10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh 

Ada-ada aja permintaan para pesepak bola dunia ini

Selama bertahun-tahun, transfer telah menjadi lebih profesional dengan klausul yang tepat. Kamu pasti pernah mendengar tentang klausul transfer yang tak terhitung banyaknya yang diusulkan dan ditandatangani oleh klub sepakbola tertentu dan atau pemain individu untuk menjaga kepentingan masing-masing.

Ada beberapa contoh di dunia sepakbola di mana sebuah klub atau pemain sepak bola telah melangkah terlalu jauh dengan klausul mereka. Dan di bawah ini adalah 10 pesepak bola terkenal dengan klausul kontrak teraneh dan terunik di dunia.

1. Neymar Jr

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh sportskeeda.com

Transfer Neymar ke Barcelona terjadi secara kontroversial karena banyak alasan dan itu  masih diselidiki oleh FIFA. Pemain Brasil yang flamboyan ini dikenal karena gaya hidupnya yang mewah dan menurut laporan ada klausa dalam klausul kontraknya bersama Barcelona yang membantu gaya hidupnya. Klausul tersebut memungkinkan teman-temannya dari Brasil untuk mengunjunginya setiap dua bulan dengan Barcelona membayar semua biaya temannnya.

Selain itu, ada juga klausul lain dalam kontraknya yang akan memberinya 2 juta poundsterling jika dia tidak membantah pilihan pelatih mengenai posisinya di lapangan.

2. Roberto Firmino

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh liverpoolfc.com

Pada tahun 2014, Arsenal menawarkan 40 juta poundsterling plus 1 poundsterling untuk mengontrak Luis Suarez dari Liverpool karena klub yakin ada klausul dalam kontraknya. Tidak perlu dikatakan bahwa upaya Arsenal untuk mengontrak pemain Uruguay itu tidak cocok dengan Liverpool.

Jadi, ketika Liverpool membeli Roberto Firmino dari Hoffenheim dengan harga 29 juta poundsterling pada tahun 2015, mereka memiliki klausul khusus yang dimasukkan dalam kontraknya. Menurut klausa ini, Firmino memiliki klausul rilis senilai 83 juta poundsterling yang ketika diaktifkan akan membuatnya bebas untuk bernegosiasi dengan klub mana pun kecuali Arsenal. Menurut Football Leaks, Liverpool memastikan bahwa klausul itu tidak berlaku untuk Arsenal.

3. Radamel Falcao

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh marca.com

Pada 2014, Radamel Falcao menandatangani kontrak dengan Manchester United setelah absen dalam Piala Dunia FIFA 2014 karena cedera lutut serius yang ia alami saat ia bermain untuk AS Monaco. Meskipun Manchester United hanya hanya meminjam striker Kolombia tersebut, mereka waspada dengan cederanya dan ingin memastikan bahwa mereka tidak harus membayar gajinya sepanjang tahun jika cedera lutut itu kambuh.

Jadi, apa yang dilakukan Manchester United? Mereka memiliki klausa yang dimasukkan dalam kontraknya yang memungkinkan mereka mengirim Radamel Falcao kembali ke AS Monaco jika cedera lututnya kambuh.

4. Ronaldinho

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh sportsjoe.ie

Ronaldinho tidak bisa mencapai potensi terbaik nya karena gaya hidupnya dan itu mungkin merupakan kasus atas klausul dalam kontraknya di Flamengo. Pada 2011, pemain Brasil itu memutuskan untuk meninggalkan Eropa dan kembali ke negara asalnya Brasil, untuk bermain dengan tim Flamengo.

Namun, Ronaldinho ingin menjalani kehidupan sesuka hatinya dan memasukkan klausul aneh ke dalam kontraknya yang memungkinkannya keluar dua malam per minggu yang disetujui dengan senang hati oleh Flamengo.

5. Paul Pogba

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh juvefc.com

Paul Pogba menjadi terkenal dalam sekejap setelah bergabung dengan Juventus pada tahun 2012 dan banyak klub di Eropa tertarik mengontraknya saat ia dikontrak oleh raksasa Serie A. Akhirnya, ia dijual ke Manchester United pada tahun 2016 memecahkan rekor transfer dunia saat itu sebesar 9 juta poundsterling.

Namun, ketika Pogba masih di Juventus, klub ingin mempertahankannya selama mungkin dan memasukkan klausul pelepasan senilai 55 juta poundsterling selama perpanjangan kontrak pertamanya. Juventus waspada terhadap PSG yang memiliki uang sangat banyak, jadi, jika klub Paris ingin merekrut Pogba, maka mereka harus membayar uang tambahan sebesar 8 juta poundsterling.

Baca Juga: Real Madrid Pagari Diaz dengan Klausul Pelepasan Senilai Rp12 Triliun

6. Samuel Eto'o

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh en.as.com

Pada awal 2010-an, klub asal Rusia Anzhi Makhachkala menghabiskan banyak uang untuk merekrut pemain-pemain bintang dari seluruh Eropa termasuk Roberto Carlos, Willian, Lassana Diarra dan bahkan Samuel Eto dari Inter pada 2011 dengan harga 22,5 juta poundsterling. Eto’o memasuki akhir karirnya dan Anzhi memberinya kesempatan untuk menghasilkan banyak uang sebelum ia gantung sepatu. Klub Rusia tersebut membayarnya 20 juta poundsterling per tahun, tetapi mereka juga memiliki klausul yang luar biasa dalam kontraknya untuk membuat hidupnya mudah.

Striker sekaligus kapten Timnas Kamerun itu lebih suka tinggal di Moskow daripada Makhachkala dan karena klausul dalam kontraknya, Anzhi harus membawanya dari Moskow ke Makhachkala menggunkan jet pribadi super mewah.

7. Alex Oxlade-Chamberlain

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh thisisanfield.com

Alex Oxlade-Chamberlain bergabung dengan Arsenal pada 2011 dan menikmati musim debut yang hebat bersama The Gunners yang membantunya mendapatkan tempat di skuad Euro 2012 Inggris. Terlepas dari penampilannya yang bagus untuk Arsenal, ia sering digunakan sebagai pemain pengganti di akhir pertandingan yang banyak membuat para penggemar kecewa. Ternyata ada alasan mengapa Arsene Wenger menggunakan pemain Inggris sebagai pemain pengganti.

Menurut kontrak Chamberlain di Arsenal, klubnya harus membayar 10.000 poundsterling kepada mantan klubnya yaitu Southampton, setiap kali ia bermain 20 menit atau lebih. Jadi apabila Arsenal menurunkan Chamberlain di awal laga atau bermain lebih dari 20 menit, maka Arsenal harus membayar sejumlah uang untuk Southampton. Sungguh klausul yang sangat unik.

8. Mario Balotelli

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh skysports.com

Mario Balotelli memiliki perilaku kontroversial di dalam dan di luar lapangan. Butuh waktu lama untuk membahas panjang lebar hal-hal yang telah ia lakukan untuk mendapatkan berita utama karena semua alasan yang salah. Pada tahun 2014, ketika Liverpool memutuskan untuk membawa Balotelli kembali ke Inggris, mereka ingin memastikan bahwa ia tidak membuat nama klub menjadi jelek. Oleh karena itu, mereka memiliki pengabaian perilaku yang dimasukkan ke dalam kontraknya untuk memastikan dia menjaga perilakunya.

Meskipun Balotelli gagal total di Liverpool, secara mengejutkan ia tidak diusir keluar lapangan atau terlibat dalam kontroversi apa pun saat ia berada di Anfield.

9. Luis Suarez

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh sportskeeda.com

Luis Suarez adalah pemain sepakbola yang luar biasa dan telah mencapai banyak hal di lapangan. Namun, ia akan selalu diingat karena perilakunya yang kontroversial yaitu menggigit pemain lawan.

Setahun sebelum Barcelona menandatangani pemain Uruguay, ia menggigit Branislav Ivanovic dari Chelsea dan beberapa minggu sebelum bergabung dengan klub, ia menggigit Giorgio Chiellini dari Italia. Jadi, ketika Suarez bergabung dengan Barcelona, ​​ia menjalani larangan bermain sepak bola selama empat bulan.

Untuk memastikan bahwa dana besar yang mereka keluarkan tidak menyebabkan mereka rugi dengan dilarang untuk menggigit lagi, Barcelona memiliki klausa yang dimasukkan dalam kontraknya yang menghentikannya dari menggigit pemain dan jika dia melakukannya, akan ada konsekuensi yang harus diterima Suarez.

10. Dennis Bergkamp

10 Pesepak bola Terkenal dengan Klausul Kontrak Unik dan Nyeleneh sportsjoe.ie

The Flying Dutchman adalah kapal hantu legendaris yang tidak pernah dapat mencapai pelabuhan dan striker asal Belanda ini adalah pemain sepak bola legendaris yang takut untuk terbang. Mantan superstar Arsenal, Dennis Bergkamp memiliki fobia terbang. Jadi, ketika dia menegosiasikan kontraknya dengan The Gunners, dia memasukkan klausa untuk mengatasi fobia ini.

Menurut klausul ini, Bergkamp tidak harus bepergian dengan tim Arsenal dalam perjalanan di mana tim menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi.

Nah itulah 10 pesekabola terkenal dunia yang memiliki klausul paling aneh dan unik dalam kontrak mereka. Ada-ada saja ya permintaan mereka.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Beli Dengan Harga Klausul Pelepasan Lionel Messi

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya