Inilah 5 Agensi Pemain Dengan Market Value Tertinggi Saat Ini

Mereka yang mengatur transfer antara pemain dan klub

Sekarang sepakbola bukan sekedar olahraga yang bertujuan untuk menghibur, melainkan sebagai industri bisnis. Banyak individu yang terlibat dalam sepakbola baik di dalam maupun di luar lapangan. Salah satu aspek yang memegang peran penting dalam sepakbola saat ini adalah agensi pemain.

Tugas dari agensi pemain adalah menjadi jembatan antara pemain dan klub mengenai transfer, gaji, dan kontrak sang pemain. Sangat banyak agensi pemain saat ini dan di bawah ini merupakan 5 agensi pemain dengan market value tertinggi saat ini.

Baca Juga: Demi Bertahan di Napoli, Lorenzo Insigne Lepas dari Mino Raiola

1. Stellar Football (1,33 Miliar Euro)

Inilah 5 Agensi Pemain Dengan Market Value Tertinggi Saat Inidailymail.co.uk

Stellar Football merupakan agensi pemain yang paling besar serta memiliki banyak klien pemain bintang yang tersebar di seluruh Eropa. Agensi asal Inggris tersebut ditaksir memiliki value sebesar 1,33 miliar euro.

Ada 583 pemain yang berada di bawah naungan Stellar Football. Tiga pemain Stellar Football dengan value tertinggi saat ini adalah Saul Niguez (70 juta euro), Eduardo Camavinga (50 juta euro), dan Ben Chilwell (50 juta euro). Selain mereka, masih ada nama beken lainnya seperti Gareth Bale, Mason Mount, dan Luke Shaw yang menjadi klien dari Stellar Football. Agen pemain paling terkenal dari agensi ini adalah Jonathan Barnett.

2. Wasserman (1,27 Miliar Euro)

Inilah 5 Agensi Pemain Dengan Market Value Tertinggi Saat Initransfermarkt.com

Wasserman Media Group merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran olahraga serta manajemen bakat. Wasserman berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. Wasserman tergolong perusahaan baru karena berdiri pada tahun 1998 lalu.

Namun, Wasserman merupakan salah satu agensi pemain dengan market value tertinggi saat ini. Total ada 587 pesepakbola yang menjadi client mereka yang jika dijumlahkan market value-nya adalah sebesar 1,27 miliar euro. Tiga klien Wasserman dengan value tertinggi saat ini adalah Federico Valverde (70 juta euro), Clément Lenglet (50 juta euro), dan Houssem Aouar (50 juta euro).

3. Gestifute (951,1 Miliar Euro)

Inilah 5 Agensi Pemain Dengan Market Value Tertinggi Saat Inibbc.com

Kamu tahu siapa orang di balik transfer Cristiano Ronaldo ke Real Madrid yang memecahkan rekor transfer dunia pada tahun 2009 lalu? Yup, dia adalah Jorge Mendes, seorang agen pemain dari perusahaan asal Portugal, Gestifute.

Dilansir dari laman Transfermarkt, value dari seluruh pemain Gestifute adalah 951,1 miliar euro dari total 139 pemain. Tiga nama yang menyumbang value tertinggi adalah Bernardo Silva (80 juta euro), Cristiano Ronaldo (60 juta euro), dan Fabinho (60 juta euro). Tak hanya pemain, Gestifute juga merupakan agen dari pelatih seperti Jose Mourinho, Nuno Espírito Santo, dan Aitor Karanka.

4. Mino Raiola (820 Miliar Euro)

Inilah 5 Agensi Pemain Dengan Market Value Tertinggi Saat Iniexpress.co.uk

Jika Portugal punya nama Jorge Mendes sebagai agen pemain terbaik, Belanda mempunyai Mino Raiola. Agen pemain yang satu ini memang kerap kali mengeluarkan pernyataan tentang hubungan klub dan kliennya. Yang  terbaru adalah ia mengatakan bahwa Pogba akan segera hengkang dari Manchester United.

Raiola dijuluki sebagai super agent karena ia memiliki klien pemain bintang sebanyak 78 pemain dengan nilai pasar yang ditaksir mencapai 820 miliar euro. Tiga klien Raiola dengan value tertinggi saat ini adalah Erling Haaland (100 juta euro), Paul Pogba (80 juta euro), dan Matthijs de Ligt (70 juta euro).

5. LIAN Sports Group (639,5 Miliar Euro)

Inilah 5 Agensi Pemain Dengan Market Value Tertinggi Saat Inifcbarcelona.com

Nama terakhir dalam daftar agensi pemain paling bernilai saat ini adalah LIAN Sports Group yang berbasis di Irlandia. Nikola Damjanac merupakan agen yang terkenal dari LIAN Sports Group. Total LIAN Sports Group memiliki 75 klien di seluruh penjuru Eropa.

Ditaksir saat ini LIAN Sports Group memiliki market value senilai 639,5 miliar euro. Ada tiga nama pemain dengan market value yang tinggi dari LIAN Sports Group, yakni Leroy Sané (70 juta euro), Kalidou Koulibaly (65 juta euro), dan Miralem Pjanic (50 juta euro).

Nah, itulah 5 agensi pemain dengan market value tertinggi saat ini. Menurut kamu, seberapa penting peran dari agensi pemain bagi seorang pesepakbola modern saat ini?

Baca Juga: Jorge Mendes: Cristiano Ronaldo Tetap di Juventus Musim Depan

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya