5 Duet Penyerang dengan Kombinasi Gol Terbanyak di Premier League

Mereka jadi momok menakutkan bagi kiper lawan

Sepanjang sejarahnya, Premier League selalu memiliki bomber maut atau bahkan duo maut di lini serang klub yang berkompetisi. Pada era 90-an dan awal 2000-an, kita mengenal duo Alan Shearer dan Chris Sutton yang berhasil membawa Blackburn Rovers menjuarai Premier League pada musim 1994/1995. Ada juga duo Dwight Yorke dan Andy Cole yang sempat jadi tumpuan utama lini depan Manchester United.

Setelah era itu, muncul duo Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney yang tampil solid untuk The Reds Devils serta duet Luis Suarez dan Daniel Sturridge yang mematikan di Liverpool. Tetapi, tidak satupun dari duet pemain ini yang masuk daftar duo dengan kombinasi gol terbanyak di ajang Premier League.

Buat kamu yang penasaran siapa saja daftarnya, berikut adalah 5 duet penyerang dengan kombinasi gol terbanyak di Premier League.

1. Harry Kane dan Son Heung-min (37 Gol)

5 Duet Penyerang dengan Kombinasi Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Harry Kane dan Son Heung-min (beinsports.com)

Sejak bergabung dengan Tottenham Hotspurs dari Bayer Leverkusen pada Agustus 2015 lalu, Son Heung Min menjadi salah satu pemain andalan Spurs. Sosoknya seakan menjadi tandem yang sempurna untuk Harry Kane.

Son dan Kane dikenal karena memiliki finishing yang menakutkan bagi kiper lawan sehingga menjadikan mereka sebagai duo penyerang terbaik di Premier League saat ini. Duo pemain ini berhasil membuat kombinasi 14 gol di Premier League pada musim 2020/2021 lalu sekaligus memecahkan rekor kombinasi gol terbanyak dalam satu musim Premier League.

Gol yang dibuat oleh Son dalam laga melawan Leeds United pada akhir Februari 2022 lalu adalah kali ke-37 ia dan Harry Kane mencetak gol di Premier League. Dengan hasil ini, mereka memecahkan rekor kombinasi gol terbanyak Premier League yang sebelumnya dipegang oleh Drogba dan Lampard.

2. Didier Drogba dan Frank Lampard (36 Gol)

5 Duet Penyerang dengan Kombinasi Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Didier Drogba dan Frank Lampard (mlssoccer.com)

Didier Drogba dan Frank Lampard adalah dua pemain penting yang sukses membawa Chelsea meraih kejayaan. Keduanya berhasil membawa Chelsea memangkan tiga gelar Premier League antara 2004 hingga 2010.

Kedua pemain ini juga dikenal memiliki koneksi yang sangat baik di atas lapangan. Lampard berkontribusi dalam 24 gol yang diciptakan oleh Didier Drogba di Premier League. Sedangkan penyerang asal Pantai Gading tersebut membantu Lampard dalam menciptakan 12 golnya di ajang Premier League. Total, mereka dua saling berkontribusi dalam 36 gol selama bekerja sama di Chelsea.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Premier League yang Kini Berjuang di League One

3. David Silva dan Sergio Aguero (29 Gol)

5 Duet Penyerang dengan Kombinasi Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret David Silva dan Sergio Aguero (skysports.com)

David Silva dan Sergio Aguero membentuk duo mematikan dalam sembilan musim kerja sama mereka di Manchester City. Keduanya membawa City meraih empat gelar Premier League, satu FA Cup, dan lima League Cup.

Sergio Aguero adalah top skorer sepanjang masa Manchester City dengan total 184 gol. 21 gol yang diciptakan oleh Aguero merupakan hasil kerja sama dengan David Silva. Sementara Aguero juga berkontribusi dalam 7 gol yang diciptakan oleh Silva di ajang Premier League.

4. Thierry Henry dan Robert Pires (29 Gol)

5 Duet Penyerang dengan Kombinasi Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Thierry Henry dan Robert Pires (express.co.uk)

Setelah menjadi manajer Arsenal pada Oktober 1996, Arsene Wenger melakukan beberapa perekrutan yang cerdik. Ia lebih banyak merektur pemain asal Prancis dengan alasan satu kampung halaman.

Dua pemain Prancis terbaik yang pernah bermain di bawah asuhan Wenger adalah Thierry Henry dan Robert Pires. Keduanya datang di musim yang berbeda. Henry datang pada musim 1999/2000, sedangkan Pires merapat di musim 2000/2001. Karena sudah sering bermain bersama untuk timnas Prancis, maka tak ada kesulitan bagi mereka berdua untuk membuat koneksi di atas lapangan.

Keduanya saling bahu-membahu dalam 29 gol Arsenal di Premier League. Rinciannya, Thierry Henry mencetak 17 gol dan Robert Pires mencetak 12 gol.

5. Teddy Sheringham dan Darren Anderton (27 Gol)

5 Duet Penyerang dengan Kombinasi Gol Terbanyak di Premier Leaguepotret Teddy Sheringham dan Darren Anderton (wd40.co.uk)

Sebelum era Harry Kane dan Son Heung Min, Tottenham Hotpsurs pernah memiliki duo maut pada era 90-an. Mundur 30 tahun ke belakang atau tepatnya pada musim panas 1992, kala Spurs mendatangkan Darren Anderton dan Teddy Sheringham, keduanya membuat kerjasama yang apik untuk Spurs. Sama seperti yang ditunjukan oleh Son dan Kane saat ini.

Dalam dua musim kariernya di Spurs, Sheringham berhasil mencetak 97 gol. 20 gol di antaranya ia buat berkat kerja sama dengan Anderton. Sheringham juga membantu Anderton dalam membuat 7 gol di Premier League. Total, kerja sama mereka berdua menghasilkan 27 gol untuk Tottenham Hotspurs.

Dari daftar di atas, hanya nama Son dan Kane saja yang masih aktif bekerja sama hingga saat ini. Besar kemungkinan bagi mereka berdua untuk terus mempertajam rekornya di kancah Premier League.

Baca Juga: 5 Kapten Terbaik Liverpool pada Era English Premier League

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya