5 Klub yang Sering Dibobol Lionel Messi di Liga Champions

Mulai dari Arsenal hingga Manchester City

Lionel Messi adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada. Ia memegang banyak rekor dan bergelimang trofi sepanjang kariernya. Messi sempat merajai Spanyol bersama Barcelona. Ia juga tenar di Eropa dengan meraih beberapa gelar Liga Champions.

Dalam ajang Liga Champions, Messi adalah pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa dalam dengan torehan 120 gol, hanya kalah dari Cristiano Ronaldo dengan 135 gol. Dari sekian banyak klub yang pernah Messi hadapi di pentas Eropa, ada beberapa klub yang menjadi lumbung gol kapten Argentina ini. Klub apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Arsenal (9 gol)

5 Klub yang Sering Dibobol Lionel Messi di Liga ChampionsLionel Messi saat melawan Arsenal. (planetfootball.com)

Mungkin hal terbaik dari absennya Arsenal di ajang Liga Champions adalah mereka tidak harus berhadapan dengan seorang Lionel Messi. Messi menjadi salah satu momok menakutkan bagi Arsenal di ajang sepak bola Eropa.

Arsenal sudah berhadapan dengan Lionel Messi dalam ajang Liga Champions sebanyak enam kali. Dari laga-laga tersebut, Messi berhasil membobol gawang The Gunners sebanyak 9 kali, serta mencatatkan 2 assist. 

Laga yang tak terlupakan adalah pada leg kedua perempat final Liga Champions 2009/2010. Messi yang masih membela Barcelona menang dengan skor 4-1. Semua gol Barca dicetak oleh Messi.

2. Celtic (8 gol)

5 Klub yang Sering Dibobol Lionel Messi di Liga ChampionsLionel Messi saat melawan Celtic. (uefa.com)

Celtic adalah klub asal Skotlandia yang langganan bermain di Liga Champions. Salah satu tim yang sering dihadapi oleh Celtic adalah Barcelona, klub lama Lionel Messi. Pertemuan pertama Messi dengan Celtic terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2007/2008, di mana saat itu Barcelona menang dengan skor 2-3. Messi mencetak dua gol.

Pada laga fase grup Liga Champions 2012/2013, Celtic berhasil menang tipis dengan skor 2-1, gol Barcelona dicetak oleh Messi. Mereka kembali bertemu dalam fase grup Liga Champions 2016/2017. 

Messi mencetak hat-trick dalam kemenangan 7-0. Ia juga mencatatkan dua gol saat timnya mengalahkan Celtic 2-0 di Celtic Park.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Sepanjang Karier Lionel Messi 

3. AC Milan (8 gol)

5 Klub yang Sering Dibobol Lionel Messi di Liga ChampionsLionel Messi saat melawan AC Milan. (independent.co.uk)

Messi telah mencetak banyak gol ke gawang AC Milan di Liga Champions. Hal yang tidak mengejutkan karena antara tahun 2011 hingga 2014, Barcelona dan AC Milan bertemu delapan kali. Messi tampil di semua pertandingan tersebut.

Gol pertama Messi ke gawang AC Milan tercipta pada fase grup Liga Champions 2011/2012, saat Barcelona menang 2-3. Pada babak perempat final mereka kembali bertemu dan Messi mencetak gol. Kali itu ia menyarangkan dua gol untuk kemenangan 3-1 Barcelona.

Pada fase 16 besar musim 2012/2013, Barcelona menang 4-0 berkat sumbangan dua gol Lione Messi. Pertemuan terakhir mereka terjadi pada musim 2013/2014 silam di fase grup, di mana Barcelona meraih hasil 1-1 dan 3-1. Messi mencetak masing-masing 1 dan 2 gol pada laga tersebut.

4. Bayer Leverkusen (7 gol)

5 Klub yang Sering Dibobol Lionel Messi di Liga ChampionsLionel Messi saat melawan Bayer Leverkusen. (ibtimes.co.uk)

Lionel Messi telah bermain melawan enam tim berbeda asal Jerman. Klub Jerman yang paling sering Messi bobol adalah Bayer Leverkusen. Saat membela Barcelona, Messi telah mencetak 7 gol melawan Leverkusen hanya dalam 3 pertandingan.

Catatan ini termasuk 5 golnya pada 2012, yang membuat Messi menjadi pemain pertama yang mencetak 5 gol dalam satu pertandingan Liga Champions. Messi juga mencetak gol di leg pertama melawan Leverkusen dalam kemenangan agregat 10-2.

Messi kembali menjadi mimpi buruk Leverkusen pada 2015. Dalam pertandingan penyisihan grup, Messi mencetak gol di BayArena untuk membantu Barcelona mengamankan hasil imbang 1-1.

5. Manchester City (7 gol)

5 Klub yang Sering Dibobol Lionel Messi di Liga ChampionsLionel Messi saat melawan Manchester City. (beinsports.com)

Tak hanya Arsenal, ada satu lagi klub asal Inggris yang jadi lumbung gol Lionel Messi di Liga Champions, yakni Manchester City. Messi sudah bersua Manchester City sebanyak tujuh kali, baik bersama Barcelona maupun tim barunya, Paris Saint-Germain. 

Gol pertama Messi ke gawang The Citizens tercipta pada laga 16 besar musim 2013/2014. Dalam dua leg, Barcelona berhasil menaklukan City dengan skor akhir 0-2 dan 2-1. Messi masing-masing mencetak satu gol pada tiap laganya.

Messi mencetak trigol dalam laga kontra City di fase grup Liga Champions 2016/2017 dengan skor 4-0. Ia juga mencetak satu gol ketika Barcelona kalah 3-1 pada musim yang sama.

Terbaru, Messi berhasil mencetak satu gol dalam kemenangan PSG atas Manchester City dengan skor akhir 2-0. Ini merupakan gol perdana Messi bagi klub asal Paris tersebut.

Dengan masih aktifnya Lionel Messi di kompetisi Eropa, bukan tidak mungkin bahwa daftar klub ini akan bertambah seiring dengan gol yang diciptakannya.

Baca Juga: Momen Lionel Messi Tiduran di Lapangan Jadi Viral

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya