5 Catatan Menarik dari Matchday Keenam Liga Champions, Rekor Tercipta

Rekor debutan termuda terpecahkan!

Matchday ke-6 Liga Champions sudah dilaksanakan pada Selasa dan Rabu 8--9 Desember 2020. Laga terakhir ini menjadi laga penentu bagi beberapa klub apakah mereka lolos ke fase gugur atau malah harus turun ke kompetisi Europa League. Klub-klub seperti Real Madrid, Inter Milan, Ajax, Atalanta, dan Manchester United mempertarukan nasib mereka di laga ini.

Namun, tak hanya sebagai laga pamungkas, matchday ke-6 Liga Champions juga menghadirkan berbagai fakta dan catatan yang menarik. Di bawah ini adalah 5 catatan menarik dari matchday ke-6 Liga Champions 2020/2021.

Baca Juga: 8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!

1. Karim Benzema menjadi pemain kelima yang mencetak 50 gol dalam fase grup Liga Champions

5 Catatan Menarik dari Matchday Keenam Liga Champions, Rekor Terciptaeurosport.com

Karim Benzema menjalani musim 2020/2021 dengan rasa percaya diri yang tinggi setelah ia menjadi pemain penting Real Madrid dalam meraih gelar La Liga pertama mereka dalam tiga tahun terakhir. Membutuhkan kemenangan di kandang melawan Borussia Monchengladbach pada Matchday 6, pasukan Zinedine Zidane berhutang budi pada brace Karim Benzema yang memastikan tempat mereka di babak 16 besar Liga Champions 2020/2021.

Pemain asal Prancis itu menjadi pemain kelima dalam sejarah Liga Champions yang mencetak 50 gol dalam fase penyisihan grup. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Raul, dan Ruud van Nistelrooy adalah pemain yang pernah melakukan hal serupa.

2. Youssoufa Moukoko menjadi debutan termuda di Liga Champions

5 Catatan Menarik dari Matchday Keenam Liga Champions, Rekor Terciptabvbbuzz.com

Dalam kemenangan 2-1 Borussia Dortmund atas Zenit St. Petersburg, Youssoufa Moukoko memecahkan rekor di Liga Champions. Hanya 18 hari setelah ulang tahunnya yang ke-16, striker asal Jerman itu menjadi debutan termuda dalam sejarah Liga Champions.

Dia mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Celestine Babayaro. Moukoko melakukan debut pada usia dua bulan lebih muda daripada Babayaro. Pemain kelahiran Kamerun ini juga telah memainkan tiga pertandingan Bundesliga untuk Dortmund, tetapi belum mencetak satu gol pun.

3. Rekor buruk pertahanan Barcelona

5 Catatan Menarik dari Matchday Keenam Liga Champions, Rekor Terciptamarca.com

Setelah menjalani musim tanpa trofi pertama mereka dalam lebih dari satu dekade, Barcelona asuhan Ronald Koeman memenangkan lima pertandingan Liga Champions pertama mereka musim ini meskipun penampilan di LaLiga masih belum konsisten. Blaugrana, yang berada di urutan kesembilan di klasemen LaLiga, membutuhkan satu poin melawan Juventus untuk menjadi juara grup. Namun, mereka malah menelan kekalahan 0-3.

Setelah menang 2-0 di kandang Juventus, Barcelona tampil tidak konsisten saat bermain di Camp Nou saat Juventus diperkuat Ronaldo. CR7 mencetak gol Liga Champions pertamanya melawan Barcelona.

Ronaldo membuka skor dari titik penalti sejak awal laga sebelum pemain muda asal Amerika Serikat, Weston McKennie, mencetak gol dari jarak dekat untuk menggandakan keunggulan Juventus. Ini kali pertama Barcelona kebobolan dua gol di kandang dalam waktu 20 menit awal pertandingan Liga Champions. Seolah tak cukup dengan satu gol, Ronaldo kembali mencetak gol lewat titik putih dan membuat Juventus unggul 0-3 hingga pertandingan usai.

4. Kylian Mbappe menjadi pemain termuda yang mencetak 20 gol di Liga Champions

5 Catatan Menarik dari Matchday Keenam Liga Champions, Rekor Terciptagoal.com

Melanjutkan awal yang bagus di musim 2020/2021, Kylian Mbappe mencetak dua gol di Liga Champions musim ini saat melawan Istanbul Basaksehir. Pemain Prancis berusia 21 tahun itu menjadi pemain termuda yang mencetak 20 gol di Liga Champions dan yang pertama melakukannya sebelum ulang tahunnya yang ke-22.

Mbappe, yang telah mencetak 10 gol di Ligue 1 musim ini, mencatatkan lebih banyak assist di Liga Champions (14 assist) dibanding pemain mana pun sejak Liga Champions musim 2017/2018.

5. Neymar menjadi pemain ketiga yang mencetak tiga kali hattrick di Liga Champions

5 Catatan Menarik dari Matchday Keenam Liga Champions, Rekor Terciptaen.as.com

Setelah gagal membawa Paris Saint-Germain meraih gelar Liga Champions pertama mereka saat melawan Bayern Munchen musim lalu, Neymar memulai musim ini dengan gemilang. Pemain Brasil berusia 28 tahun telah mencetak 3 gol di Ligue 1 musim ini menjelang pertandingan matchday ke-6 melawan Istanbul Basaksehir.

Dalam laga yang berakhir untuk kemenangan PSG dengan skor 5-1, Neymar membuat hattrick. Dengan catatan tersebut, Neymar bergabung dengan Lionel Messi (8) dan Cristiano Ronaldo (8) sebagai pemain yang mencetak tiga kalai hattrick di Liga Champions. Dua hattrick lainnya dari Neymar saat ia bermain di Barcelona.

Nah, itulah 5 catatan menarik dari matchday ke-6 Liga Champions 2020/2021. Gimana, klub favorit kamu lolos ke fase gugur atau malah turun ke kompetisi Europa League? Atau bahkan menjadi juru kunci grup?

Baca Juga: Para Klub Juara Liga Europa yang Gagal di Liga Champions, Kutukan?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya