Comscore Tracker

5 Pemain Amerika Latin yang Berhasil Memenangi Ballon d'Or

Talenta Amerika Latin tak pernah ada matinya

Ballon d'Or merupakan penghargaan individu yang diberikan kepada pemain terbaik dalam satu musim kompetisi. Hingga 1995, penghargaan ini sering disebut sebagai European Footballer of the Year award karena diberikan kepada pemain Eropa di klub-klub Eropa.

Setelah 1995, aturan berubah dan memungkinkan pemain non-Eropa yang memenuhi syarat bisa meraih gelar Ballon d'Or. Selain Eropa, pemain Amerika Latin menjadi penyumbang terbanyak peraih Ballon d'Or.

Siapa saja mereka? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Lionel Messi

5 Pemain Amerika Latin yang Berhasil Memenangi Ballon d'Orpotret Lionel Messi (fcbarcelona.com)

Sulit untuk menjelaskan luar biasanya karier seorang Lionel Messi. Sejak debutnya bersama Barcelona pada 2004 silam, ia menjadi salah satu pesepak bola terbaik di muka bumi.

Saat ini, Messi merupakan pemain Amerika Latin dengan gelar Ballon d'Or terbanyak, yakni enam kali. Messi meraih Ballon d'Or pertamanya pada 2009. Selama tiga tahun selanjutnya, ia juga menjadi pemenang Ballon d'Or, sebelum dihentikan Cristiano Ronaldo pada 2013. Messi kembali mencatatkan namanya sebagai peraih Ballon d'Or pada 2015 setelah membawa Barcelona meraih treble winners kedua sepanjang sejarah.

Messi terakhir kali mendapatkan trofi Ballon d'Or pada 2019. Dengan perfomanya yang apik bersama Barcelona musim lalu, plus menjadi juara Copa America 2020 bersama Argentina, mampukah Messi meraih gelar Ballon d'Or yang ketujuh November mendatang?

2. Ronaldo 

5 Pemain Amerika Latin yang Berhasil Memenangi Ballon d'Orpotret Ronaldo (marca.com)

Sulit menemukan penyerang yang memiliki penyelesaian dan kemampuan menggiring bola seperti Ronaldo. Pemain asal Brasil itu merupakan salah satu legenda dan pemain terbaik yang pernah dimiliki Negeri Samba.

Ronaldo merupakan pemain asal Amerika Latin pertama yang berhasil meraih Ballon d'Or dan memutus hegemoni pemain asal Eropa. Saat bermain untuk Inter Milan pada 1997, Ronaldo memenangi Ballon d'Or pertamanya pada usia 21 tahun.

Hingga saat ini, Ronaldo masih menjadi pemain termuda yang pernah memenangi penghargaan Ballon d'Or. Ia juga menjadi orang Brasil pertama yang memenangi Ballon d'Or.

Pada 2002, Ronaldo bergabung dengan Real Madrid dalam skuad berjuluk Los Galaticos. Pada tahun yang sama, Ronaldo membawa Brasil juara Piala Dunia di Jepang dan Korea Selatan. Berkat penampilannya tersebut, Ronaldo menjadi pemenang Ballon d'Or 2002. Sampai saat ini, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain asal Brasil yang berhasil meraih Ballon d'Or sebanyak dua kali.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCL

3. Kaka

5 Pemain Amerika Latin yang Berhasil Memenangi Ballon d'Orpotret Kaka (en.ascom)

Kaka adalah pemain terakhir yang memenangi Ballon d'Or sebelum era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kaka adalah salah satu pemain paling terampil pada generasinya. Ia memiliki kecepatan, kemampuan mengoper, keterampilan menggiring bola, bakat, kelincahan, dan naluri mencetak gol.

Kaka bergabung dengan AC Milan pada 2003 dan membawa mereka berjaya di panggung Eropa. Musim terbaik Kaka terjadi pada 2006/2007, di mana ia membawa AC Milan meraih gelar juara Liga Champions. Kaka juga berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan 10 gol. 

Berkat penampilannya bersama AC Milan, Kaka berhasil meraih Ballon d'Or 2007 setelah unggul dari Cristiano Ronaldo. Sampai saat ini, Kaka menjadi pemain asal Brasil terakhir yang mampu meraih Ballon d'Or.

4. Ronaldinho

5 Pemain Amerika Latin yang Berhasil Memenangi Ballon d'Orpotret Ronaldinho (fcbarcelona.com)

Salah satu pemain ajaib yang berasal dari Amerika Latin. Sulit rasanya menemukan pemain seperti Ronaldinho. Ronaldinho bisa dibilang salah satu dribbler terbaik yang pernah ada. Seperti kebanyakan pemain Brasil, Ronaldinho memulai karier profesionalnya di Brasil bersama Gremio.

Pada 2001, Ronaldinho bergabung dengan Paris Saint-Germain di Ligue 1. Ia kemudian menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 2003. Bersama Barcelona, Ronaldinho menghabiskan lima tahun yang luar biasa.

Dengan kreativitas, kemampuan individu, serta insting mencetak gol, Ronaldinho membawa Barcelona menjuarai La Liga 2004/2005. Karena penampilannya, Ronaldinho dianugerahi Ballon d'Or 2005. Ia unggul dari dua pemain asal Inggris, yakni Frank Lampard dan Steven Gerrard.

5. Rivaldo

5 Pemain Amerika Latin yang Berhasil Memenangi Ballon d'Orpotret Rivaldo (lequipe.fr)

Saat masih bermain bersama klub asal Brasil, yakni Palmeiras, Rivaldo mengesankan banyak orang. Ia diminati klub-klub Eropa. Rivaldo pun memilih bergabung dengan klub La Liga, Deportivo la Coruna, pada musim panas 1996.

Setelah musim debutnya yang apik di La Liga, musim berikutnya Rivaldo bergabung dengan Barcelona. Pada 1999, Rivaldo berhasil membawa Barcelona meraih gelar La Liga dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua musim itu dengan torehan 24 gol. Rivaldo dengan segala talentanya berhasil meraih gelar Ballon d'Or 1999, mengalahkan David Beckham dengan selisih 65 poin.

Dengan kembalinya Ballon d'Or musim ini, akankah gelar tersebut jatuh ke tangan pemain asal Eropa? Atau justru pemain Amerika Latin yang berhak meraihnya? Mana prediksi kamu?

Baca Juga: Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'Or

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya