Comscore Tracker

Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinho

Ada yang sampai memecahkan rekor transfer lho !

José Mário dos Santos Mourinho Félix atau lebih dikenal dengan nama Jose Mourinho merupakan pelatih sepak bola asal Portugal yang sangat berpengalaman. Memulai karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih Barcelona di tahun 1996. Nama Jose Mourinho mulai dikenal publik sejak ia menjuara UEFA Champions League bersama FC Porto pada tahun 2004 silam.

Terhitung sudah ada 8 tim yang pernah dilatih oleh pria berusia 57 tahun ini, mulai dari Benfica hingga Tottenham Hotspurs. Dan Mourinho juga sudah bekerja sama dengan ratusan pemain yang berbeda. Dikenal dengan pelatih yang gemar memiliki pemain mahal, Mourinho acap kali membeli pemain dengan harga fantastis. Dan di bawah ini adalah 5 pemain termahal yang pernah didatangkan oleh Jose Mourinho.

1. Paul Pogba - 94,5 juta Poundsterling

Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinhotransfermarkt.co.uk

Paul Pogba merupakan pemain didikan akademi Manchester United, namun karena kurangnya menit bermain membuat Pogba hijrah ke Juventus. Bermain apik bersama Juventus dengan meraih lima gelar Serie A, akhirnya Manchester United membawa pulang gelandang asal Prancis ini.

Tak tanggung-tanggung, The Red Devils harus mengeluarkan dana sebesar 94,5 juta Poundsterling setara dengan Rp1,7 triliun. Pembelian Paul Pogba memecahkan rekor transfer yang sebelumya dipegang oleh Gareth Bale.

2. Romelu Lukaku - 76,23 Poundsterling

Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinhobleacherreport.net

Striker asal Belgia ini memang sudah lama menjadi incaran Manchester United, apalagi setelah kepergian Robin Van Persie yang menjadi striker utama mereka. Saat membela Everton, total Lukaku mencetak 71 gol. Hal inilah yang membuat Manchester United dan Jose Mourinho tertarik merekrutnya. 

Pada awal musim 2017-2018, Manchester United mengeluarkan dana sebesar 76.23 juta Poundsterling atau setara Rp1,3 triliun untuk mendatangkan Lukaku dari Everton. Selama membela Manchester United, Lukaku total mengoleksi 42 gol. kini Lukaku menjadi striker utama Inter Milan.

Baca Juga: Lukaku Kembali Cetak Gol, Inter Milan Menang atas Ludogorets 2-0

3. Fred - 53,1 juta Poundsterling

Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinhoforbes.com

Frederico Rodrigues de Paula Santos atau lebih dikenal dengan nama Fred merupakan salah satu gelandang bertalenta asal Brasil. Fred menjadi andalan bagi tim asal Ukraina yakni Shaktar Donetsk. Menjadi seorang gelandang yang bisa mengalirkan bola dari lini belakang ke lini depan. Hal itulah yang dibutuhkan Jose Mourinho pada skuadnya.

Awal musim 2018-2019, Manchester United resmi mendatangkan Fred dari Shaktar Donetsk dengan mahar sebesar 53,1 juta Poundsterling setara denga Rp973 miliar. Hingga kini Fred masih menjadi andalan dari skuad Setan Merah.

4. Nemanja Matic - 40,23 juta Poundsterling

Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinhoessentiallysports.com

Sebelum Manchester United mendatangkan Nemanja Matic, sang pemain adalah anak didik Jose Mourinho saat masih melatih Chelsea. Gelandang bertahan asal Serbia ini menjadi pemain yang tergantikan dalam skuad arahan Jose Morinho.

Saat Mourinho pindah dan menjadi pelatih The Red Devils, Mourinho juga ikut membawa Matic ke Old Trafford. Dengan maha sebesar 40,23 juta Poundsterling setara Rp728 miliar sudah cukup membuat Matic membelot dari Chelsea.

5. Andriy Shevchenko - 39,49 juta Poundsterling

Inilah 5 Pembelian Pemain Paling Mahal dalam Karier Jose Mourinhotheathletic.com

Siapa sih yang tidak tahu dengan nama Shevchenko ?  Menjadi striker andalan AC Milan dan berduet dengan Inzaghi, Shevchenko total mencetak 127 goal untuk AC Milan. Peraih Ballon d'Or tahun 2004 ini memang merupakan salah satu striker terbaik pada masanya, tak heran banyak klub yang mengincarnya. 

Chelsea yang sedang membangun kekuatan di Inggris dengan modal tak terbatas dari pengusaha asal Russia coba mendatangkannya ke Stamford Bridge. Pada musim 2006-2007, Shevchenko rela meninggalkan karirnya yang cemerlang bersama AC Milan unuk berlabuh menuju Chelsea dengan transfer sebesar 39,49 juta Poundsterling setara Rp715 miliar. Karir Shevchenko meredup bersama Chelsea dengan hanya mencetak 23 goal. Shevchenko pensiun pada 2012 dan sekarang menjadi pelatih Timnas Ukraina.

Tekenal dengan pemain mewah, apakah Mourinho bisa sukses bersama Spurs dengan pemain mudanya saat ini ?

Baca Juga: 11 Pemain Terbaik Versi Andriy Shevchenko, Tanpa CR7!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya