Comscore Tracker

5 Pelajaran Bijak yang Bisa Dipetik dari Kemenangan Liverpool

Liverpool kini menjadi Raja Eropa

Liverpool telah menjuarai Champion League 2019. Namun, pencapain itu tidak mudah. Setelah menjadi juara Champion League pada 14 tahun lalu, Liverpool harus menunggu lebih dari 1 dekade untuk kembali meraih gelar. 

Lalu pelajaran apa yang bisa dipetik dari perjalanan Liverpool? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

1. Jangan takut akan kegagalan

5 Pelajaran Bijak yang Bisa Dipetik dari Kemenangan Liverpoolfootball365.com

Jurgen Klopp pernah jadi bahan tertawaan. Pasalnya dirinya sudah 3 kali kalah di kancah Eropa. Final Champion League 2012-2013, bersama Dortmund, UEFA Europa League bersama Liverpool, dan final UEFA Champion 2018.

Namun faktanya dirinya tidak takut untuk gagal. Dirinya percaya akan kerja keras, dan kemajuan yang di lakukan step by step.

2. Sabar dan pantang menyerah

https://www.youtube.com/embed/cqY7nC5L7N8

Bukan berarti kalau gagal di kompetesi lain, kamu juga akan gagal di kompetisi berikutnya. Banyak hal-hal yang kamu pelajari dari kompetisi sebelumnya, seperti mentalitas.  Belajarlah bahwa keberhasilan itu bukan jumlah, namun meraih gol yang sudah diperoleh dalam perjalanan itu. 

3. Kerja tim bukan individu

https://www.youtube.com/embed/Hyq5BoT8O9U

Jurgen Klopp mengatakan bahwa semua pemain berpartisipasi dalam pertandingan. Tidak ada perkataan seorang individu yang bisa memenangkan satu pertandingan. Kerja tim memang menjadi kunci dalam pertandingan. Bisa dilihat bagaimana pertandingan kemarin menunjukan bahwa pertahanan Liverpool sangat kuat.

Baca Juga: Gelar Juara Liverpool dan Berakhirnya Kutukan Klopp, Ini 5 Faktanya

4. Fokus!

https://www.youtube.com/embed/EJOyIxSveQU

Fokus adalah hal yang penting. Bagaimana kamu bisa meraih tujuan agar menjadi yang terbaik. Seperti Alisson Becker yang  membuat penyelamatan dari serangan tim lawan. Fokus di event besar, bisa membantu kamu lebih tenang.

5. Progress bukan instan

https://www.youtube.com/embed/Ksa7TRTeLFo

Jurgen Klopp mengatakan bahwa progress bukan instan.  Tidak hanya itu skuad yang memiliki sisi keluarga juga menjadi salah satu faktor.

Itu pelajaran yang bisa kamu petik dari Liverpool di Liga Champion 2019.

Baca Juga: [LINIMASA] Arus Mudik Lebaran 2019, Ini Fakta dan Datanya

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya