Comscore Tracker

Gacor, 5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

Mohamed Salah memecahkan rekor Steven Gerrard

Dalam ajang Liga Champions Eropa, tak ada satu pun tim yang bisa tampil dominan dalam ajang ini. Tiap musimnya, bakalan ada juara baru, atau sulit rasanya bagi sang juara bertahan untuk mempertahankan gelarnya. Karena itu pula, jarang sekali kita melihat klub dari Premier League menjadi juara Liga Champions.

Klub Inggris yang paling sukses pada ajang Liga Champions adalah Liverpool. The Reds sudah enam kali menjuarai kompetisi ini, jauh meninggalkan Manchester United dan Chelsea. Liverpool masuk dalam 10 klub dengan gol terbanyak di Liga Champions dengan total 434 gol.

Dari banyaknya gol tersebut, tentu saja Liverpool memiliki pemain andalan yang selau siap untuk menjebol gawang lawan. Di bawah ini adalah lima pemain Liverpool dengan gol terbanyak di ajang Liga Champions.

1. Mohamed Salah (32 gol)

Gacor, 5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Mohamed Salah (uefa.com)

Liverpool tengah mengalami tren positif, baik di Premier League maupun Liga Champions. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap performa Liverpool adalah penampilan impresif Mohamed Salah. Di Premier League, Salah tampil gacor dengan menjadi pencetak gol terbanyak sementara dengan tujuh gol, sama dengan raihan Jamie Vardy.

Penampilan Salah juga sama bagusnya di Liga Champions. Winger asal Mesir tersebut sudah mencetak lima gol. Terbaru, Salah berkontribusi dengan sumbangan dua gol dalam kemenangan 3-2 Liverpool atas Atletico Madrid. Total, Salah sudah menceploskan bola sebanyak 32 kali ke gawang lawan di ajang Liga Champions. Itu membuatnya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool di ajang ini, melewati raihan Steven Gerrard.

2. Steven Gerrard (30 gol)

Gacor, 5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Steven Gerrard (uefa.com)

Steven Gerrard adalah salah satu gelandang terbaik pada generasinya meski tidak memenangkan Liga Inggris bersama The Reds. Gerrard tampil menjadi man of the match dalam laga yang lebih dikenal dengan nama Miracle of Istanbul. Liverpool berhasil membekuk AC Milan dalam final Liga Champions 2005 silam.

Setelah Liverpool tertinggal 0-3 pada babak pertama, Gerrard menjadi pemain yang mencetak gol pembuka bagi The Reds, yang membuat mereka berhasil comeback dengan dua gol tambahan yang dicetak oleh Vladimir Smicer dan Xabi Alonso.

Gerrard tampil dalam 73 laga di Liga Champions bersama Liverpool dengan mencetak 21 gol. Ia juga tampil dalam 14 laga kualifikasi Liga Champions bersama Liverpool serta mengoleksi 9 gol.

3. Sadio Mane (20 gol)

Gacor, 5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Sadio Mane (liverpoolfc.com)

Sadio Mane berkembang sebagai salah satu winger terbaik dunia kala bermain untuk Liverpool. Kecepatan, kemampuan menguasai bola, dan kemampuan dribelnya membuat Mane menjadi pemain yang sulit dihentikan.

Mane memenangi Liga Champions bersama Liverpool,  runner-up di Piala Afrika 2019 bersama Senegal, Golden Boot Premier League, dan finis keempat dalam Ballon d'Or 2019.

Golnya melawan Porto pada September lalu membuat Mane sudah mencetak lima gol ke gawang klub asal Portugal itu. Sekarang, Mane jadi salah satu dari tiga pemain Liverpool yang sudah mengoleksi 20 gol di ajang Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Atletico Madrid, Banjir Gol

4. Roberto Firmino (18 gol)

Gacor, 5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Roberto Firmino (uefa.com)

Roberto Firmino menjadi salah satu pemain pekerja keras di skuad Liverpool. Meskipun raihan golnya tidak sebanyak Sadio Mane dan Mohamed Salah, kontribusi Firmino dalam membangun serangan Liverpool berguna juga. Ia berperan membuka ruang bagi dua rekannya.

Penyerang asal Brasil itu memulai musim 2021/2022 dengan cukup apik. Firmino telah mencetak enam gol di semua kompetisi musim ini. Firmino mencetak dua gol dalam kemenangan 5-1 Liverpool atas Porto, yang membuat total golnya di Liga Champions menjadi 18 gol, dengan rincian 17 gol di Liga Champions dan 1 gol di babak kualifikasi Liga Champions.

5. Ian Rush (14 gol)

Gacor, 5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak di Liga Championspotret Ian Rush (uefa.com)

Ian Rush adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool di semua kompetisi. Ian Rush merupakan bagian dari Golden Generation Liverpool yang mendominasi Liga Inggris di bawah asuhan pelatih Bob Paisley.

Selain memenangkan gelar untuk The Reds, Rush juga mengumpulkan banyak penghargaan individu, termasuk Sepatu Emas Eropa pada 1984. Meskipun mencetak 354 gol di semua kompetisi untuk The Reds, Ian Rush hanya mencetak 14 gol di ajang Liga Champions yang dulu bernama European Cup.

Nah, itulah deretan pencetak gol terbanyak Liverpool di Liga Champions Eropa. Liverpool tampil gacor dalam laga lanjutan Liga Champions musim ini dengan membekuk Atletico Madrid dengan skor 3-2. Akankah trio lini depan Liverpool yang dihuni Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah menambah pundi-pundi gol mereka di Liga Champions?

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Liverpool Atas Atletico Madrid di UCL

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya