Comscore Tracker

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier League

Hanya satu musim tampil bagus, setelah itu performa menurun

Premier League adalah liga paling kompetitif di dunia. Siapa yang ingin berkiprah di Premier League harus bisa tampil konsisten setiap musim, bukan pada musim perdana saja. Tampil gemilang di musim perdana di Premier League bukan tolak ukur seorang pemain akan bersinar di Inggris.

Julukan one season wonder diberikan kepada pemain yang tampil gemilang pada satu musim saja dan hal itu banyak terjadi di Premier League. Siapa sajakah mereka? Simak di bawah ini dalam 7 yang mendapatkan julukan one season wonder di Premier League.

1. Michu 

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeagueMichu (walesonline.co.uk)

Michu bisa jadi adalah pemain dengan julukan one season wonder yang paling mengejutkan publik Premier League. Sang striker asal Spanyol diboyong Swansea City dari Rayo Vallecano.

Pada musim perdananya di Inggris, Michu berhasil mencetak 18 gol dari dari 35 pertandingan yang ia jalani bersama Swansea. Musim perdananya sangat gemilang sehingga banyak penggemar yang menaruh harapan padanya. Sayangya, perfoma Michu hanya bagus di musim 2012/2013 saja. Musim selanjutnya ia lebih sering menderita cedera dan hanya bermain dalam 17 laga untuk Swansea dengan sumbangan 2 gol.

Karena cidera yang tak kunjung sembuh, Michu memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2016/2017 setelah bermain untuk Real Oviedo yang merupakan klub masa kecilnya.

2. Robinho

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeagueRobinho (irishtimes.com)

Brasil tak pernah kehabisan bakat sepak bola andal dan Robinho adalah salah satunya. Ia disebut-sebut sebagai penerus Ronaldo karena kecepatannya dan skill yang ia miliki. Sebelum berkiprah di Premier League, Robinho menikmati musim-musim yang indah bersama Real Madrid.

Pada awal musim 2008/2009, Real Madrid resmi melepas Robinho ke Manchester City dengan biaya transfer sebesar 43 juta euro atau Rp718 miliar dan menjadikannya salah satu pemain termahal Brasil pada waktu itu.

Pada musim perdananya di Premier League, Robinho bermain dalam 31 laga dengan catatan 14 gol dan 5 assists. Hanya di musim pertama saja ia tampil bagus, selanjutnya lebih sering menderita cedera dan dipinjamkan ke klub lain. Total, Robinho bermain dalam 53 laga untuk Manchester City dengan sumbangan 16 gol dan 12 assists.

3. Roque Santa Cruz

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeagueRoque Santa Cruz (lancs.live)

Santa Cruz dibeli oleh Blackburn Rovers setelah ia menunjukkan performa yang menakjubkan untuk Paraguay dan Bayern Munchen. Ia ditebus dengan harga 5 juta Poundsterling atau Rp97 miliar. Pada musim pertamanya di Premier League, Santa Cruz menceploskan bola sebanyak 19 kali dalam 37 laga di musim 2007/2008. Ia berada di posisi keempat pencetak gol terbanyak musim itu di bawah Cristiano Ronaldo, Fernando Torres, dan Emmanuel Adebayor.

Setelah musim perdana yang sukses, Santa Cruz seolah menjadi pemain yang berbeda. Di musim berikutnya ia hanya mampu mencetak 4 gol dari 20 pertandingan untuk Blackburn Rovers.

Baca Juga: Inkonsisten, 5 Pemain Ini Berjuluk One Season Wonder di Premier league

4. Saido Berahino

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeagueSaido Berahino (examinerlive.co.uk)

Saido Berahino mencuri perhatian publik Premier League pada musim 2014/2015 lalu. Pemain berusia 20 tahun itu mencetak 20 gol untuk West Brom. Berahino adalah salah satu penyerang muda yang dimiliki oleh Premier League.

Godaan untuk bermain sepak bola di tempat lain dan masalah disiplin, seperti skandal menghirup nitrous oxide membuat kariernya hancur. Performanya di atas lapangan pun menurun drastis.

5. Benjani Mwaruwari

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeagueBenjani (portsmouth.co.uk)

Benjani Mwaruwari merupakan pemain kejutan yang berasal dari klub Portsmouth pada musim 2007/2008 lalu. Pemain asal Zimbabwe ini tampil ganas di depan gawang.

Ia berhasil menyerangkan bola sebanyak 12 kali dalam dalam 23 laga untuk Portsmouth di musim tersebut. Manajer Portsmouth, Harry Redknapp, pun terkejut dengan performa anak asuhnya itu.

6. Papiss Cisse

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeaguePapiss Cisse (chroniclelive.co.uk)

Mungkin sulit untuk menyebut nama mantan striker Newcastle itu sebagai one season wonder mengingat ia juga mencetak dua digit gol pada musim keduanya. Tidak dapat disangkal bahwa pemain asal Senegal itu gagal memenuhi harapan dari penggemar di Premier League.

Cisse mencetak 13 gol dalam 14 pertandingan pertamanya di Premiere League pada musim 2011/2012. Berduet engan Demba Ba, Cisse menjadi motor serangan Newcastle dan membawa The Magpies ke urutan kelima di papan atas Premier League.

7. Asamoah Gyan

7 Pemain yang Mendapat Julukan One Season Wonder di Premier LeagueAsamoah Gyan (khelnow.com)

Flashback ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, striker asal Ghana, Asamoah Gyan, sangat terkejut ketika dia berhasil mencetak tiga gol untuk membawa negaranya ke perempat final Piala Dunia 2010. Setelah itu, ia direkrut oleh Sunderland dari klub asal Prancis, Rennais, dengan bayaran sebesar 16 juta euro atau Rp267 miliar.

Pada musim pertamanya di Inggris, Gyan tampil apik bersama Sunderland dalam 34 pertandingan dengan mencatatkan 10 gol dan 5 assists.

 

Agar bisa tampil bersinar di Premiere League, seorang pemain harus memberikan kinerja yang maksimal pada tiap musimnya. Jika tidak, mereka akan mendapat julukan one season wonder seperti nama-nama di atas.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berlabel One Season Wonder di Premier League

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya