Comscore Tracker

5 Pemain Bertahan dengan Kemampuan Menyerang Terbaik Saat Ini

Kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya

Sekarang kita berada dalam era sepak bola modern. Di era sepak bola modern, permainan menjadi lebih taktis, lebih cepat, dan tidak monoton. Hal itu membuat pemain harus beradaptasi dengan peran mereka di lapangan, tak terkecuali bek.

Salah satu peran bek yang mulai banyak bermunculan saat ini adalah attacking fullback. Seorang attacking fullback dituntut untuk ikut membantu serangan dan tetap tak lupa dengan tugas utama mereka sebagai pemain bertahan. Pemain bertahan yang mendapatkan peran ini harus memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Berikut ini merupakan 5 pemain bertahan dengan kemampuan menyerang terbaik saat ini.

1. Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

5 Pemain Bertahan dengan Kemampuan Menyerang Terbaik Saat Inipotret Trent Alexander-Arnold (premierleague.com)

Trent Alexander-Arnold merupakan salah satu bek kanan terbaik di dunia. Ia merupakan pemain asli didikan akademi Liverpool. Baru berumur 23 tahun, Alexander-Arnold telah mencapai banyak prestasi. Ia bahkan menjadi pemain inti skuad Liverpool dan Timnas Inggris saat ini.

Kemampuan Alexander-Arnold yang paling menonjol adalah passing, crossing, dan juga ia merupakan seorang kreator serangan. Gaya bermain Alexander-Arnold mengingatkan kita dengan Dani Alves yang sering melakukan overlap dan memberikan assist. Pemain dengan nomor punggung 66 ini sudah bermain dalam 187 laga untuk Liverpool dengan catatan 10 gol dan 47 assist di semua kompetisi.

2. Theo Hernandez (AC Milan)

5 Pemain Bertahan dengan Kemampuan Menyerang Terbaik Saat Inipotret Theo Hernandez (acmilan.com)

Dapat dikatakan bahwa Theo Hernandez kini menjadi salah satu bek kiri terbaik di dunia dan bisa dibilang bek kiri terbaik di Serie A. Setelah musim 2017/2018 yang mengecewakan dengan Real Madrid, Theo Hernandez resmi pindah ke AC Milan pada 2019 seharga 21,5 juta euro. Sebelumnya, Theo sempat menjalani masa peminjaman ke Real Sociedad pada musim 2018/2019.

Karier Theo membaik setelah ia bergabung dengan AC Milan dan ia sekarang menjadi incaran banyak klub Eropa. Sejak 2019/2020, Theo sudah mencetak 16 gol dan 16 assist untuk AC Milan dalam 90 laga yang ia lakoni.

Terbaru, pemain berusia 24 tahun ini mencetak gol kemenangan untuk Prancis di semifinal UEFA Nations Leagu. Dua klub kaya, Paris Saint-Germain dan Manchester City, kabarnya tertarik untuk menggunakan jasa adik dari Lucas Hernandez ini.

Baca Juga: 5 Bek Kiri yang Tampil Impresif Musim Ini, Ada Theo Hernandez!

3. Joao Cancelo (Manchester City)

5 Pemain Bertahan dengan Kemampuan Menyerang Terbaik Saat Inipotret Joao Cancelo (premierleague.com)

Setelah musim pertama yang tidak berjalan mulus bersama Manchester City, Joao Cancelo telah membuktikan dirinya sebagai salah satu bek sayap terbaik di Premier League saat ini. Cancelo ditebus oleh Manchester City dari Juventus dengan biaya transfer mencapai 65 juta euro pada awal musim 2019/2020 lalu.

Pemain asal Portugal itu adalah pemain pemain penting dari skuad Manchester City yang menjuarai Premier League musim lalu. Cancelo tampil impresif dengan kualitas teknis dan kecerdasannya. Mampu beroperasi di kedua posisi fullback, Cancelo merupakan pemain Manchester City yang tak tergantikan.

Dalam 88 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester City, eks pemain Valencia itu telah mencetak 6 gol dan memberikan 7 assist.

4. Alphonso Davies (Bayern Munchen)

5 Pemain Bertahan dengan Kemampuan Menyerang Terbaik Saat Inipotret Alphonso Davies (bundesliga.com)

Mungkin tak ada yang mengira bahwa pemain asal Kanada, yakni Alphonso Davies, akan menjadi bek kiri kelas dunia untuk salah satu klub terbesar di dunia, Bayern Munchen. Davies bergabung dengan Bayern Munchen dari Vancouver Whitecaps FC
pada Januari 2019 lalu dengan mahar senilai 10 juta euro saja.

Tidak banyak yang mengira Davies akan langsung tune in dan masuk dalam starting eleven Bayern Munchen. Pemain berusia 20 tahun itu segera menjadi bek kiri pilihan pertama. Davies berperan penting saat Bayern Munchen meraih treble winners pada musim 2019/2020 lalu.

Bisa dibilang salah satu penampilan tebaik Davies adalah laga Liga Champions kontra Barcelona pada 14 Agustus 2020 lalu ketika Bayern Munchen menang dengan skor 2-8. Davies sudah membuat 95 penampilan untuk Bayern Munchen di semua kompetisi serta mecetak 5 gol dan 17 assist.

5. Marcos Alonso (Chelsea)

5 Pemain Bertahan dengan Kemampuan Menyerang Terbaik Saat Inipotret Marcos Alonso (eurosport.com)

Tak perlu diragukan lagi tentang kemampuan dari seorang Marcos Alonso. Ia merupakan seorang bek kiri dengan kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Alonso didatangkan Chelsea pada awal musim 2016/2017 dari Fiorentina dengan biaya transfer mencapai 23 juta euro.

Bersama Chelsea, pemain didikan akdemi Real Madrid itu telah memenangkan Premier League, Europa League, dan Liga Champions. Alonso telah membuat 175 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea, mencetak 25 gol, dan memberikan 18 assist.  Waktu bermain Alonso telah berkurang dalam beberapa musim terakhir dengan kehadiran Ben Chilwell yang memberikan persaingan yang sehat epada pemain asal Spanyol itu.

 

Itulah daftar pemain terbaik saat ini yang memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama bagusnya. Dengan semakin beragam dan banyak variasi dalam strategi sepak bola, bisa jadi ke depannya peran dari seorang bek akan bertambah banyak dari sekarang.

Baca Juga: Ketagihan Pemain dari Premier League, Inter Milan Kejar Marcos Alonso

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya