Mantan CEO Dituduh Atur Skor, Arema FC Pilih Fokus Piala Indonesia

Kapan ya Pak IB bisa langsung konfirmasi?

Malang, IDN Times - Manajemen Arema FC angkat bicara mengenai adanya tudingan pengaturan skor terhadap klub tersebut. Chief executive Officer (CEO) Arema FC, Agoes Soerjanto, meminta publik tidak buru-buru menuduh mantan presiden klub mereka, Iwan Budianto, sebagai pelaku kasus tersebut.

"Tudingan yang ada kan itu masih disiarkan di televisi. Jangan sampai kita itu asal menuduh. Jangan sampai mengorbankan sportivitas," ujarnya Kamis (21/2).

Pada acara Mata Najwa Jilid 4, Rabu (20/2) seorang perangkat pertandingan menyebut Iwan Budianto dengan inisial IB sebagai salah satu pelaku pengaturan skor. Ia dituding meminta perangkat pertandingan untuk memenangkan Arema dalam dua pertandingan, yaitu saat melawan Bhayangkara dan Borneo FC.

1. Tetap fokus pada program

Mantan CEO Dituduh Atur Skor, Arema FC Pilih Fokus Piala IndonesiaIDN Times/Bela Ikhsan

Menurut Agoes, tudingan itu sudah masuk ranah PSSI sehingga ia menyerahkan semuanya pada federasi. "PSSI lembaga yang menaungi kita. Kita serahkan saja ke PSSI. Kita fokus saja kepada prioritas utama kita," tegasnya.

Daripada mengurus kabar yang belum tentu benar, Agoes mengaku ingin tetap fokus pada program latihan Arema. Apalagi, Arema masih memiliki tanggungan di Piala Indonesia dan Piala Presiden.

"Manajemen harus konsentrasi pada program kita ke depan. Saat ini kita menjalani Piala Indonesia. Berikutnya kita menjadi tuan rumah di Piala Presiden. Kita harus menjadi tuan rumah yang baik," ujarnya.

2. Minta tak ada yang mengotori Arema dengan kepentingan sesaat

Mantan CEO Dituduh Atur Skor, Arema FC Pilih Fokus Piala IndonesiaIDN Times/Bela Ikhsan

Lebih lanjut, ia juga meminta agar usahanya membangun Arema tak dicampuri dengan tudingan-tudingan seperti yang tak berdasar. "Jangan dikotori oleh kepentingan kepentingan sesaat yang membawa sepakbola kita tak tahu arah hingga ke mana mana," ujarnya.

Baca Juga: Hamka Minta Aremania Sambut Baik Persib Bandung

3. Harus ada keberimbangan

Mantan CEO Dituduh Atur Skor, Arema FC Pilih Fokus Piala IndonesiaIDN Times/Bela Ikhsan

Sementara itu, Media Officer Arema, Sudarmaji, menyampaikan apresiasi terhadap diskusi yang telah yang ada pada Mata Najwa tersebut. Namun, ia meminta ada keberimbangan pada penyampaiannya agar tidak menimbulkan kesan negatif pada penonton. "Harus ada cover both side karena diskusi itu merupakan produk jurnalistik. Jangan sampai diskusi itu memunculkan pemikiran-pemikiran yang justru berdampak efek negatif," ujarnya.

4. Fokus laga lawan Persib

Mantan CEO Dituduh Atur Skor, Arema FC Pilih Fokus Piala IndonesiaIDN Times/Galih Persiana

Sudarmaji juga mengaku lebih memilih fokus pada Piala Indonesia daripada menanggapi tudingan tersebut. Sebab, Arema FC akan berlaga lawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Jum'at (22/2). "Fokusnya Arema saat ini menyeiapkan babak 16 besar piala Indonesia. Ini fase yang sangat penting apalagi klub yang kita hadapi Persib Bandung, yang saat ini disorot oleh ribuan mata penggemar sepakbola indonesia," terangnya.

Baca Juga: Diuntungkan Hasil Laga Pertama, Arema Janji Tetap Tampil Ngotot

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya