernya

Bagus Riyantiarno Photo Writer Bagus Riyantiarno

Penulis buku, penikmat puisi dan prosa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya