Comscore Tracker

5 Pemain Muda Barcelona Andalan Pelatih Ronald Koeman

Jadi bagian penting dalam skuad Blaugrana

Ronald Koeman resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Barcelona pada awal musim 2020/2021 lalu menggantikan Quique Setién. Setelah tampil mengesankan dengan membawa Timnas Belanda lolos ke Euro 2020, Ronald Koeman diminati Barcelona dan meninggalkan tugasnya di Timnas Belanda.

Bersama Blaugrana, sejauh ini Ronald Koeman sudah mempersembahkan 1 trofi Copa del Rey. Tak hanya trofi, Koeman juga membawa perbedaan di Barcelona. Pemain senior seperti Luis Suarez dan Ivan Rakitic tak masuk dalam skuadnya. Koeman lebih percaya dengan pemain-pemain muda bertalenta.

Bahkan, ada di antara mereka yang jadi andalan Ronald Koeman dan hampir selalu masuk dalam starting evelen Barcelona pada setiap pertandingan. Berikut adalah lima pemain muda Barcelona andalan pelatih Ronald Koeman.

1. Pedri

5 Pemain Muda Barcelona Andalan Pelatih Ronald Koemanpotret Pedri (fcbarcelona.com)

Pedri melakukan debutnya di Barcelona pada 27 September 2020. Ronald Koeman memasukkannya untuk menggantikan Philippe Coutinho dalam pertandingan La Liga kontra Villareal. Pedri bermain konsisten dan menjadi pemain penting lini tengah Blaugrana. Koeman memberinya banyak kesempatan untuk bermain di tim utama.

Sejak laga debutnya itu, Pedri sudah bermain dalam 56 laga untuk Barcelona dengan koleksi 6 assist dan 4 gol. Berkat musim debut yang luar biasa, Pedri mendapat kesempatan untuk mewakili Spanyol di ajang Euro 2020 dan tampil di Olimpiade Tokyo musim panas lalu. Pemain berusia 18 tahun itu tampil mengesankan di kedua kompetisi saat mewakili Spanyol. Dia merupakan salah satu pemain favorit untuk meraih penghargaan Golden Boy tahun ini.

2. Frenkie De Jong

5 Pemain Muda Barcelona Andalan Pelatih Ronald Koemanpotret Frenkie de Jong (fcbarcelona.com)

Pengaruh Ronald Koeman pada Frenkie de Jong sangat terlihat musim lalu. Ahli taktik asal Belanda itu mengharuskan de Jong untuk bermain lebih ofensif. Koeman menempatkannya dalam posisi yang lebih maju. 

Sejauh ini, di bawah asuhan Ronald Koeman, de Jong sudah bermain dalam 59 laga di semua kompetisi dengan mencetak 7 gol dan 10 assist. Saat ini, de Jong menjadi jenderal lapangan tengah Barcelona dan menjadi kreator serangan Blaugarana. Pada usia yang masih muda, de Jong bermain seperti seorang pesepak bola yang sudah memiliki jam terbang sangat tinggi layaknya Toni Kroos dan Luka Modric di Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Muda yang Bisa Menjadi Penyelamat Barcelona di Musim Ini

3. Ronald Araujo

5 Pemain Muda Barcelona Andalan Pelatih Ronald Koemanpotret Ronald Araujo (fcbarcelona.com)

Musim lalu, Ronald Koeman bereksperimen dengan memainkan pemain muda asal Uruguay, Ronald Araujo. Araujo diberi kesempatan untuk menggantikan posisi Gerard Pique yang mengalami cedera.

Araujo dengan cepat bertransformasi menjadi pemain penting di lini belakang Barcelona. Musim lalu, Araujo tampil dalam 33 laga untuk Barcelona, sebelum menderita cedera.

Pemain berusia 22 tahun itu telah kembali. Performanya yang impresif telah dimanfaatkan Ronald Koeman dalam sembilan pertandingan Barcelona sejauh ini. Total, di bawah Ronald Koeman, Araujo sudah tampil dalam 42 laga sejak musim 2020/2021 lalu.

4. Oscar Mingueza

5 Pemain Muda Barcelona Andalan Pelatih Ronald Koemanpotret Oscar Mingueza (fcbarcelona.com)

Ronald Koeman mempromosikan Oscar Mingueza ke tim senior Barcelona musim lalu. Dia menjadikannya pilihan utama di lini belakang. Oscar Mingueza total sudah membuat 46 penampilan sejak dilatih Ronald Koeman. Dia menyumbangkan 2 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Bek muda Spanyol ini telah menunjukkan peningkatan performa yang luar biasa dalam beberapa pertandingan terakhir. Mingueza bermain dengan lebih percaya diri dan tenang.

5. Sergino Dest

5 Pemain Muda Barcelona Andalan Pelatih Ronald Koemanpotret Sergino Dest (fcbarcelona.com)

Sergino Dest bergabung dengan Barcelona dari Ajax dengan biaya transfer senilai 21 juta euro pada awal musim 2020/2021. Pada musim pertamanya bersama Barcelona, Dest tampil dalam 41 laga. Dia mencetak 3 gol dan 1 assist.

Bekerja di bawah arahan Ronald Koeman, performa Dest meningkat secara bertahap musim ini. Bisa dikatakan, dia adalah salah satu pemain terbaik Barcelona saat ini. Dari 8 laga yang Dest mainkan musim ini, dia mencatatkan 14 tekel, 9 blok, dan 6 clearances. Dest juga sudah mencatatkan satu assist.

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Barcelona lebih banyak mendapatkan hasil minor dan nasib Ronald Koeman sedang di ujung tanduk. Apa yang terjadi dengan pemain muda di atas jika Ronald Koeman dipecat Barcelona?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Dipecat Barcelona, Ronald Koeman Nyusul?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya